Mengenal Burung Beo Indonesia

Post On: April 25, 2015
By: Dhio
In: Beo

Mungkin setiap orang mengenal burung beo karena kemampuannya yang bisa menirukan mengucapkan kata-kata yang diucapkan manusia. Hal ini disebabkan karena lidah burung beo yang mirip dengan lidah manusia, oleh karena itu beo pasti bisa mengucapkan kata-kata yang diucapkan manusia. Selain burung beo, burung kakatua juga memiliki bentuk lidah seperti manusia. Namun kedua jenis burung pintar tersebut tidak bisa benar sama dengan suara manusia karena hanya sekedar menirukannya tanpa mengetahui arti dan maknanya. Kata-kata yang bisa diucapkan hanya terbatas dari kata-kata yang didengar burung beo dari manusia.

mengenal burung beo indonesia

Mengenal burung beo indonesia di http://peliharaburung.com/

Ketika kamu mengenal burung beo peliharaan kamu maka kamu akan menyadari bahwa burung beo memiliki sifat yang tidak suka sendiri sehingga semakin banyak kamu luangkan waktu bersama burung beo kamu maka semakin cepat dia jinak dan tahu bahwa kamu adalah tuannya. Mungkin kamu ingin mengetahui cara untuk mengajari burung beo bicara, hal pertama yang harus kamu lakukan agar burung beo mau menirukan suara kamu adalah dengan membuatnya jinak terlebih dahulu. Usahakan burung beo peliharaan kamu merasa nyaman berada dengan kamu, burung beo yang takut atau gelisah akan sulit untuk meniru suara yang didengarnya. Burung beo yang pasif atau hanya diam berarti menandakan mereka sudah nyaman, namun ketika bergerak-gerak semangat menandakan mereka lapar atau ingin ada teman yang menemaninya. Salah satu cara untuk menenangkan burung beo kamu yang gelisah adalah dengan meletakkan sangkarnya di tempat yang sepi atau jauh dari keramaian. Namun untuk beberapa kali letakkan juga di tempat yang sedikit ramai agar burung beo menjadi terbiasa dengan kehadiran manusia.

Mengenal burung beo melalui perawatannya

1. Membersihkan kandangnya setiap hari secara teratur, supaya burung beo tahu bahwa pada saat tertentu setiap hari merupakan jam bersih-bersih dan juga burung beo tidak gelisah ketika kamu membersihkan kandangnya.
2. Burung beo mungkin jenis burung banyak minum, oleh karena itu selalu berikan stok air bersih yang banyak (usahakan ganti airnya 2 kali sehari).
3. Usahakan burung beo kamu mendapatkan makanan sehat yang cukup (usahakan ganti makanannya 2 kali sehari). Berikan pangan yang berbeda setiap harinya supaya burung beo peliharaan kamu tidak bosan dan selalu semangat setiap harinya ketika kamu ajarkan kata-kata tertentu.
4. Selalu temani burung beo kamu setiap hari miniman 1 jam pada pagi hari dan 1 jam pada sore hari. Ajaklah burung beo kamu bermain setiap hari untuk lebih menjinakkannya.
5. Disarankan pemberian pakan setiap hari yaitu buah-buahan segar atau binatang pakan yang segar. Berikan pelet hanya 2 kali dalam seminggu, misalnya pada rabu pagi atau sabtu pagi.

