Kandang Burung Perkutut Peliharaan

Post On: May 9, 2015
By: Dhio

Kandang burung perkutut untuk penangkaran disesuaikan dengan burung perkututnya dan juga berapa banyak burung perkutut yang ada dalam satu kandang.

Kandang burung perkutut untuk penangkaran. Kandang burung perkutut tidaklah sulit untuk dibuat, yang penting nyaman, aman dan luasnya cukup untuk burung perkutut bisa mengepakkan sayapnya. Untuk kandang penangkaran, ukuran yang ideal adalah panjangnya 100 Cm, lebarnya 75 Cm dan tingginya 100 Cm. Untuk penampung kotoran burung perkutut bisa ditambah dengan pasir ditambah pasir untuk kotoran kucing, karena pasir untuk kotoran kucing bisa mengurangi bau kotoran burung perkutut.

Penempatan kandang burung perkutut.

Jangan kamu letakkan kandang di ruangan yang tertutup sehingga tidak terkena matahari langsung. Dan jangan pula ditempatkan di tempat yang terlalu terbuka sehingga selalu terkena sinar matahari langsung. Usahakan tempat kandang burung perkutut peliharaan kamu berada di tempat yang mendapatkan sinar matahari pagi (kandang menghadap arah timur supaya mendapatkan sinar matahari pagi langsung) dan jangan mendapatkan sinar matahari siang dan sore karena waktu siang dan sore adalah waktu bersantai dan istirahat burung perkutut.

Penempatan kandang burung perkutut juga jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Kalau kandangnya terlalu rendah burung perkutut tidak merasa nyaman. kalau terlalu tinggi kamu juga susah membersihkan kandangnya. Ukuran yang pas yaitu 150 Cm diatas permukaan tanah. Kandang bisa kamu sedemikian rupa sehingga dalam satu atap bisa kamu buat beberapa kandang kecil yang saling berhadap-hadapan.

kandang burung perkutut

Penempatan tempat makan dan minumnya juga jangan terlalu jauh di dalam kandang burung perkutut kamu, supaya kalau burung perkutut mau makan tidak bolak-balik di dalam kandangnya. Lebih baik di letakkan sebelah-sebelahan antara 2 tempat makan dan satu tempat minum.

Pakan burung perkutut yang biasa diberikan para hobis burung perkutut lainnya yaitu millet, jewawut, ketan hitam, gabah dan kacang hijau (kacang hijau diberikan satu kali dalam seminggu saja, karena kacang hijau bisa membuat burung perkutut kamu cepat gemuk).

Merek pakan burung perkutut yang sudah terkenal dan bagus untuk burung perkutut adalah longkung, gold coin, larasati dan lainnya (silahkan tanya sama penjual pakan burung). Pemberian pakan burung perkutut bermerek seperti merek diatas bisa diberikan 3 kali sehari karena kandungannya yang sudah cukup gizi seperti vitamin, madu dan rempah sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina burung perkutut kamu.

Para pemelihara burung perkutut sering memberikan sotong atau kerikil kecil sebagai sumber kalsium dan juga membantu proses pencernaan makanan dalam tubuh burung merpati. Pakan yang bisa kamu berikan untuk menjaga kestabilan suara burung perkutut kamu yaitu kacang hijau (cukup seminggu sekali aja). Kacang hijau juga bisa kamu gunakan sebagai obat ketika burung perkutut kamu sedang sakit, karena kacang hijau mengandung lemak sehingga bisa menjadi cadangan energi. Perlu memberi kacang hijau karena ketika sakit, burung perkutut nafsu makannya berkurang. Diharapkan dengan makan kacang hijau, maka cadangan energi burung perkutut peliharaan kamu terjaga. Beras merah sering diberikan ketika pemilik burung perkutut ingin agar cepat reproduksinya dan cepat bertelur. Beras merah memiliki kandungan vitamin E dan B yang menjaga metabolisme tubuh. Demikianlah informasi tentang kandang burung perkutut dan pakannya.

Untuk melihat jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di mengenal burung kakatua peliharaan.