Mengenal Anis Merah Untuk Peliharaan

Post On: October 15, 2015
By: Dhio
In: anis

Mengenal anis merah merupakan tahap awal sebelum mulai memelihara burung ini. Tak hanya karena harganya melambung tinggi, tapi volume, variasi dan irama suara, perlikau (teler) yang melengkung ke kiri dan ke kanan, menjadi Anis Merah mampu memberi pesona dan daya pikat tinggi. Hanya saja, jika dibandingkan dengan jenis burung lomba lainnya, Anis merah agak sulit untuk ditangkar karena berbagai faktor. Mengenal anis merah melalui nama latinnya yaitu Zoothera Citrina, memang tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia saja, tetapi juga banyak di negara lain seperti Bangladesh, Bhutan, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Srilanka, Thailand dan Vietnam.

mengenal anis merah dalam hal karakter

mengenal anis merah

Menurut catatan, pada tahun 1790, John Latham merupakan orang pertama yang memberi nama ilmiah Anis Merah yaitu Turdus Citrinus. Dalam perjalanannya, ternyata Anis merah terdapat di berbagai tempat. Lalu para ahli burung mampu membedakan jenis ini menjadi beberapa ras. Baru pada tahun 2005, Rasmussen dan Anderton menyatakan terdapat kemungkinan adanya beberapa jenis Anis Merah. Meskipun anis merah sulit ditangkar, namun salah satu lembaga pelestari burung internasional (Birdlife International) masih merekomendasikan, bahwa burung ini dicatat dengan status belum terancam punah. Bahkan pada tahun 2008, Anis merah belum termasuk dalam daftar burung-burung yang terancam punah di seluruh dunia (IUCN Red List).

Namun berbeda di Pulau Jawa. Di berbeda daerah, terutama di Jawa Barat, burung anis merah atau punglor mengalami penurunan yang sangat tajam, akibat ulah segelintir manusia yang hanya mementingkan ekonomi. Mereka tak memperdulikan kelestariannya. Perburuan burung anis merah di hutan jawa barat seakan tidak pernah berhenti. Lalu diperparah lagi dengan semakin banyaknya hutan-hutan gundul. Berbeda dengan di Bali. Di pulau dewata itu, burung anis merah dilindungi oleh hukum adat, sehingga Bali merupakan salah satu habitat pelestarian burung anis merah.

mengenal anis merah peliharaan

mengenal anis merah

Secara umum, di Indonesia Anis Merah terdapat di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Di Sumatera, diperkirakan anis merah merupakan pendatang dari daratan asia. Besar kemungkinan, bahwa terdapat 2 ras, yaitu ras zoothera Citrina Innotata dan ras Zoothera Citrina Gibsonhilli. Di Kalimantan bagian utara, Anis merah merupakan burung penetap di daerah pegunungan, antara 1000-1500 meter diatas permukaan laut dan hanya diketahui sedikit catatan di gunung Kinabalu dan TrusMadi yang merupakan ras Zoothera Citrina Aurata. Burung anis merah atau Zoothera Citrina dikenal hewan yang menyukai cacing tanah dan sesuai dengan habitat asli anis merah yaitu di hutan yang banyak terdapat cacing.

Di Jawa dan Bali dapat ditemukan sampai ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Ras yang terdapat di Jawa bagian barat adalah Zoothera Citrina Rubecula dan yang ada di Jawa bagian timur dan bali adalah Zoothera Citrina Orientis. Kedua ras ini hanya dibedakan dari panjang sayapnya. Penamaan ras Zoothera Citrina Rubecula dilakukan oleh Gould pada tahun 1836, sementara itu nama ras Zoothera Citrina Orientis diberikan oleh Bartels Jr. pada tahun 1938. Namun beberapa ahli burung meragukan perbedaan ras Anis merah yang terdapat di Jawa Bagian Barat dengan Jawa Bagian Timur dan Bali.

Mengenal anis merah lebih dalam maka kamu akan tahu bahwa burung anis merah mencari makan di atas tanan dengan tanaman bawah pohon yang rapat. Sangat aktif mencari makan di bawah bayang-bayang sinar matahari dengan membongkar-bongkar seresah dedaunan untuk mencari serangga, laba-laba, cacing dan buah-buahan yang telah jatuh di tanah. Sarang anis merah berbentuk seperti mangkuk yang dangkal dan tersusun dari akar pohon, daun dan seresah. Kedua induk aktif membangun sarang yang seringkali dibangun pada ketinggian lebih dari 4.5 meter dan diletakkan pada pohon kecil atau semak. Telur sebanyak dua sampai empat, seringkali tiga, dierami selama 14 hari sampai menetas. Setelah menetas, anak dirawat sekitar 12 hari sampai dapat keluar dari sarang.

Mengenal anis merah memang tidak seperti burung kenari. Artinya, jika kedua burung betina dan jantan sudah dewasa langsung dapat di kawinkan. Jadi sangat berbeda dengan Anis merah, sebab jika dilihat dari alam bebasnya. Burung ini termasuk burung territory yang siap mempertahankan daerah kekuasaan serta betina nya. Artinya, setiap ada anis merah lain yang memasuki wilayah teritorinya maka ia akan berkelahi untuk mempertahankan daerah kekuasaannya. Di sinilah, kesabaran itu dibutuhkan. mengenal anis merah juga dalam mengawinkan burung anis merah, sehingga bisa terhindari dari kematian. Sebab, untuk menggantikan satu ekor jantan yang sudah gacor saja harganya minimal 1 juta. Itu baru kualitas biasa. Apalagi kalau jawara, bisa mendapatkan puluhan juta rupiah.

Mengenal anis merah melalui karakternya.

  1. Sensitif dan perlu waktu untuk bisa beradaptasi terhadap perubahan fisik dan psikis. Perlakuan kasar serta perubahan ornamen pada kandang misalnya, atau perubahan suasana lingkungan yang drastis, bisa membuat anis merah stress.
  2. Pembosan dan selalu butuh suasana baru. Apabila berada di satu tempat untu waktu yang lama, maka burung ini akan menjadi malas untuk berkicau. Cobalah secara berkala selalu memindahkan tempat gantungannya. Misalnya yang selama ini digantung di depan rumah, kemudian digantung di samping rumah.
  3. Birahi yang cenderung mudah naik. Banyak yang bisa membuat naiknya birahi burung anis, seperti ekstra fooding yang diberikan berlebihan, penjemuran yang berlebih dan melihat burung anis merah yang lain.
  4. Sangat manja. Hampir rata-rata burung anis merah tidak akan mau bunyi dan tidak akan mau teler apabila ia melihat orang yang sehari-hari merawatnya. Karena burung tersebut secara psikologis telah menganggap perawat atau pemiliknya sebagai pasangan. Aneh memang, tapi itulah kenyataannya.
  5. Mudah jinak. Karena sifat manjanya yang tinggi, maka burung ini mudah jinak pada perawatnya.

Demikianlah mengenal anis merah, untuk melihat informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ membedakan jenis kelamin anis merah.