Jenis pakan wajib untuk ayam ternak

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara ayam wajib tahu jenis pakan wajib untuk ayam ternak. Agar tidak salah dalam memberi makan.

Jenis pakan wajib untuk ayam ternak

Beberapa jenis pakan wajib untuk ayam ternak.

Dedak padi atau bekatul. Pakan ini diperoleh dari hasil olahan padi menjadi beras. Pembelian dan pemberian dedak ini harus cepat karena jika disimpan terlalu lama dedak akan menimbulkan bau tengik.

Dedak gandum atau Pollard. Cukup diberikan sekali seminggu saja karena jika diberikan terlalu sering bisa membuat ayam mencret.

Jagung. Makanan ini mengandung gizi cukup tinggi dan kandungan karbohidrat yang cukup untuk ayam. Jagung yang bisa dipakai adalah jagung kuning, merah dan putih. Namun jagung kuninglah yang terbaik. Cukup memberikan pakan ini 20% dari total pakan hariannya.

Tepung tulang. Cara membuatnya dengan merebus tulang, baik itu tulang ayam ataupun tulang unggas lainnya. Lalu dikeringkan dan digiling sampai halus. Cukup berikan 1% dari total pakan selama 1 hari.

Minyak atau lemak. Minyak ikan dicampurkan sedikit dengan pakan ayam bisa mempermudah metabolisme tubuh ayam.

Bungkil kacang kedelai. Sangrai dulu bungkil kacang kedele sebelum dicampur dengan pakan ayam yang lain. Cukup campur 10% dengan pakan yang lain.

Tepung ikan yang berasal dari kepala dan ekor ikan yang dihancurkan dan digiling halus.

Tepung bulu unggas. Bulu ayam dibersihkan dahulu, dimasak, dikeringkan baru digiling halus. Cukup mencampur 2% dari total pakan.

Tepung keong. Cuci keong lalu tambah garam agar lendir dan kotorannya hilang. Lalu rebus, buka cangkang lalu cuci lagi, potong tipis lalu jemur lagi hingga benar benar kering. Giling hingga jadi tepung. Lebih murah lagi kalau kamu sendiri yang membudidayakan keongnya karena perkembangannya cepat dan biayanya murah.

Pelet. Makanan ini sangat disukai ayam karena bisa meningkatkan nafsu makan.

beberapa Jenis pakan wajib untuk ayam ternak

Demikian informasi mengenai jenis pakan wajib untuk ayam ternak. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis penyakit yang biasa menyerang ayam.