Jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing dan kucing harus tahu jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing dan cara penanganannya.

Biasanya yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing adalah protozoa Giardia danCoccidia. Protozoa adalah organisme sel satu yang hidup dalam sel.

Protozoa ini bisa bertahan di saluran cerna kucing dan anjing. Dan media penularannya yaitu air yang kotor. Penularannya bisa melalui minum dan makan dari tempat yang terkontaminasi tempat ini, atau tempat bekas hewan yang terinfeksi yang tidak dibersihkan. Atau bisa juga anjing dan kucing anda makan jeroan mentah seperti usus ayam, sapi, domba yang terinfeksi, maupun hewan liar yang terinfeksi (tikus).

Jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing

Beberapa jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing dan cara penanganannya

Proses berkembang biak di dalam usus.

Protozoa ini bisa masuk melalui lingkungan yang terkontaminasi atau binatang kecil yang dimakan oleh kucing atau anjing anda.

Setelah sampai di saluran cerna maka protozoa ini akan menempel di usus dan menyerap sari sari makanan.

Akan menempel terus di dinding usus sebagai tempat berkembang biak dengan cara membelah diri.

Lalu sebagian dari protozoa ini akan keluar dan menempel pada kotoran hewan dan siap untuk ditularkan ke hewan lain.

Jika terus terjadi, maka bisa terjadi diare berdarah dan bisa bercampur dengan lendir dan berwarna pucat. Kucing akan terlihat kurus, lemas, serta diare berkepanjangan jika tidak dibawa ke dokter hewan secepatnya.

Jika anda melihat hewan peliharaan anda tetap diare selama 3 hari, segera bawa ke dokter hewan. Karena jika dibiarkan lebih lama bisa membuat hewan dehidrasi dan semakin sulit untuk disembuhkan.

Yang bisa dilakukan untuk mempercepat kesembuhan yaitu:

Berikan makanan lembut yang banyak serat agar lebih mudah dicerna oleh usus.

Berikan air putih yang sudah dimasak yang banyak.

Buat tempat yang nyaman dan meminumkan obat yang dianjurkan dokter hewan.

Langkah pencegahan penularan kepada manusia yaitu dengan selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang hewan peliharaan anda. Selalu membersihkan perlengkapan, mainan dan kandangnya dengan cairan desinfektan. Selalu jaga kebersihan tempat bermain anjing dan kucing anda.

beberapa Jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing

Demikian informasi mengenai jenis parasit yang menyebabkan diare pada kucing dan anjing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing.