Jenis penyakit yang sering menyerang kambing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kambing harus tahu jenis penyakit yang sering menyerang kambing. Ada penyakit yang bersifat ringan saja tetapi ada juga penyakit yang mematikan jika tidak segera ditangani.

beberapa Jenis penyakit yang sering menyerang kambing

Beberapa jenis penyakit yang sering menyerang kambing

1. Kembung

Kembung disebabkan banyak gas yang diakibatkan proses fermentasi yang berjalan cepat dan tidak dapat mengeluarkannya dalam bentuk kentut. Tingginya kandungan gas dalam perut bisa menekan organ dalam tubuh yang lain dan menimbulkan kesakitan. Ini membuat kambing bernapas dengan membuka mulut. Tandanya yaitu  perut kambing yang membesar atau membengkak akibat penumpukan gas dalam rumen. punggung kambing membungkuk, serta saat berbaring kambing akan sulit untuk bangun kembali. Hal ini biasanya disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi legume, hijauan terlalu muda atau mengkonsumsi rumput basah saat dilepas dari kandang. Sehingga diperlukan kehati hatian dalam memberikan makanan hijauan. Berikan makanan hijau yang sudah dilayukan terlebih dahulu dan jangan melepas kambing makan pada pagi hari karena rumput masih basah karena embun. Untuk menangani hal ini bisa diberikan obat masuk angin di apotik.

2. Cacingan

Penyakit ini disebabkan cacing cacing yang hidup sebagai parasit di saluran pencernaan, melekat di selaput usus dan menghisap sari makanan, cairan tubuh, darah serta mengeluarkan racun. Maka penyakit ini membuat kambing menjadi lemah, lesu dan tidak bisa gemuk walaupun diberi makan banyak. Tanda kambing yang cacingan: nafsu makan berkurang, lemah, lesu, kurus, perut buncit, bulu terasa kasar, kusam dan rontok. Kambing menjadi sering mencret. Untuk menanganinya selalu jaga kebersihan kandang kambing dan rutin memberikan obat cacing setiap 3 bulan sekali.

3. Scabies

Ini bisa disebut juga kudis. Penyebabnya yaitu tungau yang menyerang area disekitar telinga dulu, kemudian baru menyebar. Tanda kambing terkena scabies biasanya timbul bercak–bercak merah yang membentuk bisul pada kulit kambing, kemudian kulit yang berbercak akan mulai menebal, mengeras dan bersisik serta gatal. Jika terlalu lama maka tubuh si kambing pun akan mulai terlihat kurus karena nafsu makan yang berkurang serta kekurangan darah, sehingga produksi susunya pun akan ikut menurun. Penyakit ini mudah menular ke kambing lain. Untuk mengobatinya bersihkan kambing yang terinfeksi dengan sabun antiseptik lalu potong pendek bulu di daerah yang terluka lalu oleskan obat anti parasit oles setiap hari selama 1 minggu. Setelah itu bersihkan kandangnya dengan cairan desinfektan.

4. Pink Eye

Atau mata belekan. Disebabkan iritasi akibat tertusuk benda seperti: duri, kayu, ujung rambut bahkan debu dari konsentrat. Namun juga bisa disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit. Gejala penyakit ini adalah mata kambing sering berkedip, mengeluarkan air dan mata berwarna kemerah–kemerahan. Jika tidak segera diatasi maka mata akan keruh dan timbul borok hingga mengalami pembengkakan. Cara mengobatinya yaitu cuci matanya dengan air hangat lalu oleskan salep mata khusus kambing yang mengandung antibiotik.

5. Penyakit Kuku dan Mulut (PMK)

Penyakit ini bisa disebabkan oleh virus yang terdapat di air kencing, susu dan air liur. Gejalanya yaitu nafsu makan berkurang, demam, keluar air liur yang berlebihan, rongga mulut, lidah dan kaki melepuh serta terdapat benjolan berisi cairan bening. Kambing yang terjangkit dipisahkan dan diobati dengan obat yang bisa dibeli di dokter hewan, jaga kebersihan kandang dan berikan vaksinasi.

6. Miasis

Atau disebut dengan korengan. Biasanya menyerang bagian paha kambing yang setelah melahirkan tidak dibersihkan secara maksimal sehingga ada darah yang tersisa. Tetapi bisa juga disebabkan kandang yang jorok dan tidak nyaman. Cara mengobatinya yaitu dengan bersihkan koreng dengan air, siram dengan minyak kayu putih lalu beri tembakau yang sudah dibasahi dan tutup dengan perban. Gantilah setiap hari sampai keluar belatungnya.

7. Diare atau Mencret

Biasanya disebabkan oleh bakteri, makanan yang rusak, serta lingkungan atau udara dingin. Gejala penyakit ini adalah kambing tampak lesu, lemah dan juga pucat. Kotoran kambing menjadi berwarna hijau muda, hijau mengkilap, hijau kekuningan, hijau kemerahan atau hijau kehitaman. Hindari pemberian sementara daun kacang kacangan dan daun muda. Untuk mengobatinya bisa diberi jamu dari campuran daun jambu biji, garam dapur dan 1 gelas air kelapa, lalu berikan 1/3 gelas selama 3 hari berturut-turut.

8. Mastitis

Penyakit ini sering dijumpai pada kambing perah karena penyakit ini menyerang bagian puting kambing. Penyebabnya yaitu bakteri Staphylococcus Aureus atau bisa juga diakibatkan proses pemerahan yang kurang sempurna, sehingga susu belum habis diperah sepenuhnya. Penyakit ini menurunkan jumlah produksi susu dan kualitas dari susu itu sendiri. Cara mengobatinya dengan memberi antibiotik intra-mammary dan memperbaiki proses dari pemerahan susu.

9. Kuku Busuk

Ini disebabkan kandang yang basah dan kotor, sehingga kambing sering menginjak air yang akhirnya terjadi pembusukkan. Tanda tanda penyakit ini adalah celah kuku bengkak dan megeluarkan cairan putih keruh. Kulit kuku mengelupas dan mulai timbul benjolan yang menyebabkan si kambing berjalan pincang dan bisa berakhir dengan kelumpuhan. Cara mengobatinya dengan membersihkan bersihkan dan potong kukunya setiap bulan, siramkan alkohol lalu perban kaki kambing dan hindarkan dari tempat kotor yang tergenang air.

10. Pneumonia

Penyakit ini disebabkan udara yang lembap, dingin dan kotor serta kambing yang tidak terpelihara dengan baik. Gejala penyakit ini yaitu kambing sulit bernafas, nafsu makan hilang, sering batuk dan juga demam. Cara mengobatinya dengan memberikan preparat antibiotik. Selalu jaga kandang agar tidak lembab, tidak tergenang air, selalu bersih dan selalu menutup kandang jika ada angin kencang.

11. Konstipasi atau Sembelit

Yaitu penyakit susah buang kotoran. Cara mengobatinya yaitu berikan beberapa sendok makan minyak sayur pada setiap pakan yang diberikan.

Jenis penyakit yang sering menyerang kambing

Demikian informasi mengenai jenis penyakit yang sering menyerang kambing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis virus berbahaya untuk kucing peliharaan.