Memelihara kucing siam

Post On: December 7, 2015
By: Dhio

Memelihara kucing siam sudah dilakukan sejak zaman dahulu oleh orang kerajaan Thailand. Kucing siam merupakan jenis kucing peliharaan favorit bagi banyak orang di hampir seluruh bagian dunia. Dinamai kucing siam karena asalnya dulu dari siam atau sekarang lebih dikenal dengan Thailand. Dahulu kala di Thailand, para bangsawan dan keluarga kerajaan memelihara kucing siam.

Konon ketika pihak kerajaan Thailand menghadiahkan kucing ini untuk duta besar Inggris, akhirnya kucing yang indah dan unik kemudian berkembang menyebar menjadi kesukaan orang Inggris. Kemudian lambat laun menyebar ke Eropa dan akhirnya mendunia seperti sekarang ini. Banyak faktor yang membuat jenis kucing ini menjadi favorit banyak orang dan mulai memelihara kucing siam.

kucing siam

Salah satunya adalah cara berjalannya yang anggun dan mempesona. Begitu anggunnya kucing ini sehingga mereka terkenal sangat tenang dan nyaris tidak pernah mengganggu meskipun dekat dengan seseorang yang sedang makan ikan atau daging. Memang dalam beberapa sifatnya, kucing siam ini lebih mirip anjing, seperti lebih akrab dan mengenali manusia pemeliharanya dibanding rumahnya. Uniknya lagi, kucing ini suka berjalan jalan atau naik mobil. Suaranya pun berbeda dengan kucing lain. Karena tidak mengeong tetapi suka mengeluarkan suara bunyi bunyian serta teriakan. Beberapa kucing siam bahkan suka menonton televisi, terutama acara yang menampilkan binatang dan anehnya ada pula kucing siam yang suka berenang.

Hal lainnya yang kamu dapat ketika memelihara kucing siam yaitu keindahan bola matanya yang berwarna biru cemerlang. Tetapi tentu saja faktor utama yang membuat tergila gila pada kucing ini adalah bentuk dan warna bulunya yang sangat khas dan unik.

Keunikan itu ada pada warna warna kontras di ujung ujung tubuh mereka seperti di kaki, mulut, telinga, ekor dan sekitar mata. Ada jenis kucing siam seal point yang mana seluruh tubuhnya berwarna putih kecuali kaki, telinga, mulut, ekor, hidung dan sekitar warna berwarna cokelat.

Memelihara kucing siam

Adapula kucing siam pink point yang warna di tempat tempat tertentu di tubuhnya berwarna merah muda. Padahal ketika lahir sebenarnya anak kucing siam tidak memiliki warna atau pola tertentu. Warna serta pola burung baru muncul ketika mereka dewasa.

Alasan lain kenapa orang banyak memelihara kucing siam yaitu karena perawatan dan memelihara kucing siam tidaklah sulit. Perawatannya sama seperti kucing biasa lainnya dan burung ini sangat menyukai kebersihan. Jadi kerepotan utama dalam memelihara kucing siam hanya terletak pada menjaga kebersihannya saja. Karena itu, memelihara kucing siam berarti hanya harus rajin memandikannya.

Kucing siam sebaiknya dimandikan dua kali dalam sehari, di pagi dan sore hari. Jangan lupa setiap 3 hari sekali mandikan dengan air hangat yang sudah dicampur dengan ciaran pembasmi kutu. Setelah mandi dan dijemur, maka berikan sedikit baby oil agar badannya wangi. Untuk makanannya, berikan saja makanan cepat saja untuk kucing saja yang banyak dijual di petshop. Sebab kadang-kadang mereka menyukai sisa makanan dan itu sangat riskan terhadap kesehatannya. Untuk air minumnya, susu cukup diberikan seminggu sekali dengan takaran 50 mili liter. Air putih yang diberikan harus lah dimasak dulu agar tidak ada lagi bakteri di dalamnya.

Memelihara kucing siam dengan

Tipe kucing siam sebelum kamu memelihara kucing siam

  1. Kucing Siam tradisional (traditional Siamese Cat) atau bisa disebut juga dengan nama Applehead Siamese Cat karena kepalanya berbentuk apel. Tubuhnya bulat dan tulang yang berat. Kucing siam tradisional berukuran lebih besar dan lebih berat dibanding dengan 3 jenis kucing siam yang ada.
  2. Kucing Siam Klasik (Classic Siamese Cat) atau disebut juga kucing siam Old-Style. Kucing siam jenis ini memiliki penampilan yang mirip dengan kucing siam tradisional namun ukurannya lebih kecil. Kucing siam klasik memiliki ekor dan kaki yang lebih panjang, serta penampilannya lebih memanjang dibandingkan dengan kucing siam tradisional. Kucing siam jenis ini memiliki bentuk wajah yang mirip segitiga disertai cekungan kecil di hidungya. Jenis kucing ini terkenal selalu sehat dan memiliki sedikit masalah kesehatan.
  3. Kucing siam modern (modern siamese cat). Kucing siam modern atau Wedgehead siamese adalah satu satunya jenis kucing siam yang telah direkayasa secara genetik. Kucing siam modern merupakan hasil penyilangan antara kucing siam tradisional dengan kucing siam klasik. Kepalanya berbentuk baji. Telinganya yang besar dan runcing serta hidungnya yang lebih pandang hingga kerampingan tubuhnya. Sayangnya jenis kucing ini tidak sesehat kucing siam tradisional dan kucing siam klasik, serta memiliki kecenderungan hidup yang lebih pendek. Harapan hidup kucing ini paling lama yaitu 5 tahun.

Memelihara kucing siam dengan baik

Demikianlah informasi mengenai memelihara kucing siam, untuk informasi mengenai jenis binatang peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ informasi mengenai kakatua raja.