mengenal burung beo unggulan

mengenal burung beo unggulan di http://peliharaburung.com/

Mengenal burung beo dengan membersihkan sangkarnya yaitu:
1. Karena kotoran burung beo yang mengandung zat tepung, kandangnya menjadi cepat kotor. Maka untuk secara efektif membersihkan kotorannya dengan memakai spons yang berpori seperti spons untuk cuci piring yang diberi air dan cairan pembersih.
2. Kandangnya kamu bersihkan secara total seminggu sehari, jangan lupa spons untuk membersihkan kandangnya diberikan cairan pembersih untuk membunuh bakteri yang menempel di kandangnya.
3. Selalu jemur kandangnya setiap hari, apalagi ketika selesai membersihkan kandangnya. Dengan demikian kandang selalu dalam keadaan kering sehingga burung beo kamu nyaman di kandangnya. Usahakan ukuran kandang beo cukup besar, berdasarkan pengalaman saya, ukuran kandang yang dianjurkan yaitu panjangnya 100 cm dan lebarnya 50 Cm. Dengan ukuran yang cukup besar diharapkan burung beo masih bisa mengepakkan sayapnya dengan terbang hilir mudik.
4. Tempat makan dan minum seringkali menjadi sumber penyakit, sehingga usahakan setiap 2 hari sekali dibersihakan dengan cairan pembersih.

Mengenal burung beo dengan memberikan pakan

1. Utamakan pemberian pakan yang bervariasi, misalkan hari ini buah dicampur dengan pelet, besok kacang-kacangan dengan ulat, besoknya lagi sayur dengan buah yang berbeda. Dalam memberikan kacang-kacangan, usahakan berikan cuman 1 kali sehari karena kacang-kacangan cepat membuat burung beo menjadi gemuk dan malas.
2. Cuci buah dan sayur yang akan diberikan pada burung beo kamu, potong dalam ukuran kecil-kecil supaya burung beo lebih mudah menyantapnya.
3. Karena burung beo merupakan jenis burung yang suka bermain, letakkan setiap hari makanan seperti sayur atau buah dengan cara di gantung di beberapa tempat agar burung beo bisa bermain dengan makanannya.
4. Jika burung beo kamu berisik dalam kandangnya ketika kamu tinggalkan, maka perbanyak saja mainannya supaya dia ada kerjaan ketika kamu tinggalkan.

Mengenal burung beo yang terakhir yaitu membedakan kelamin burung beo
1. Membedakan kelamin burung beo yang pertama yaitu dengan melihat cara berdiri. Burung beo jantan biasa berdiri dengan membungkukkan kepala dan badannya, sedangkan burung beo betina biasa berdiri dengan menegakkan badan dan mengangkat kepalanya.
2. Postur tubuh. Postur tubuh burung beo betina lebih kecil dibanding dengan ukuran burung jantan.
3. Bentuk kepala. Bentuk kepala burung beo betina cenderung lebih kecil dan sedikit membulat. Bentuk kepala burung beo jantan yang lebih besar, sedikit ceper dan hampir berbentuk kotak.
4. Bentuk paruh. paruh burung beo betina lebih panjang tetapi lebarnya sedikit (sempit) sedangkan burung beo jantan paruhnya lebih pendek tetapi lebarnya besar.
5. Bentuk kloakanya (atau daerah sekitar dubur). Burung beo betina daerah kloakanya datar dan tidak ada yang menonjol sedangkan burung beo jantan ada yang menonjol. Bentuk anus burung beo betina juga lebih besar dibandingkan dengan burung beo jantan.

Dalam memelihara burung beo, diperlukan seluruh anggota keluarga anda setuju. Karena memelihara beo memerlukan konsistensi dan perhatian yang cukup karena mengingat usia burung beo yang bisa mencapai usia manusia yaitu sampai 70 tahun. Usahakan kamu menjadi tuannya seumur hidup supaya ketika membuka pintu kandangnya ia tidak mau keluar terbang melarikan diri, bahwa dengan anda dia bisa mendapatkan makan dan perhatian yang cukup.
Hal penting lain dalam mengenal burung beo yaitu hindarkan binatang peliharaan seperti kucing dan anjing di rumah karena akan membuat takut burung beo.
Usahakan juga anak kecil tidak teriak-teriak dekat dengan sangkarnya karena akan membuat burung beo menjadi takut.
Demikianlah hal-hal yang perlu kamu ketahui dalam mengenal burung beo peliharaan kamu. untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di melatih burung beo bicara.