Jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap calon peternak sapi perah perlu tahu jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak. Berikut ini jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak.

Jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak

Beberapa jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak.

1. Friesien

Sapi ini berasal dari Belanda. Sapi ini bercorak hitam dan putih tapi ada juga Holstein yang berwarna merah dan putih. Jenis sapi ini memiliki tubuh yang besar, kantong susu yang besar, ekor panjang dengan bulu lebat. Produksi susunya banyak sehingga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan keju. Produksi susu sapi jenis ini bisa mencapai 5700 kg dalam satu tahun.

2. Ayrshire

Sapi ini berasal dari daerah Skotlandia yang wilayahnya dingin, lembab dan tidak banyak padang rumput yang tersedia. Tubuh sapi ini besar, tinggi, ekornya panjang dengan bulu yang lebat dan punya warna tubuh yang bervariasi. Ada yang berwarna merah dan putih, coklat tua dan putih. Sapi ini bisa menghasilkan susu sebanyak 4677 kg per tahun dengan kadar lemak yang terkandung sekitar 3,8 – 4%.

3. Brown Swiss

Sapi ini berasal dari Swiss. Warna sapi ini bervariasi dari coklat muda sampai coklat tua, jenis sapi ini mudah di kendalikan karena bekecendrungan untuk besifat acuh. Produksi susu sapi jenis ini nya rata – rata sekitar 4926 kg per tahun.

4. Guernsey

Sapi ini berasal dari Pulau Guernsey letaknya dekat dengan pulau Jersey, Inggris. Warna tubuhnya coklat muda dengan totol – totol putih yang tampak jelas. Produksi susu sapi jenis ini mencapai 4163 kg per tahun.

5. Jersey

Sapi ini berasal dari pulay Jersey di Inggris. Sapi ini berwarna coklat, abu abu hingga hitam. Produksi susu sapi jenis ini sekitar 3773 kg per tahun.

6. Gir

Sapi ini berasal dari negara India.  Sapi ini berwarna putih dengan bercak corak coklat atau hitam. Produksi susu sapi jenis ini sekitar 2000 liter per tahun.

7. Red Sindhi

Sapi ini berasal dari Pakistan. Warna tubuhnya merah tua dan berukuran kecil. Produksi susu sapi jenis ini yaitu 2000 kg per tahunnya.

8. Sahiwal

Sapi ini berasal dari Pakistan. Sapi ini berwarna kelabu kemerah merahan, merah sawo atau coklat muda dan kadang terdapat warna putih. Sapi jenis ini bisa memproduksi susu hingga 2722 – 5897 liter per tahun.

9. Frieswal

Sapi ini adalah hasil dari perkawinan silang antara Sahiwal dan Friesian Holstein. Produksi susu sapi ini bisa mencapai 3750 kg per tahunnya.

10. Jamaica Hope

Sapi ini berasal dari Jamaika. Sapi jenis ini bisa memproduksi susu sebanyak 2500 kg per tahunnya.

Sapi yang digunakan di Indonesia untuk sapi perah adalah sapi campuran, hasil persilangan sapi lokal (ongole) dengan sapi Holstein yang bertujuan untuk mendapatkan sapi perah yang berkualitas baik tapi bisa bertahan dengan iklim yang ada di Indonesia.

beberapa Jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak

Demikian informasi mengenai jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai memilih bakalan sapi unggul di Indonesia.