Jenis Habitat Murai Batu

Post On: April 12, 2015
By: Dhio
In: Murai

Bagi anda yang ingin memelihara murai batu maka harus tahu jenis habitat murai batu.

Beberapa jenis habitat murai batu.

Jenis Habitat Murai Batu di Indonesia dimulai dari murai batu medan.
Burung murai batu jenis ini lebih banyak digemari oleh banyak orang. Burung ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok terutama di bagian ekornya. Burung murai batu jenis ini memiliki ciri khas di bagian ekornya. murai batu jensi ini memiliki ekor yang tipis, lentur melengkung ke bawah, panjang 24-30 cm.
murai batu jenis ini memiliki ekor yang tipis, lentur melengkung ke bawah, panjang 27-30. murai batu medan memiliki variasi lagu kicauan indah & banyak, daya tempur. Harga bakalannya mahal, dan berasal dari pegunungan leuser, bahorok dan medan. murai batu medan memang paling populer dan paling banyak disukai kicaumania di Indonesia. hal inilah yang membuat harganya lebih tinggi daripada jenis murai batu yang lain.

ciri khas murai batu medan yaitu: postur badannya lebih besar , badan tegap, bentuk kepala bagus, ekornya panjang dan melengkung, warna hitam bulunya memiliki efek kebiruan saat terkena sinar, suara kicauannya bervariasi, dengan volume cukup keras. Istilah murai batu medan sebenarnya hanya merk dagang saja, sebab jika ditelusuri lebih lanjut, jenis ini didatangkan dari berbagai daerah seperti di Aceh, Pasaman, Padang Sidempuan dan bahkan dari Semenanjung Malaysia. Karena itulah sebagian besar murai batu medan yang beredar di pasaran sebenarnya berasal dari Aceh, dan sebagian lainnya dari Pasaman, Padang Sidempuan dan Malaysia.

2. murai batu nias.
jika menelisik ciri-cirinya, murai batu nias mempunyai ekor yang pekat di sepanjang ekornya dan memiliki panjang ekor 20-25 cm sehingga murai batu ini dijuluki sebagai murai batu ekor hitam. habitat asli dari murai batu nias adalah di hutan-hutan kepulauan nias sumatera utara. populasinya yang semakin berkurang membuat burung ini marak ditangkarkan oleh beberapa penangkar sekaligus penggemar burung murai batu. kelebihan murai batu nias adalah tingkat stresnya cukup rendah dan mempunyai mental yang tinggi daripada murai batu lainnya.

Murai batu Nias termasuk murai batu yang memiliki harga miring saat mereka masih bakalan atau tangkapan liar dari hutan. Namun pada kenyataannya mereka mampu menjuarai berbagai kontes yang diadakan, sehingga mampu mendongkrak harga jualnya menjadi sangat tinggi. Membicarakan kelebihan dari murai batu nias tidak perlu disangsikan lagi karena memiliki variasi kicauan yang cukup banyak dibanding murai batu jenis lain dan tingginya kemampuan meniru suara dari murai batu ini, hal ini dapat dibuktikan dari mudahnya murai batu Nias dalam mempelajari ragam kicauan yang didengarnya dan bisa dikuasai dengan cepat.

3. murai batu lahat
murai batu lahat merupakan salah satu burung murai batu dari sumatera yang digemari oleh penggemar. ciri-ciri murai batu lahat adalah mempunyai ekor yang panjangnya
19-23 cm, ekornya ada tipis dan tebal, variasi suara yang banyak, dan bermental bagus. murai batu jenis ini memiliki ekor yang panjang namun lebih pendek dari ekor murai batu medan.

Jenis Habitat Murai Batu

4. murai batu lampung
mempunyai ekor pendek 12-18 cm dan umumnya kaku. jenis murai batu ini memiliki kemampuan bertarung yang bagus. jika perawatannya benar, mentalnya bisa sangat bagus. variasi suara dasar cenderung mengulang-ulang suara yang sama, perlu pemasteran yang baik untuk menutupi kelemahannya. kelebihan yang menonjol saat bertanding, mempunyai stamina yang baik (tidak mudah lelah) dalam melantunkan irama dalam waktu lama.. gaya bertarungnya tidak seindah murai batu ekor panjang yang bisa mencambuk ekornya. tapi harganya kalau sudah sering menang kontes tidak kalah dengan murai batu lainnya. habitatnya di sekitar hutan lampung, baturaja hingga ke arah palembang.
Di daerah asalnya, yaitu hutan-hutan di wilayah Lampung dan sekitarnya (Krakatau), sebenarnya sudah sangat jarang ditemukan burung murai batu khas daerah ini. Hal ini antara lain karena maraknya kasus alihfungsi hutan menjadi kawasan perkebunan dan permukiman penduduk. Meski murai batu bukan termasuk burung migrant, apalagi pindah dari lokasi satu ke lokasi lain yang jaraknya jauh, tetapi kemungkinan perpindahan lokasi akibat kerusakan habitat masih tetap ada. ciri-ciri murai batu lampung antara lain: postur tubuhnya relatif kecil, kalau berbunyi tidak seperti murai batu borneo yang menggembungkan bulu-bulunya. ada beberapa individu yang pada awal buka suara mengembungkan bulu-bulunya, tapi setelah itu kembali normal.

5. murai batu aceh
karakteristiknya adalah : memiliki ukuran tubuh yang relatif lebih kecil dibandingkan dengan murai batu yang memiliki ekor putih, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga lebih mudah untuk dipelihara, murai batu ekor hitam lebih cepat pandai berkicau dibanding murai ekor putih, ukuran ekor bervariasi dari pendek(10-12 cm) hingga sedang(14-16). kemampuan berkicau murai ekor hitam memang tidak sebagus murai batu ekor putih. sehingga jenis murai batu jenis ini kalah dominan oleh murai batu ekor putih di berbagai ajang kontes burung berkicau. hal ini menyebabkan harga jual burung murai batu ekor hitam cenderung lebih murah daripada murai batu ekor hitam. Jenis murai batu yang ditemui di Aceh memiliki tipe yang seragam dengan tipe murai batu yang ditemukan di beberapa wilayah sekitarnya. Seperti Nias, Kepulauan Mentawai dan hamper semua pulau-pulau kecil yang ada di pantai barat pulau Sumatera. Salah satu spesies murai batu yang bisa ditemukan di Aceh khususunya di daerah pulau Simeulue yaitu murai batu ekor hitam.

6. murai batu borneo (kalimantan)
ciri khasnya adalah mengembangkan dadanya saat berkicau, umumnya mempunyai ciri fisik dengan ekor pendek sekitar 13cm, dan badan berukuran sedang. gaya bertarung burung murai batu jenis ini umumnya pada saat berkicau diam  di tenggeran dengan menggerakkan kepalanya naik turun. murai batu kalimantan umumnya memiliki mental bertarung yang bagus, tetapi variasi lagu yang dikeluarkan sedikit.

Pemberian nama burung sesuai dengan habitat seperti jenis murai batu tentulah tidak sama dengan jenis-jenis burung peliharaan lainnya yang bisa dilihat di home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di memilih bakalan murai batu.