Membedakan Jenis Kelamin Anis Merah

Post On: October 22, 2015
By: Dhio
In: anis

Membedakan jenis kelamin anis merah bisa ditentukan dengan melihat ciri fisiknya. Namun ciri-ciri fisik tidak bisa menjamin 100% untuk mengetahui perbedaan anis merah betina dan jantan, karena burung ini adalah burung monomorfik. Itu sebabnya, anis merah sulit ditangkar. Namun banyak “mitos” yang menyebutkan, bahwa anis merah yang memiliki ciri-ciri fisik tertentu merupakan petunjuk untuk menentukan jenis kelamin. Tetapi, sesungguhnya sangat sulit menentukan jenis kelamin Anis merah dewasa hanya berdasar pengamata.

Ada patokan yang digunakan untuk membedakan jenis kelamin anis merah oleh banyak orang, meski tidak tepat 100%. Contohnya, Anis merah jantan memiliki warna terang dan tajam, ketimbang Anis merah betina. Demikian pula dengan warna hitamnya lebih legam. Ada juga cara menentukan jenis kelamin anis merah dengan meraba kloaka untuk mengeahui kerapatan tulang supitnya. Jika rapat dan terasa runcing, itu berarti jantan. Jika agak lebar dan lembek, itu betina. Sementara perbedaan lain yang bsia dilihat dari perilakunya. Anis merah jantan akan terlihat mendongak dongakkan kepala jika bertemu dengan anis merah lain. Sedangkan anis merah betina tidak menunjukkan perilaku demikian. Kalau anis merah betina sedang birahi, maka jika bertemu dengan anis merah pejantan yang sedang bernyanyi atau teler, dia akan menggetar – getarkan sayap dan mendongak sembari bersiul.

Namun ada beberapa pemelihara burung menyatakan bahwa membedakan jenis kelamin anis merah soal telat bunyi. Ada yang sekali bunyi langsung menyahut. Paruhnya bagus volume pasti kencang, matanya juga bagus, tapi kakinya tidak hitam, sehingga sampai saat ini belum ada metode yang akurat untuk menentukan jenis kelamin anis merah. Terlepas dari itu, yang jelas banyak sekali “mitos” yang menyebutkan bahwa ciri fisik tertentu adalah menandakan jenis kelamin anis merah yang telah dewasa. Namun yang mencengangkan, justru yang dapat menentukan jenis kelamin anis merah adalah feeling pemilik anis merah itu sendiri, berdasarkan pengamatan para pemilik burung anis merah.

Membedakan jenis kelamin anis merah dengan melihat trotolan

  1. Trotolan betina : untuk membedakan trotolan anis merah jantan dan betina, cara paling gampang untuk membedakannya adalah melalui warna sayapnya. Trotolan Anis Merah betina biasanya warna sayapnya agak kusam, dan ada warna-warna kuning di bagian sayapnya. Warna kuning ini terdapat pada bulu sayap dari yang paling kecil sampai yang paling besar, biasanya jumlah warna kuning pada sayapnya sebanyak 5-6 helai.
  1. Trotolan jantan : Setelah memperhatikan trotolan anis merah betina, memang agak berbeda dengan anis merah jantan. Warna bulu anis merah jantan memang agak sedikit kusam, kelihatan seperti trotolan anis merah yang habis mandi. Padahal yang menyebabkan bulunya jadi kusam karena trotolan tersebut disemir dengan menggunakan semir rambut.

Bagi pemelihara burung yang sudah berpengalaman, hal-hal yang seperti ini tetap saja kelihatan, karena sangatlah gampang untuk membedakan antara trotolan yang disemir dan yang orisinil. Untuk membedakan jenis kelamin anis merah dengan melihat trotolan anis merah jantan dan betina dengan melihat warna di sayapnya, cara ini hanya bisa dibedakan disaat trotolan tersebut masih ada bulu-bulu trotolnya kira-kira di bawah usia 3 bulan. Jika sudah ganti bulu dewasa atau sudah full merah, hal ini akan lebih sulit untuk membedakannya. Sedangkan untuk yang betina, warna kuning pada bagian sayapnya akan hilang secara perlahan-lahan dan warna sayapnya jadi hitam polos. Untuk yang jantan warna sayapnya akan semakin mengkilap dan terkadang jika sudah birahi, Anis merah trotolan tersebut akan mulai ngeplong.

jenis kelamin anis merah

Selain informasi membedakan jenis kelamin anis merah, ada tips tentang memilih bakalan burung anis merah:

  1. Berkelamin jantan, ciri-ciri burung anis merah berjenis kelamin jantan dapat dilihat dari postur tubuh yang panjang serasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supit kecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebih gelap, warna bulu di bawah paruh bagian bawah lebih pudar, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
  2. Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan burung anis merah yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  3. Postur badan, pilihlah bahan anis merah yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bakalan yang berleher dan berbadan pendek.
  4. Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkeram kuat, ini menandakan bahwa bakalan burung itu sehat. Warna kaki tidak terlalu berpengaruh terhadap mental burung.
  5. Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri – ciri bahan yang bermental baik. Berdiri pada posisi kepala mendongak 45 derajat. Boleh percaya boleh tidak, apabila anda mendapatkan bahan seperti ini, dijamin umur 7 bulan maka burung anis merah kamu akan mulai berkicau dengan lantang.

Setelah bisa membedakan jenis kelamin anis merah. Maka kamu bisa melihat kategori anakan anis merah yang berkualitas unggul yang bisa diikutkan lomba karena memiliki power kuat serta kemampuan lagu yang bagus.

  1. Kaki hitam pekat dan mulut kuning.
  2. Kaki hitam dan mulut oranye.
  3. Kaki lipan dan mulut kuning cerah.
  4. Kaki lipan dan mulut merah cerah.
  5. Kaki merah dan mulut merah

membedakan jenis kelamin anis merah

Demikianlah informasi mengenai cara membedakan jenis kelamin anis merah, untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan lihat di perawatan harian anis merah.