Jenis penyakit yang biasa menyerang ayam

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara ayam perlu tahu jenis penyakit yang biasa menyerang ayam agar tidak terlalu panik ketika mengahdapinya. Ada bebarapa penyebab ayam terkena penyakit yaitu faktor cuaca, lingkungan, pakan dan kondisi ayam didekatnya.

beberapa Jenis penyakit yang biasa menyerang ayam

Beberapa jenis penyakit yang biasa menyerang ayam.

Tetelo atau sampar ayam. Penyebar penyakit yang diakibatkan virus Paramyxo ini adalah burung liar. Jika terkena penyakit ini maka ayam akan lemas, nafsu makan berkurang, produksi telur menurun, gangguan saluran pernapasan, mulut berlendir, kotoran encer berwarna kehijauan, kornea keruh dan kejang kejang.

Gumoro. Penyakit ini bisa tertular melalui kontak langsung, air minum, pakan, peralatan dan udara yang sudah tercemar virus. Ciri-ciri ayam yang terkena penyakit ini adalah nafsu makan berkurang, ayam tampak lesu dan mengantuk, bulu kusam, gemetar, diare berlendir, keseimbangan yang mulai terganggu dan terjadinya iritasi pada dubur.

Cacingan yang disebabkan cacing gilig dan pita. Biasanya penyakit ini menyerang saat musim hujan. Ciri cirinya yaitu nafsu makan berkurang, pertumbuhan terhambat, kotoran encer berwarna putih dan kadang juga berdarah.

Snot. Biasanya penyakit ini menyerang saat pergantian musim. Ciri cirinya yaitu ayam tidak nafsu makan, terlihat lemas dan mengantuk, pertumbuhan lambat, keluar lendir kuning yang berbau dari hidung, keluar cairan dari mata (mata berbusa), pembengkakan sinus (batas antara mata dan hidung), kerak di dalam hidung, pilek dan susah bernafas.

Ngorok. Ciri cirinya yaitu nafsu makan yang menurun, kurus, lesu, warna bulu pucat dan kusam, buih pada mata, suka gelengkan kepala, keluar cairan dari hidung, kotoran cair dan berwarna putih, nafas berbunyi / ngorok.

Berak kapur. Ciri cirinya nafsu makan berkurang, badan lemas dan kusam, mata menutup, kedinginan dan suka bergerombol mencari tempat hangat, jengger berwarna keabuan, bulu dubur melekat dan kotoran encer yang bercampur dengan butiran putih layaknya kapur.

Berak hijau. Penularannya melalui kontak langsung saat ayam jantan mengawini ayam betina, air minum dan pakan. Ciri ciri penyakit ini adalah kehilangan nafsu makan, mata lesu, bulu kusam, terkadang pilek, mulut berlendir, jengger berwarna kebiruan dan kotoran encer berwarna hijau.

Kolera. Penularannya melalui kontak langsung, pakan, air minum, peralatan, manusia tanah dan hewan lain. Ciri ciri penyakit ini adalah nafsu makan yang mulai berkurang, persendian kaki dan sayap yang bengkak disertai kelumpuhan, sesak nafas, jengger dan pial yang berwarna kebiruan, suka gelengkan kepala, kotoran encer berwarna kuning, coklat / hijau berlendir dan bau busuk.

Jenis penyakit yang biasa menyerang ayam

Demikian informasi mengenai jenis penyakit yang sering menyerang ayam. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai proses sapi melahirkan dan cara menanganinya.