Mengenal Burung Perkutut Peliharaan

Post On: May 6, 2015
By: Dhio

Mengenal burung perkutut memiliki nama lain Geopelia striata. Diluar negeri, burung ini diberi nama Zebra Dove atau Barred Ground Dove, intinya namanya Dove. Daerah habitat burung perkutut di dunia sebagian besar ada di Thailand selatan, Semenanjung Malaysia, Filiphina, Indonesia dan singapura. Burung perkutut merupakan salah satu burung romantis dimana dalam mencari makan, burung ini selalu mencari berduaan dengan pasangannya. Burung perkutut memang tidak takut dengan kehadiran manusia sehingga sering mungkin kita lihat burung perkutut yang mencari makan dengan berjalan-jalan di atas tanah dan minum langsung di sumber air. Burung perkutut hanya akan lari dari manusia jika ia merasa nyawanya terancam.

Ukuran tubuh burung perkutut betina lebih kecil dari burung perkutut jantan yaitu 20 cm, sedangkan ukuran tubuh jantan 25 Cm. Untuk berat badan, jantan dan betina beratnya sama yaitu 70 Gram. Warna bulu perkutut biasanya berwarna coklat, kepalanya berwarna abu-abu dan ekornya agak coklat disertai garis-garis kecil di lehernya.

mengenal burung perkutut

Mengenal burung perkutut lebih dekat yaitu matanya berwarna abu-abu, paruhnya abu-abu dan kaki berwarna merah sedikit kearah warna merah jambu. Burung perkutut tidak dapat bertelur dengan jumlah banyak, biasanya sekali bertelur hanya 2-3 ekor telur yang bisa dihasilkan. Masa kawin burung perkutut yaitu Januari sampai Agustus. Burung perkutut mengerami telurnya hingga 20 hari. Anakan burung perkutut bisa terbang setelah berumur 3 minggu.

Klassifikasi dalam mengenal burung perkutut.

Kingdom yaitu Animalia
Filum yaitu Chordata
Class yaitu Aves
Ordo yaitu Columbiformes
Familia yaitu Columbidae
Genus yaitu Geopelia
Spesies yaitu Geopelia striata

Karena burung perkutut memiliki tembolok, maka burung perkutut adalah burung pemakan biji-bijian. Makanan burung perkutut adalah biji-bijian (millet atau jewawut) dan gabah berukuran kecil.

Ciri-ciri fisik agar mudah dalam mengenal burung perkutut:
1. Tubuh burung perkutut untuk betina 20 Cm dan jantan 25 Cm.
2. Kepala burung perkutut berbentuk bulat, kecil dan berwarna abu-abu.
3. Mata burung perkutut bulat dan berwarna abu-abu sedikit kebiru-biruan.
4. Leher burung perkutut lebih panjang dari jenis burung lainnya.
5. Bulu lehernya ada garis-garis kecil berwarna hitam.
6. Bulu di seluruh badannya rata-rata berwarna cokelat.
7. Burung perkutut setiap kakinya memiliki 4 jari. 3 jari menghadap ke depan dan 1 jari ke belakang.

Jenis burung perkutut.
1. Geopelia striata yang ada di Jawa, Bali, Lombok dan Sumatera. Jenis burung perkutut ini juga paling banyak yang ada di Indonesia dan dipelihara secara meluas.
2. G.s. maungeus berasal dari pulau sumba dan pulau timor.
3. G.s. audacis yang berasal dari pulau kei dan tanimbar.
4. G.s. papua berdasarkan namanya, burung perkutut ini dari papua.
5. G.s. placida yang berasal dari papua dan Australia bagian utara.
6. G.s. tranquila yang ada di Australia bagian tengah.
7. G.s. clelaudi berasal dari Australia bagian Barat.
8. Perkutut Hawai, perkutut ini banyak terdapat di Hawai dan hidup berdekatan dengan manusia.

