Mengenal Burung Parkit

Post On: April 30, 2015
By: Dhio
In: Parkit

Mengenal burung parkit menjadi hal penting bagi kamu yang ingin memelihara burung kecil dan lucu ini. Parkit memang banyak di jual dan harganya murah. Burung ini menarik karena bentuknya yang mungil dan warna-warni mulai dari kepala sampai ekornya. Burung ini harganya murah karena tidak termasuk ke dalam burung-burung eksotis dan bahkan harga sangkar dan mainannya lebih mahal dibanding harga parkit itu sendiri. Parkit diidentifikasikan sebagai kerabat dari burung betet. Parkit memiliki banyak warna seperti hijau, merah, biru, kuning, oranye dan ungu. Dikatakan sebagai kerabat burung betet karena bentuk paruhnya yang bengkok dan ekornya yang pendek. Untuk kamu yang ingin memelihara burung parkit bisa membeli burung ini dengan harga Rp. 50.000/Ekor.

Mengenal burung parkit

Mengenal burung parkit berdasarkan warnanya.

Warna-warna burung parkit yang langka yaitu ungu, biru langit, kuning dan bermata merah, kuning dan bermata hitam, dan yang terakhir putih dan bermata merah.
untuk warna burung parkit yang biasa yaitu biru, hijau, kuning.

Seekor burung parkit betina biasanya bertelur sebanyak 5 butir dan waktu hamil parkit betina sampai 20 hari lebih dan waktu mengerami telurnya sampai 16 hari untuk menetas. Umur dari burung parkit juga bisa cukup lama yaitu sampai 10 tahun. Mata seekor anak parkit akan sepenuhnya terbuka pada hari ke 9 kelahirannya. Pertumbuhan total bulu-bulu ditubuhnya mencapai 30 hari. Setelah umur 35 hari biarkan anak-anak parkit yang kamu pelihara untuk terbang ke sekitar lingkunganmu, ntar kalau dia lapar dia akan kembali ke sangkarnya. Seekor anak parkit akan memiliki kelamin yang sudah dewasa saat berumur 100 hari. Nama lain dari burung yang terkenal yaitu burung Lovebird (burung parkit dari Afrika yang bertubuh lebih kecil).

Mengenal parkit berdasarkan kelasnya
Filum termasuk dalam Chordata
Kelas termasuk dalam kelas burung atau Aves
Bangsa termasuk dalam Psittaciformes
Suku termasuk dalam Psittacidae
Marga termasuk dalam Melopsittacus
Jenis termasuk dalam Melopsittacus undulates

Biasanya ukuran tubuh parkit kurang dari 20 Cm dan berat badan kurang dari 30 Gram. Untuk menentukan apakah parkit masih muda atau sudah dewasa yaitu dari warna pupilnya, apabila iris matanya berwarna putih berarti parkit tersebut sudah dewasa, namun jika iris matanya berwarna kehijauan berarti masih muda. Parkit merupakan jenis burung yang tidak suka hidup sendiri, sehingga kamu kalau mau memeliharanya lebih baik langsung beli 4 ekor dalam satu kandang. Biasanya parkit berkembang biak pada akhir tahun yaitu dari bulan Oktober sampai Desember.
Jika kamu mengenal parkit lebih mendalam, maka kamu akan tahu bahwa parkit sama seperti burung merpati yaitu parkit sangat setia pada pasangannya atau monogami.

burung parkit

mengenal parkit selanjutnya yaitu mengetahui mana parkit jantan dan mana parkit betina
1. Cere adalah daging yang ada di sekitar paruh di dekat hidung. Apabila berwarna cokelat atau ungu berarti itu parkit betina dan apabila berwarna biru terang atau biru gelap berarti itu parkit jantan.
2. Parkit jantan sering lebih aktif dibandingkan parkit betina. Parkit jantan lebih sering bergaul dan lebih banyak bersuara dibanding parkit betina.
3. Dalam melatih parkit berkicau, maka yang jantan yang lebih cepat dan lebih mudah dilatih dibanding dengan parkit betina.

Mengenal parkit lebih dalam, kamu akan tahu bahwa burung kecil ini suka terbang. Oleh karena itu kamu perlu membuat sangkar yang berukuran sedikit besar untuk parkit bisa terbang mondar-mandir. Ukuran sangkar yang dianjurkan yaitu panjang 1 meter, lebar 40 Cm dan tinggi 40 cm. Di dalam kandangnya letakkan beberapa mainan dan tenggeran dari kayu bersih dengan ukuran yang tidak terlalu besar supaya memudahkan parkit untuk berjalan di atasnya. Karena kebiasaan parkit dalam mengupas-ngupas kayu, maka tenggerannya jangan kamu cat atau beri zat kimia, gunakan hanya kayu bersih.
Demikianlah mengenal burung parkit, untuk mengetahui jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di pakan burung parkit.