Jenis luka pada hewan peliharaan dan cara menanganinya

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu jenis luka pada hewan peliharaan dan cara menanganinya.

Jenis luka pada hewan peliharaan dan cara menanganinya

Beberapa jenis luka pada hewan peliharaan dan cara menanganinya.

Luka tertutup. Luka yang tidak terlihat tetapi akan sakit jika disentuh. Biasanya luka pada organ dalam atau memar otot yang terlihat kebiruan dan ada bengkak.

Luka terbuka seperti luka tergores dan luka tertusuk. Jenis luka ini bisa dilihat dengan jelas.

Luka terkoyak yang biasanya muncul ketika berkelahi dengan binatang lain yang menggigitnya.

Luka irisan seperti terpotong akibat benda tajam.

Jika dibiarkan maka bisa terjadi hal dibawah ini

Radang, Gejalanya yaitu berwarna merah, panas, sakit, tidak bisa bergerak dan bengkak.

Radang disertai nanah (abses). Luka yang dibiarkan terbuka lama akan menyebabkan masuknya bakteri dan akan dilawan oleh sel pertahanan sehingga menimbulkan nanah. Ketika mulai bernanah, anda harus mengeluarkan nanah tersebut dari dalam tubuh secara keseluruhan dengan menggunakan alat steril. Ini dikarenakan agar nanah tidak terpendam dalah tubuh yang bisa mempengaruhi kesehatannya.

Luka membusuk. Luka akan mengalami pembusukan karena masuknya bakteri. Perkembangan bakteri akan semakin cepat ketika darah, cairan dan kondisi lembab di tempat tinggal hewan tersebut. Jika mulai membusuk akan terlihat hitam dan jaringan tubuh disekitarnya akan mati sehingga perlu diamputasi.

Luka berbelatung. Luka terbuka yang dihinggapi lalat yang meletakkan telurnya di luka tersebut. Telur lalat tersebut bisa berkembang menjadi belatung. Jika ini terjadi maka dokter hewan akan membersihkan luka dan memberikan cairan larvacida yang berfungsi membunuh belatung.

Cara penanganan pertama yaitu membersihkan luka, menutupnya dengan perban steril dan segera dibawa ke dokter hewan secepatnya.

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan dirumah yaitu:

Membersihkan luka dengan air hangat untuk mengurangi kontaminasi bakteri. Air hangat juga bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke luka semakin banyak yang bisa mempercepat kesembuhan luka.

Berikan obat luka khusus untuk kucing atau anjing atau bisa dengan memberi minyak zaitun murni. Minyak zaitun murni bisa membuat luka cepat kering dan mudah menutup.

Setelah memberikan minyak zaitun murni, oleskan sedikit madu. Madu ini berfungsi mencegah bakteri masuk ke luka dan bisa merangsang sel pertahanan untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan sehingga luka cepat sembuh. Selain itu madu juga bisa menekan peradangan dan mempercepat proses penghancuran sel mati agar diganti oleh sel baru.

Demikian informasi mengenai jenis luka pada hewan peliharaan dan cara menanganinya. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai ciri ciri kucing siap kawin dan cara mengawinkannya.