Mengenal burung perkutut melalui Jenis kelamin burung perkutut bisa dengan mengenal burung perkutut lebih dekat dengan :
1. Meraba daerah duburnya (bisa dengan jari telunjuk atau jempol) jika duburnya sempit dan sedikit keras berarti jenis kelaminnya jantan. Untuk jenis kelamin betina daerah duburnya terasa agak renggang dan lembek. Mengetahui jenis kelamin burung perkutut dengan cara ini setelah umur anak burung perkutut berumur kurang lebih 4 bulan.
2. Bentuk kepala sang jantan lebih besar dibandingkan dengan ukuran kepala betina.
3. Bola mata sang jantan menonjol dengan tatapan mata yang tajam, sedangkan burung perkutut betina lebih masuk ke dalam dengan tatapan mata yang sayup.
4. Ukuran tubuh burung perkutut jantan lebih besar dibandingkan yang betina.
5. Suara burung perkutut yang jantan lebih besar dibandingkan dengan burung perkutut betina.

Salah satu cara paling gampang dalam menentukan jenis kelamin burung perkutut jantan adalah melihat dan mendengar burung perkutut mana yang paling heboh, kicauannya besar dan bersemangat dalam sangkarnya. Untuk burung perkutut betina lebih diam dan tidak terlalu aktif dalam sangkar.

Baik jenis kelamin burung perkutut jantan atau betina ukuran tubuh yang sehat yaitu bulunya halus dan tidak sering rontok. Usahakan burung perkutut kamu tidak terlalu gemuk atau tidak terlalu kurus, sebab jika terlalu gemuk maka burung perkutut malas dan jika terlalu kurus juga berpengaruh terhadap kesehatannya.

Untuk melihat apakah burung perkutut kamu dalam keadaan sehat atau tidak yaitu dengan melihat kotorannya. Jika kotorannya keras dan sedikit bulat maka keadaannya sehat. Jika kotorannya encer, berwarna hijau dan berbau busuk maka burung perkutut kamu dalam keadaan sakit.

Pakan burung perkutut yang kamu berikan menentukan sehat atau tidaknya burung peliharaan kamu. Salah satu cara untuk membuat burung perkutut kamu jinak yaitu menyediakan pakan burung perkutut yang baik dan sehat. Untuk mengetahui makanan mana yang disukai oleh burung perkutut kamu yaitu dengan memberikan beberapa makanan di kandangnya lalu lihat makanan apa yang paling cepat habis berarti itu makanan kesukaannya.

Mengenal Burung Perkutut melalui Pakan burung perkutut yang perlu kamu jaga adalah:
1. Pakan burung perkutut yaitu biji-bijian seperti millet, jewawut, gabah beras dan ketan hitam. Burung perkutut merupakan burung yang pilih-pilih, jika melihat ada makanan sisa atau makanan lama maka burung perkutut tidak akan memakannya. Untuk menjaga kesegaran makanannya, maka lebih baik pakannya diberikan setiap hari tapi dalam kuantitas sedikit supaya setiap hari makanannya habis sehingga tidak ada yang terbuang. Pakan yang busuk atau yang tidak segar bisa membuat kesehatan burung perkutut memburuk dan jika diteruskan akan menyebabkan kematian.
2. Air yang diberikan pada burung perkutut hanya air minumnya. Untuk mandi kamu bisa memandikannya sendiri jadi burung perkutut tidak mandi sendiri.
air minum yang diberikan sebaiknya sudah dimasak, juga air minumnya harus air dingin. Pergantian air minumnya dalam sehari harus 2 kali untuk menjaga kebersihannya.
3. Multivitamin dan mineral, multivitamin yang umumnya diberikan pada burung perkutut yaitu BirdVit.
Burung perkutut sering memakan batu kecil untuk membantu proses pencernaannya. Sebelum memberikan batu kecil, sangrai dulu biar tidak ada bakteri di batu itu.

Mungkin sedikit jumlah yang memelihara burung perkutut karena suaranya itu-itu saja dan hanya terdengar 3 suku kata. Orang yang memelihara burung perkutut mungkin orang tua dan untuk dikembangbiakkan untuk dijual lagi. Untuk orang jawa, memelihara perkutut bisa membawa banyak hal baik seperti mendatangkan rizki, memberi kesehatan dan ketenangan di rumah. Sebelum memelihara burung perkutut kamu harus mengenal burung perkutut terlebih dahulu biar memeliharanya bisa maksimal. Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ  sangkar burung perkutut.