Jenis-jenis Burung Beo

Post On: April 27, 2015
By: Dhio
In: Beo

Jenis-jenis burung beo persebarannya mulai dari asia selatan seperti india, himalaya, sumatera, jawa hingga ke filiphina. Di alam bebas, burung beo hidup di bukit-bukit, dataran rendah hingga ketinggian 2000 meter dpl.

Jenis-jenis burung beo adalah :
1. Beo Biasa atau nama latinnya Gracula religiosa
2. Beo Enggano atau nama latinnya Gracula enganensis,
3. Beo Nias atau nama latinnya Gracula robusta,
4. Beo Sri Lanka atau nama latinnya Gracula ptilogenys,
5. Beo Bastar atau nama latinnya Gracula religiosa peninsularis.
6. Beo Pulau Flores atau nama latin Gracula religiosa mertensii
7. Beo Kepulauan Batu dan Mentawai atau nama latinnya Gracula religiosa batuensis.
8. Beo Pulau Palawan atau nama latinnya Gracula religiosa palawanensis.
9. Beo Nikobar besar atau nama latinnya Gracula religiosa halibrecta Oberholser.

Di Indonesia ada banyak tempat habitat burung beo seperti di lampung, medan, nias, kepulauan batu dan kepulauan mentawai. Di habitat aslinya burung beo memakan buah yang tidak keras seperti pisang dan pepaya. Untuk serangga, burung beo memakan jangkrik dan capung.

jenis-jenis burung beo

jenis-jenis burung beo

Jenis-jenis burung beo Lengkap

Salah satu jenis burung beo yang paling terkenal di Indonesia adalah beo nias dengan nama latinnya Cracula Robusta. Sekarang jumlah burung beo nias sudah langka dan hampir punah karena kecantikan dan kemerduan suaranya, burung beo nias diburu secara membabi buta sehingga perlu dilindungi dan dilestarikan. Beruntungnya sudah ada undang-undang yang menyatakan bahwa burung beo nias adalah burung yang dilindungi sehingga siapa yang menangkapnya maka akan didenda dan dipenjarakan.

jenis burung beo
Untuk kamu yang ingin memelihara burung, apalagi burung-burung tertentu kamu harus melihat dulu peraturan pemerintah tentang jenis burung-burung apa saja yang tidak boleh dipelihara atau jenis-jenis burung beo apa saja yang boleh dipelihara. Selain beo nias, ada juga beo jawa yang penampilannya lebih kecil dibanding beo nias. Ukuran beo jawa maksimalnya mencapai 30 Cm sedangkan beo nias bisa mencapai 37 Cm.

Demikianlah jenis-jenis burung beo, untuk melihat tentang jenis-jenis burung peliharaan silahkan lihat di Home. untuk informasi berikutnya silahkan lihat di agar beo pintar bicara.