Jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan. Jadi anda semakin berhati hati dan mengetahui penanganan dan pencegahan terbaik.

Jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan

Beberapa jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan.

Salmonella. Selain terdapat dalam makanan yang tidak dimasak secara matang, salmonella juga bisa ditularkan oleh hewan peliharaan. Salmonella adalah sejenis parasit yang tumbuh dalam sistem pencernaan. Ia bisa ditularkan dari kotoran hewan peliharaan dan bulu. Jadi sebelum dan sesudah memegang binatang peliharaan anda tidak ada salahnya untuk mencuci tangan terlebih dahulu.

Kurap. Kurap adalah penyakit kulit yang bisa diderita manusia dan hewan peliharaan. Anda bisa tertular melalui penggunaan kolam renang yang sama atau pun menggunakan ruangan yang terlalu lama didiami hewan peliharaan anda. Kurap pada hewan bisa dilihat dengan adanya bentuk cincin kemerahan yang memiliki tepian yang gelap dibanding pusatnya. Biasanya kurap ditandai dengan kebotakan atau rambut yang rapuh di area tertentu.

Penyakit cakaran kucing. Ini bisa tertular dengan gigitan, goresan atau jilatan kucing yang mengenai bagian yang luka terbuka. Gejalanya yaitu anda akan flu. Jika anda dijilat, dicakar atau digigit kucing segera bersihkan dengan sabun dan zat antibiotik lainnya.

Penyakit Lyme. Penyakit ini adalah penyakit yang ditularkan oleh kutu. Oleh karena itu selalu jaga agar hewan peliharaan anda bebas dari kutu.

Toksoplasma. Penyakit ini rentan menyerang ibu hamil. Jadi jangan biarkan ibu hamil berada dekat dengan kucing apalagi menyentuh kucing karena bisa menularkan virus toksoplasma yang berakibat buruk pada janin.

Jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan

Demikian informasi mengenai Jenis penyakit yang bisa ditularkan oleh hewan peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai ciri ciri kucing betina akan segera melahirkan.