Jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara kucing harus tahu jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan. Virus yang termasuk berbahaya untuk kucing adalah Feline Parvoviru. Virus ini menyerang anak kucing yang belum divaksin yang bisa menyebabkan kematian.

Penyebaran virus ini bisa melalui udara. Penularan virus ini pada anak kucing yang baru lahir, jika induknya mengidap virus ini maka anaknya pun akan memiliki virus yang sama. Penyakit ini tidak menular pada manusia ataupun anjing.

Kucing yang menderita virus ini akan kehilangan nafsu makan, kemudian diikuti dengan diare parah dan muntah berkepanjangan. Jika tidak segera diobati, maka kucing akan mengalami dehidrasi karena lebih banyak cairan yang dikeluarkan dari tubuhnya lewat diare dan muntah. Untuk mencegahnya bisa dilakukan pengecekan rutin ke dokter hewan setiap 6 bulan.

Jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan

Jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan seperti virus FIV

Virus FIV sedikit mirip dengan virus HIV yang menjangkit manusia, yaitu sama-sama menyerang sistem kekebalan tubuh. Virus ini bisa menular ke kucing lain melalui kontak langsung seperti luka gigitan ataupun menular dari ibu ke anak.

Karena virus ini tidak bisa disembuhkan, perlahan lahan kekebalan tubuh kucing akan menurun dan akan mati setelah terinfeksi selama 5 tahun.

Cara mencegah penularan virus ini adalah

Jaga kucing peliharaan agar tidak berkeliaran di luar rumah dan bertemu dengan kucing liar.

Kurangi sifat agresif pada kucing jantan dengan melakukan sterilisasi atau kebiri.

Jaga kebersihan lingkungan rumah dan berikan makanan bernutrisi pada kucing peliharaan, serta lakukan vaksinasi secara teratur.

Demikian informasi mengenai jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai berbagai penyakit kulit pada kucing peliharaan.