Memelihara ikan hias nemo

Post On: May 19, 2016
By: Dhio

Ikan hias nemo termasuk dalam kategori ikan hias yang bernilai ekonomis. Ikan hias nemo ini banyak terdapat di perairan Indonesia. Karena terlalu dieksploitasi beberapa spesies dari ikan ini mulai terancam keberadaanya. Ikan ini hanya beraktifitas di siang hari. Ikan ini sudah banyak dipelihara di  rumah, di perkantoran dan bahkan fasilatas umum seperti  bandar udara  yang mempunyai  akuarium laut.
Bagi penyelam yang hobi  dengam fotografi bawah laut, ikan hias nemo merupakan salah satu  biota favorit  untuk  difoto.

memelihara ikan hias nemo

Nama lain ikan hias nemo

Ikan Nemo memiliki beberapa penamaan sehingga terkadang membingungkan. Bagi pencinta ikan hias, ikan ini disebut ikan badut atau ikan giru.  Dalam Klasifikasi taksonomi, ikan ini merupakan keluarga dari  ikan ikan Batok.  Ikan hias nemo terdiri dari dua marga  yaitu Amphiprion dan Premnas. Hal yang menjadi pembeda dari kedua marga ini  yang peling mencolok adalah terdapat dua buah duri memanjang  di bawah mata  ikan premnas  sedangkan jenis amphiprion tidak mempunyai duri. Jenis  Premnas ukuran tubuhnya  lebih besar dibandingkan  dari jenis ikan amphiprion.

Di alam bawah laut, ikan hias nemo menghuni  dasar laut di area terumbu karang dikisaran kedalaman satu sampai tiga puluh meter. Ikan ini hidup dicelah-celah tentakel anemon yang menjadi rumahnya. Ikan ini melakukan simbiosis mutualisme yang sama-sama saling menguntungkan dengan anemon.  Dapat dikatakan juga bahwa ikan nemo tidak dapat hidup tanpa anemon dan begitupun sebaliknya. Keuntungan dari simbiosis ini adalah Ikan hias nemo dapat terhindar dari pemangsaan predatornya dan mendapatkan sumber makanan dari anemon. Sedangkan Anemon diuntungkan dengan pergerakan nemo yang terus menerus disela-sela tentakelnya menyebabkan kotoran dan endapan pasir teraduk sehingga anemon terhindar dari iritasi.

habitat ikan hias nemo

Ikan Nemo mempunyai perilaku  yang unik yaitu dengan menghabiskan sebahagian besar hidupnya di celah-celah tentakel anemon  dan  di sekitaran anemon.   Wilayah tersebut merupakan  daerah teritorialnya dan ikan ini akan mempertahankan dari predator dan  hewan penggangu lainnya. Jika tumbuhan anemon berpindah tempat maka ikan inipun juga ikut berpindah tempat.

Demikian informasi mengenai memelihara ikan hias nemo. Untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai memelihara dan beternak ikan hias rainbow.