Mengenal Burung Kacer Peliharaan

Post On: October 29, 2015
By: Dhio
In: kacer

Mengenal burung kacer peliharaan harus diawali dengan mengetahui nama latinnya Genus Copsychus. Burung kacer merupakan salah satu burung petarung yang populer, pasalnya kacer bisa mengeluarkan gaya yang eksotis ketika melantunkan irama lagu, ia bisa berkicau sambil menggoyang goyangkan ekornya. Postur burung kacer yang relatif langsing memang memungkinkan kacer bergerak lincah seperti itu. Penampilannya sangat memikat dengan bulu berwarna hitam legam dengan warna putih pada sayap dan dada. Kacer juga merupakan jenis burung pintar yang pandai menirukan suara suara burung lainnya. Soal kemerduan suara jangan diragukan lagi. Apalagi burung itu dikenal memiliki volume keras dan nyaring.

Mengenal burung kacer di alam bebas

Habitat asli burung kacer adalah daerah hutan terbuka atau kebun dekat pemukiman penduduk. Burung ini lebih menyukai area terbuka di pinggiran hutan dibandingkan dengan di dalam hutan yang lebat. Karena itu tak heran kalau kacer adalah burung yang aktif di musim panas. Nah inilah tantangannya bagi kacer yang dipelihara oleh manusia di saat musim hujan datang. Apalagi kalau bukan masalah jemuran yangtak bisa maksimal. Kacer memang perlu jemuran. Sebab tanda tanda fisik kacer yang kurang dijemur terlihat jelas, bulunya akan mengembang, lehernya seperti mendekan dan tidak bergerak aktif di kandang. Kalau di kondisi musim panas, biasanya kacer dimandikan. Ketika di musim hujan maka mandi tidak perlu dilakukan, apalagi matahari tidak muncul seharian.

mengenal burung kacer

Artinya di musim penghujan kita mesti pandai pandai menyiasati untuk menjemur burung kacer. Kalau pagi matahari muncul, segera manfaatkan untuk menjemur kacer selama 1-2 jam. Tapi di saat hari mendung, maka jemuran bisa dimundurkan, tetapi jangan sampai terlalu lama. Yang penting burung kacer masih mendapat cahaya matahari. Sebab adakalanya sinar matahari yang ada musim hujan adalah sinarnya begitu menyengat kulit, lantaran sebentar muncul, sebentar tertutup awan mendung dan sebentar muncul lagi. Sebaiknya saat matahari seperti ini dihindari untuk menjemur burung kacer terlalu lama. Setelah mengenal burung kacer kita tahu bahwa burung ini suka cahaya matahari tapi jangan terlalu berlebihan dalam menjemur burung kacer, cukup 3-4 jam di pagi hari. Setelah jam 12 lewat mulai pindahkan ke tempat yang lebih teduh.

Mengenal burung kacer lebih baik saat melakukan penjemuran. Cara gampang mengatur penjemuran, kita lihat saja fisik burungnya. Kalau dia dijemur kemudian sering membuka sayapnya dan kelihatan bermalas-malasan maka teruskan saja menjemurnya. Tetapi kalau burungnya gelisah dan loncat loncat maka waktu menjemur harus dihentikan. Jika akhirnya tidak ada panas sesuai dengan waktu yang dibutuhkan, maka cukup buka kerodong dan gantung di teras rumah. Jangan pernah membiarkan burung hanya murung di sangkar. Namun menggantung di teras rumah juga perlu memerhatikan kondisi rumah anda. Sebab jika rumah terlalu terbuka, maka terpaan angin di musim hujan akan sangat merugikan untuk kesehatan burung. Kalau kondisi teras rumah anda tidak terlalu ideal, maka jemur dengan kandang umbaran yang cukup besar hanya untuk 2-3 jam saja. Menjemur burung kacer setelah memandikannya sangat penting untuk kesegaran dan kebugaran burung kacer.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenal burung kacer, untuk informasi mengenai jenis jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ pakan kacer agar cepat gacor.