Memilih Indukan Burung Kenari

Post On: April 4, 2015
By: Dhio
In: Kenari

memilih indukan burung kenari penting untuk memilih Bakalan yang unggul. Bakalan Kenari bisa dipilih dengan melihat :

1. dasar suara : valume suara yang besar, tajam dan tebal menjadi dasar pada saat memilih kenari muda atau yang masih bakalan.

2. suara andalan: kenari yang selalu diunggulkan di arena kontes pasti memiliki suara andalan. setiap jenis kenari memiliki ciri tersendiri saat mengeluarkan andalan suaranya. suara andalan dikeluarkan kenari pada kocokan suara saat melakukan pergantian variasi suara. ada kalanya ditemukan suara andalan kenari dilakukan dengan mengeluarkan suara dalam atau lebih dikenal dengan “sedotan suara”. pada burung kenari suara andalan sulit untuk dipahami, berbeda dengan burung murai batu yang lebih mudah dipahami karena jeritan-jeritan suaranya selalu menjadi andalannya. namun, tidak demikian halnya dengan kenari. vokal kenali lebih berbentuk dan jenis suara yang kelak bisa menjadi andalannya cukup beragam. Memilih indukan Burung kenari berikutnya adalah.

3. leher panjang : kenari yang memiliki leher jenjang biasanya memiliki suara panjang. kalau sudah terlatih, variasi suara yang dikicaukan kenari ini lebih enak didengar. disamping itu, gelembung suara yang dimilikinya juga tampak menarik jika dilihat. dalam memilih kenari, hal yang harus diutamakan adalah kenari yang selalu menggelembung lehernya setiap kali berkicau. selain kurang menarik saat berkicau, juga menandakan bahwa suara yang dimilikinya kurang baik.

4. bentuk fisik : tubuh besar, panjang dan dadanya bidang menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih bakalan kenari unggulan. kelak, semua faktor itu akan berpengaruh pada penampilan kenari. kenari dengan ciri fisik seperti itu pasti lebih menarik. pengaruh fisik pada kenari tidak lepas dari suara dan mentalnya. umumnya, kenari yang fisiknya besar mempunyai volume suara besar.

5. paruh: ukuran dan bentuk paruh kenari berkaitan erat dengan tipe suara yang dimilikinya. berdasarkan ukuran dan bentuknya :
* panjang : paruh kenari dianggap panjang jika dicirikan bentuknya yang tampak tebal dan lengkungan bagian paruh atas terlihat lebih jelas. dengan demikian, bentuk paruhnya tidak simetris atau paruh bagian atas terlihat menutupi seluruh bagian paruh bawah, terutama ujungnya. kenari yang mempunyai paruh demikian biasanya pada saat berkicau lebih mengandalkan suara-suara dalam yang keras dan tajam. jika diamati dengan baik, paruh burung tersebut terbuka lebar pada saat berkicau. tetapi memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki variasi suara yang cukup banyak.
* sedang : paruh yang berukuran sedang biasanya dicirikan dengan permukaan paruh yang melipat ke bagian dalam dan paruhnya tidak tampak tebal. kenari dengan ciri paruh demikian variasi suaranya cukup baik karena mampu mengulang beberapa variasi suara sambung-menyambung dan tidak terputus-putus. jika diamati dengan seksama, paruhnya tidak terlalu dibuka saat berkicau. kelemahannya yaitu kurang mampu menampilkan senjata suaranya secara maksimal, volume suaranya tidak terlalu besar dan ketajaman suaranya kurang bisa diharapkan.
* pendek : paruh yang ukurannya pendek biasanya dicirikan dengan ratanya bibir paruh atas dan bawah (simetris). kelemahannya yaitu suaranya kurang keras dan tidak tajam atau sering disebut bersuara tipis. kelebihannya yaitu burung ini cukup baik dijadikan penari kenari penyanyi dalam ruangan karena suaranya cukup menyenangkan untuk didengar.

memilih indukan Burung Kenari yang dipilih sebaiknya rajin berkicau, tidak mengenal tempat berkicau, agresif dan gerakannya lincah. kenari seperti ini akan lebih mudah dilatih. Hal-hal inilah yang harus diperhatikan dalam memilih Bakalan Unggul Burung kenari. Cara Memilih indukan burung kenari tidaklah sama dengan memilih indukan jenis-jenis burung peliharaan yang bisa dilihat di home.

indukan burung kenari

Memilih Indukan Burung Kenari Betina

Memilih Indukan kenari sangat tergantung dari indukan betina, berikut ini adalah tips memilih indukan betina di pasaran :

1. kondisi fisiknya (sehat dan tidak ada yang cacat).
2. awas indukan buangan, ada kemungkinan bahwa penjual menjual indukan betina itu karena produktivitasnya sudah jauh menurun, tidak mau mengerami telurnya, kesulitan mengeluarkan telurnya, tidak mau meloloh anaknya, selalu merusak sarang yang dibangun jantannya, terlalu galak, pernah mengalami sakit parah dan mengalami ganti bulu yang berkepanjangan.
3. masa memburu indukan betina di pasaran yaitu pada menjelang musim hujan tiba. biasanya pada waktu seperti itu banyak kenari betina dewasa di lempar ke pasaran

memilih indukan burung kenari calon pasangan.
1. perhatikan kondisi fisik dan kualitas suaranya : harus teliti sekali karena sifat jelek akan berdampak buruk pada keturunannya.

2. kenari layak jodoh setelah berumur 8 bulan sedangkan untuk jantan harus lebih tua.

3. tidak galak dan tidak malas

4. kenari berbulu polos sangat dianjurkan untuk dijodohkan dengan yang tidak polos. tujuannya untuk menghasilkan kenari dengan bulu yang tebal dan berwarna cerah. mengawinkan kenari yang bulunya sama-sama polos kadang kala menghasilkan kenari dengan bulu yang tipis sehingga kurang menarik.

5. tidak sedang mengalami ganti bulu

6. bukan sedarah

Jika kamu ingin melihat informasi lainnya, silahkan lihat di merangsang birahi kenari.