Manfaat Kerodong Untuk Burung Kacer

Post On: October 29, 2015
By: Dhio
In: kacer

Manfaat kerodong untuk Burung kacer memang cukup banyak, salah satunya untuk menutup sangkar burung ketika malam. Kerodong untuk burung kacer memang merupakan salah satu perlengkapan yang harus dimiliki oleh semua pemelihara burung. Bahan dan bentuk bisa beraneka jenis. Tapi walaupun ditutup kerodong dengan rapat, kerodong juga harus bisa memberikan sirkulasi udara yang cukup sehingga burung di dalamnya tetap nyaman. Manfaat kerodong untuk burung kacer yang utama yaitu untuk menenangkan burung, terutama burung yang baru dibeli, sehingga burung merasa nyaman terlindungi, kemudian secara perlahan lahan bisa beradaptasi terhadap lingkungan baru. Pemelihara burung biasanya juga menggunakan kerodong untuk burung yang akan dibawa dari satu tempat ke tempat lain, Misalnya pada saat burung dibawa menuju arena lomba.

Manfaat Kerodong Untuk Burung Kacer

Sesampai di arena lomba, manfaat kerodong untuk burung kacer yaitu untuk menutup sangkar agar burung tidak melihat burung lainnya, sehingga burung dapat menghemat energinya karena tidak tertantang melihat burung lain. Selain itu di malam hari, manfaat kerodong untuk burung kacer yaitu agar burung bisa beristirahat secara total tanpa terganggu oleh cahaya lampu, tidak melihat binatang predator seperti tikus atau kucing yang membuat bisa burung stress. Bagi burung pemakan serangga seperti kacer, kerodong untuk burung kacer bisa membuat burung didalamnya terhindar dari gangguan masuknya serangga berbahaya yang kalau termakan oleh kacer bisa membuat burung menjadi sakit. Tetapi di musim penghujan kerodong memegang peranan penting untuk pencegah angin kencang dan udara dingin langsung masuk ke sangkar burung.

beberapa manfaat kerodong untuk kacer

Pilih bahan kerodong yang cocok untuk musim hujan. Sekarang ini di pasaran tersedia berbagai jenis kerodong yang bisa menambah keindahan sangkar. Namun bagi pemelihara burung yang paling penting adalah mengetahui bahan dasar kerodong yang cocok sesuai musimnya, sehingga sehat dan nyaman bagi burung.

manfaat kerodong untuk burung kacer agar optimal, bahannya seperti:

  1. Rayon, yaitu kerodong yang mempunyai bahan dasar rayon yang mempunyai ciri lentur. Kelebihannya yaitu mudah menyerap air dan jika dipakai akan berefek dingin dan mudah menyerap suhu udara luar. Kekurangannya yaitu kerodong berbahan rayon mudah mengkerut dan melebar, sehingga bisa bisa kerodong yang smula pas di kandang, setelah di cuci berapa kali bisa longgar.
  2. Katun, kerodong berbahan katun terbuat dari serat tanaman kapas. Kelebihannya yaitu memiliki daya serap tinggi terhadap air, sehingga kalau dipakai memberikan efek dingin pada sangkar. Kekurangannya yaitu karena cenderung lembab, kerodong ini rentan terhadap jamur yang bisa berbahaya bagi burung, jadi kerodong yang berbahan ini harus rutin dicuci dan dijemur.
  3. Polyster, kerodong yang terbuat dari polyster atau dari serat plastik. Kelebihannya yaitu cenderung panas, karena suhu yang diserap tidak langsung dilepaskan ketika suhu diluar sarang sedang dingin.Cocok digunakan saat musim dingin. Lebih kedap air, ringan dan cepat kering, kalau kehujanan nampak dari luar basah tapi tidak banyak air yang masuk dan lebih kuat menahan angin. Kekurangannya yaitu jika mendapat panas cukup banyak akan mengeluarkan bau yang bisa mempengaruhi burung.

Untuk informasi mengenai jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ mengenal burung kacer peliharaan.