Mengenal Burung Kakatua Peliharaan

Post On: May 11, 2015
By: Dhio

Mengenal burung kakatua harus dimulai dari mengetahui suku burung ini sendiri. Kakatua berada di suku burung Cacatuidae. Burung kakatua memang terkenal dengan bulunya yang indah dan berwarna-warni. Suara yang dimiliki oleh burung ini juga cukup keras dan nyaring sehingga banyak orang yang memelihara dan berkeinginan untuk memeliharanya. Burung kakatua juga memiliki tingkat intelektual yang tinggi sehingga kecerdasannya sering digunakan untuk hiburan di kebun binatang.

Asal kata kakatua diduga dipakai sejak abad ke 17. Kata ini berasal dari kata “Kakatuwah” yang berarti pegangan dari paruhnya yang kuat. Burung kakatua juga bisa berumur panjang seperti manusia yaitu bisa mencapai umur 85 tahun. Di Indonesia, persebaran burung kakatua hanya terdapat dan terbatas di Indonesia Bagian Timur. Hal lain yang menarik dari burung kakatua adalah kesetiaanya terhadap pasangan yang luar biasa.

mengenal burung kakatua peliharaan

mengenal burung kakatua di dunia

Seperti halnya burung peliharaan lainnya, burung hantu bisa merasa bosan. Jika merasa bosan maka burung kakatua akan menjerit dengan suara melengking dan mencabuti bulunya sendiri. Untuk menghindari hal itu lebih baik memelihara burung hantu dengan pasangannya untuk mengurangi rasa kebosanannya. Walaupun merupakan burung peliharaan, tetapi burung kakatua memiliki paruh yang sangat kuat seperti paruh burung hantu dan elang. Untuk bisa memelihara burung kakatua maka kamu harus mengenal burung kakatua secara baik.

Sejak kecil, mungkin kita mengenal burung kakatua melalui lagu anak-anak “burung kakatua”. Selain di Indonesia, lagu burung kakatua juga dikenal oleh anak-anak di negara tetangga yaitu Australia. Di indonesia, habitat awal burung kakatua adalah di bagian timur Indonesia seperti papua, maluku dan pulau-pulau di Indonesia timur.

Burung kakatua merupakan tipe burung yang tidak terlalu sulit untuk dijinakkan karena burung kakatua mengerti pada pemiliknya jika pemiliknya terus memberi perhatian.
Hal lain yang membuat burung kakatua unik adalah karena burung ini memiliki jambul diatas kepalanya yang bisa berdiri dan melebar sehingga lucu jika dilihat.

Mengenal burung kakatua sebagai jenis burung nuri.

Burung kakatua memiliki semacam bedak dibawah bulunya yang berfungsi untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil, selain itu juga berfungsi sebagai penahan air dan pembersih bulu. Burung kakatua juga merupakan burung yang tenang dan cenderung pendiam jika tidak ada yang menarik perhatiannya, namun burung kakatua juga bisa menjadi sangat agresif dan sangat bising jika ada sesuatu yang mengancam dan mengganggu.

Makanan burung kakatua yang menjadi favorit adalah jagung. Untuk melatih burung kakatua agar jinak diperlukan waktu yang cukup lama yaitu 3-5 tahun dengan dilatih setiap harinya. Untuk meningkatkan kejinakan dan mempermudah melatihnya maka sebaiknya burung kakatua dipelihara sejak masih kecil.
Burung kakatua tidaklah seperti burung peniru lainnya seperti burung beo yang meniru apapun yang didengarnya. Burung kakatua cenderung untuk meniru kata-kata yang diajarkan kepadanya, dengan tingkat intelektual yang tinggi dibanding jenis burung lainnya maka untuk meniru satu kata tidaklah terlalu sulit asalkan kita melatihnya dengan kuantitas yang sering.

Jika kamu mengenal burung kakatua lebih dalam maka kamu mengetahui bahwa burung kakatua merupakan jenis burung dengan rasa keingintahuan yang tinggi, suka pamer dengan membentangkan sayapnya, kepalanya sering dinaikkan dan diturunkan, mondar-mandir dan juga berteriak. Jika burung kakatua sudah merasa nyaman dengan pemilik dan lingkungannya maka ia akan berjalan-jalan dan memeriksa benda apapun yang ditemuinya. Untuk mendekatkan burung hantu dengan pemiliknya maka pemilik harus menghabiskan waktu setiap harinya sekitar 3 jam untuk memberikan perhatian, bermain dan berkomunikasi dengan burung kakatua.

Untuk mengurangi rasa bosan burung kakatua kamu, maka sangat disarankan untuk memelihara kakatua dengan lawan jenisnya. Demikianlah rincian mengenal burung kakatua yang bisa kamu ketahui.
Untuk mengetahui jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di jenis jenis burung kakatua.