Kualitas Burung Kenari Unggulan

Post On: April 1, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Kualitas Burung kenari bisa ditingkatkan dengan berbagai cara, biasanya kenari yang rajin berkicau setiap hari tidak menjamin kualitas suaranya bagus. seiring dengan berkembangnya sistem penjurian dan perbedaan sistem penjurian di arena kontes pada suara kenari, kini ada tuntutan bahwa kenari harus mampu menyuarakan kicauan yang unik atau suara-suara nyanyian jenis burung lain sehingga bertambah pula tugas dan tantangan bagi para hobis atau pencinta burung, khususnya burung kenari. pengingkatan kualitas kenari dapat diupayakan dengan mendampingkan jenis burung lain agar bisa ditiru suaranya oleh kenari. di kalangan hobiis burung berkicau, pengisian suara atau pendistribusian ini dikenal dengan sebutan “pemasteran”. agar mempunyai senjata suara, kenari yang akan diikutkan kontes perlu diisi suara burung pemaster.

Cara-cara untuk meningkatkan kualitas burung kenari adalah :
1. burung pendamping atau pemaster
burung pendamping dipilih yang mempunyai tipe suara sesuai dengan kenari sehingga kelak mudah ditiru karena kemampuan kenari menirukan suara, khususnya suara kicauan yang vokalnya sudah terbentuk, sehingga pengembangan vokalnya menjadi sangat terbatas. sebaiknya burung pemaster yang dipilih mempunyai ciri khas kicauan seperti suara yang sepotong-potong dan agak lambat, bentuk badan atau fisik burung pemasterannya kecil, dan gerakannya tidak membuat kenari menjadi takut atau tidak terlalu lincah. jika diamati dengan baik, kicauan yang disenandungkan kenari merupakan kumpulan suara yang terdiri dari satu suku kata seperti cing…tir… sangat jarang kenari mampu mengicaukan suara lebih dari satu suku kata. kombinasi antara kecepatan yang terus menyambung, irama suara naik turun, kocokan suara, dan tekukan (cengkok) suara dalam membuat suara kenari terdengar amat merdu. untuk meningkatkan Kualitas burung Kenari berikutnya adalah.

kualitas burung kenari

2. mengukur kualitas suara
Dalam mengukur kualitas burung kenari kicauan bisa dilakukan saat kenari berkicau sendirian, tetapi disarankan dan jauh lebih baik lagi pada saat burung tersebut diadu suaranya dengan sesama jenisnya, sehingga kenari terpacu dan termotivasi karena ada temannya. kenari yang baik mampu berkicau terus-menerus, penuh variasi, dan jarang memutuskannya secara tiba-tiba.
Kemampuan meningkatkan kualitas burung kenari terutama suara berbeda-beda tergantung jenis-jenis burung peliharaan (link ke homepage).

Kualitas Burung Kenari Unggulan

Kualitas Burung Kenari bisa berkurang atau tidak optimal jika tidak memiliki mental yang bagus ketika berhadapan dengan burung sejenis maupun tidak. karena itu kemampuan para hobis atau pecinta burung kenari dibutuhkan dalam meningkatkan kekuatan mental kenari sehingga kualitas Burung Kenari yang akan dihasilkan menjadi bagus. berikut adalah cara menempa mental burung kenari kesayangan kamu :

1. Gantungkan Sangkar pada tempat yang rendah
Sangkar diletakkan di tempat yang rendah kira-kira sejengkal di atas kepala orang berdiri tegak atau dapat juga sebatas pandangan mata. Penempatan sangkar seperti ini dilakukan saat menjemur dan khususnya pada penempatan sangkar sehari-hari. perlakuan semacam ini untuk membiasakan burung kenari karena di arena kontes pun ketinggian tempat gantungan tidak jauh berbeda. penempatan sangkar yang rendah sering membuat pemilik burung dan orang yang melihat burung kenari tersebut untuk mengetrekkan jari tangan mereka. hal seperti ini harus dihindari, Hal seperti ini sebaiknya dilakukan cukup 30 menit sehari (jangan dibiasakan memancing burung untuk berkicau dengan mengetrekkan jari) karena jika dibiasakan terlalu lama melatih kicauan dengan mengetrekkan jari terlalu lama akan berpengaruh buruk pada saat kenari dikonteskan. dikhawatirkan kenari bersangkutan akan turun dan berhenti berkicau di dasar sangkar pada saat para juri melakukan penilaian.

2. sering dipindah
Agar burung kenari tidak hanya berani berkicau lantang di suatu tempat, sangkar kenari perlu sering dipindah-pindahkan ke tempat lain, terutama pada siang hari salah satunya ke tempat yang suasananya lebih ramai. pemindahan burung kenari ini dilakukan setelah burung kenari rajin berkicau sepanjang hari di tempat yang lama (tempat dimana burung kenari biasa berkicau). hal ini untuk lebih menempa keberanian dan mentalnya menghadapi riuh dan gaduh nya suasana kontes. kegiatan ini harus dilakukan secara rutin misalnya cukup seminggu sekali atau dua kali seminggu.

Kualitas Suara Burung Kenari Unggulan

3. dilatih bersama kenari lain
Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua burung kenari khususnya yang jantan akan berkicau saat melihat atau didekatkan dengan kenari jantan lain karena mentalnya belum terlatih. untuk mengantisipasi hal itu, diperlukan latihan agar lebih terbiasa dan begitu melihat kenari lain langsung berkicau. langkah awal dan penting yang harus dilakukan adalah membuatnya rajin berkicau dan membiasakannya di berbagai lingkungan. burung kenari jantan biasanya mulai lantang berkicau setelah usianya menginjak 10 bulan dan mulai berani untuk berinteraksi dengan betina. pada saat demikian, sebaiknya burung kenari betina ditempatkan di antara kenari jantan yang sedang dilatih untuk melatih suara dan juga melatih mental terhadap lawan jenisnya. lakukan hal tersebut berulang-ulang setiap hari hingga jantan berkicau terus-menerus. latihan sebaiknya dilakukan di pagi hari sambil burung dijemur karena pada waktu pagi hari merupakan waktu yang paling sering digunakan untuk burung kenari untuk berkicau. jarak sangkar satu dengan sangkar yang lain minimal 50 meter. setelah dilatih dengan cara demikian, sebaiknya sangkar kenari ditutup dengan kain sehingga diharapkan kenari menjadi lebih bernafsu untuk terus berkicau saat kain penutup sangkarnya dibuka pada pagi hari.

Setiap jenis burung peliharaan berbeda tipe kualitas suara kenari, lihat di home. Untuk mengetahui informasi berikutnya silahkan sangkar nyaman untuk kenari.