Kandang Murai Batu Standard

Post On: April 11, 2015
By: Dhio
In: Murai

Kandang murai batu harus dipikirkan terlebih dahulu dimulai dari lokasi kandang. jika lokasi kandang murai batu sudah disiapkan, kini saatnya membangun kadang yang menjadi rumah bagi pasangan induk murai batu dan anak-anaknya. anggaplah kandang sebagai rumah bagi burung, sebab akan membangkitkan semangat anda untuk memberikan yang terbaik kepada murai batu.

Kandang murai batu yang ideal (apapun desain dan konstruksinya) harus memenuhi beberapa syarat di bawah ini:.

1. memperoleh sinar matahari yang cukup, karena sinar matahari mengandung provitamin D yang baik untuk kesehatan burung. meski demikian, burung tetap memiliki pilihan untuk berteduh (termasuk saat hujan). anda bisa membuat atap 2/3 terbuka (ditutup kawat strimin) dan 1/3 tertutup atau sebaliknya.

2. kandang dusahakan terlindung dari embusan angin yang terlalu kencang, karena mudah membuat murai batu kaget.

3. sediakan tenggeran/tangkringan yang kuat, dalam beberapa ukuran dan diletakkan di beberapa posisi yang strategis dan memudahkan bagi burung murai batu.

4. sediakan wadah sarang. pada tahap awal, sediakan sedikitnya 2-3 model. misalnya kotak sarang A(ukuran 25cm x 20cm dan tinggi 20cm), kotak sarang B(20cmx15cm dan tinggi 15cm), dan kotak sarang C(15cm x15cm dan tinggi 15cm). sangkar bisa langsung digantung di dinding kandang, bisa juga diletakkan di atas tatakan yang ditempelkan ke diding kandang. penyediaan minimal 2-3 model ini untuk memberi kesempatan murai batu untuk memilih sarang yang lebih disukainya. penting diingat, ketika burung menyukai sesuatu daripada yang lain, ia merasa jauh lebih nyaman. pastikan kotak sarang terbebas dari binatang pengganggu seperti semut, tikus, kucing, musang dan lain-lain. semur, karena ukurannya sangant kecil, paling mudah masuk dalam kandang jenis apapun. karena itu, perlu antisipasi sejak awal.

Bentuk kandang tentu berbeda untuk jenis-jenis burung peliharaan yang bisa dilihat di Home.

1. sediakan pula pasir yang dicampur dengan sedikit kapur di dasar/lantai kandang, untuk mengontrol kotoran burung. kalau bisa gunakan pasir gunung (kalau orang jawa biasa menyebut pasir muntilan), dengan ketinggian 5-10cm. sebelum digunakan, sabaiknya pasir dijemur dulu selama sehari penuh untuk membebaskannya dari bakteri, jamur dan parasit lainnnya. saat menjemur, lakukan beberapa kali pembalikan agar pasir steril secara merata. sebagian penangkar juga menggunakan lebaran kertas koran sebagai alas kandang. ini boleh-boleh saja, tetapi anda mesti rajin menggantinya setiap hari.

2. sediakan bak/wadah untuk mandi burung. bak mandi harus dikiontrol kebersihannya. idealnya, pagi (06.30-07.00) diisi dengan air bersih, siang (11.00-12.00) diganti dan diisi dengan air baru, begitu pula sore hari sekitar 15.00-15.30) diisi dan diganti dengan air baru.

3. didalam kandang perlu dipasang lampu 5-10 watt untuk penerangan di malam hari, atau dinyalakan pada siang hari ketika kondisi hujan.

Kandang Murai Batu bersusun

Kandang Murai Batu untuk penangkaran

Fasilitas yang harus ada dalam sebuah penangkaran murai batu adalah adanya kandang penangkaran dan lokasi yang strategis untuk melakukan penangkaran. beternak murai batu memang sangat menjanjikan, namun tidak semudah yang kita harapkan jika pengetahuan kita sangat minim dalam penangkaran murai batu. penangkaran murai batu tidak lepas dari berbagai kendala dan permasalahan yang dihadapi.

Lokasi kandang murai batu untuk penangkaran.
terdapat banyak pilihan untuk menentukan lokasi kandang yang ideal untuk penangkaran murai batu yang akan kita jalankan. dengan memanfaatkan ruangan atau halaman kosong, bisa di halaman belakang atau samping rumah. ada beberapa persyaratan yang harus diperhatikan:

1. usahakan lokasi yang akan dibangun kandang penangkaran nyaman dan tenang. artinya tidak terlalu bising oleh suara kendaraan bermotor, mesin bengkel, pabrik dan polusi udara lainnya.

2. lokasi bersih dari polusi udara berlebihan, misalnya jangan dekat pabrik batu bata yang dalam proses produksinya selalu disertai dengan pembakaran batu bata, usaha pengasapan ikan dan sejenisnya.

3. usahakan pula di sekitar olasi usaha tidak terdapat burung-burung lainnya. jika hal ini tidak bisa dihindari, pastikan saat kandang sudah dibangun, murai batu yang ada di kandang penakgaran tidaki bisa melihat langsung keberadaan burung lain, khususnya merpati yang kerap membuat murai batu uring-uringan dan sering melampiaskan kemarahannya kepada pasangan atau anak-anaknya.

4. pastikan lokasi tersebut aman dari gangguan keamanan, karena pencuri pun sudah tau kalau murai batu merupakan burung mahal,jadi anda harus meningkatkan keamanan kandang. induk murai batu sebagus apapun, tidak akan menjalankan tugas reproduksinya secara maksimal, ketika setiap hari mendengar suara bising, kandangnya dilewati asap, dilintasi burung-burung lain dan sebagainya. kemungkinan yang bisa terjadi antara lain, burung sulit berjodoh, burung tak mau kawin sehingga telur yang dihasilkan selalu gabk/infertil, burung menjadi pemarah dan agresif, bahkan menyerang betina atau anakan hingga mati.

Hal-hal diatas adalah yang perlu dipertimbangkan dan dipikirkan dalam membuat Kandang Murai Batu untuk sehari-hari ataupun untuk penangkaran.

Kandang Murai Batu bagus

Kandang Murai Batu Cantik

Untuk melihat informasi berikutnya silahkan lihat di Jenis habitat murai batu.