Jenis jenis burung Kakatua

Post On: May 14, 2015
By: Dhio

Jenis jenis burung kakatua cukup banyak. Terdapat 18 jenis burung kakatua yang termasuk dalam kelasnya burung nuri dan memiliki 35 subspesies. Di negara tetangga seperti Australia, burung kakatua adalah binatang langka dan dilindungi.

Jenis jenis burung kakatua di dunia.

1. Kakatua Jambul Kuning (Yellow-crested Cockatoo), jenis burung kakatua ini mampu hidup di tempat dengan ketinggian sampai dengan 1500 dpl. Jenis-jenis burung kakatua ini biasa hidup dalam kelompok kecil. Di Indonesia, habitat burung ini adalah di sulawesi, lombok, sumbawa,bali, flores, timor, maluku dan kepualauan-kepulauan di daerah timur Indonesia.
2. Kakatua putih (Cacatua alba) atau bahasa inggrisnya White Cockatoo. Jenis kakatua ini dapat menegakkan jambulnya seperti jenis-jenis burung kakatua lainnya ketika merasa terkejut, takut maupun gembira.  Burung kakatua putih merupakan burung asli Indonesia atau burung endemik Indonesia. Habitatnya di Indonesia berada di Maluku, Halmahera, Ternate, Tidore, Kasiruta, bacan dan kepulauan-kepulauan kecil disekitarnya.
3. Kakatua raja (Probosciger aterrimus) atau sering disebut juga dengan nama Kakatua Hitam. Kakatua raja memiliki bulu berwarna hitan, jambulnya juga hitam, paruh yang berwarna merah dan ukurannya besar dibandingkan ukuran burung kakatua lainnya yaitu mencapai 60 Cm. Sehingga kakatua raja merupakan burung kakatua terbesar di Indonesia. Burung kakatua raja bertempat tinggal hampir diseluruh pulau Papua. Selain di pulau Papua, burung kakatua raja juga bisa ditemukan di kepulauan aru, raja ampat dan pulau-pulau kecil di timur Indonesia. Selain di Indonesia, burung kakatua raja juga ada di Australia dan Papua New Guinea.

jenis jenis burung kakatua

Jenis Jenis burung kakatua yang dilindungi di Indonesia adalah :

1. Jenis jenis burung kakatua yang dilindungi pertama adalah Kakatua raja atau nama latinnya Probosciger aterrimus, Kakatua raja diketahui dengan warna bulunya yang hitam serta daerah paruh yang berwarna merah. Habitat kakatua raja yaitu di Papua dan juga Australia.

2. Kakatua tanimbar atau nama latinnya Cacatua goffini yang hanya terdapat di pulau Tanimbar, Maluku. Ukuran burung kakatua tanimbar yaitu 30 cm, jadi tidak terlalu berbeda dengan ukuran burung kakatua lainnya.

3. Kakatua koki atau nama latinnya Cacatua gallerita. Kakatua koki bisa berukuran 50 Cm, dan penyebaran burung kakatua koki ini ada di Pulau maluku dan Papua. Jenis burung kakatua yang ada di Indonesia kebanyakan jumlah populasinya menurun secara drastis karena perusakan hutan yang parah yang merusak habitat asli dari burung kakatua. Selain perusakan hutan, adanya pandangan beberapa masyarakat di Indonesia bahwa burung kakatua adalah tanaman hama pemakan jagung, diburu secara besar-besaran karena harga jualnya yang tinggi dan dipelihara secara masal untuk kemudian diperjual belikan.

4. Kakatua jambul kuning atau bahasa latinnya Cacatua sulphurea. Kakatua jambul kuning berhabitat asli di Sulawesi dan NTT. Panjang tubuh kakatua jambul kuning juga standar seperti burung kakatua lainnya yaitu 35 cm.

5. Jenis jenis burung kakatua yang dilindungi yang terakhir adalah Kakatua maluku atau nama latinnya Cacatua moluccensis. Burung kakatua ini berasal dari Maluku dengan ukuran tubuh maksimal 45 cm. Burung kakatua maluku ini memiliki warna merah pada bulu dan jambulnya. Meskipun daerah aslinya ada di Maluku, namun kini penyebarannya sudah sampai ke pulau Papua.

Seluruh jenis jenis burung kakatua jumlahnya sudah sangat berkurang yang disebabkan oleh perusakan besar-besaran terhadap hutan yang merupakan tempat tinggal alami burung kakatua, Perdagangan bebas burung kakatua, alih fungsi hutan dan juga kebakaran hutan juga menyebabkan penurunan populasi kakatua di habitatnya.

Untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di Tips memelihara burung kakatua.