Memilih bakalan sapi unggul di Indonesia

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap calon peternak sapi harus tahu memilih bakalan sapi unggul di Indonesia. Berikut ini panduan memilih bakalan sapi unggul di Indonesia.

Memilih bakalan sapi unggul di Indonesia

Panduan memilih bakalan sapi unggul di Indonesia.

a. Sapi Bali

Sapi bali adalah sapi lokal yang paling banyak di ternakkan. Ciri ciri sapi ini tubuhnya yang berwarna merah dan dari bagian kaki sampai ke lutut bawah dan pantatnya berwarna putihKeunggulan dari sapi bali adalah adaptasinya yang baik pada lingkungannya yang baru.

b. Sapi Brahman

Sapi jenis ini bisa tumbuh dengan cepat sehingga menjadi pilihan utama bagi peternak sapi potong. Tubuhnya yang berwarna coklat hingga coklat tua dan warna kepalanya yang putih. Sapi jenis ini daya tahannya tinggi pada cuaca panas dan kebal gigitan serangga.

c. Sapi Limousin

Sapi jenis ini berasal dari prancis. Badan sapi ini besar dan tingkat produksinya yang baik. Tubuhnya hitam bercampur warna merah bata dan putih pada moncongnnya.

d. Sapi Madura

Sapi jenis ini bertubuh kecil dan daya pertambahan berat badannya yang rendah. Sapi ini memiliki tubuh berwarna kuning hingga merah bata dan terkadang moncong, ekor serta kakinya berwarna putih.

e. Sapi Ongole

Sapi ini berasal dari India dan bayak di kawin silangkan dengan sami madura dan sapi sumba. Sapi ongole ini mampu beradaptasi dengan baik di iklim tropis, tapi produksi dan pertumbuhannya cenderung lemah atau lambat.

Cara memilih bakalan sapi yang berkualitas

Setelah memilih bakalan sapi unggul di Indonesia, kamu harus tahu cara memilih bakalan sapi yang berkualitas. Bakalan sapi yang baik akan mempengaruhi hasil akhir dari usaha penggemukan.

Memiliki tanda telinga yang berarti sudah terdaftar dan jelas silsilahnya.

Sudah berusia sekitar 2 tahun dengan bobot berkisar 200 kg.

Pilih sapi jantan karena pertumbuhannya lebih cepat dari sapi betina.

Mata cerah dan bersih, tidak ada kotoran atau mengeluarkan air.

Tidak ada tanda kulit yang rusak maupun bulu yang rontok akibat eksternal parasit.

Tidak ada keadaan tubuh yang cacat.

Tidak ada tanda gangguan pernafasan seperti mengeluarkan lendir dari hidung.

Kukunya tidak bengkak dan tidak terasa panas bila dipegang.

Bagian duburnya bersih dan tidak ada tanda – tanda bekas mencret.

cara Memilih bakalan sapi unggul di Indonesia

Demikian informasi mengenai cara memilih bakalan sapi yang berkualitas. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai pemberian pakan hijau dan suplemen untuk sapi.