Jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing sehingga bisa mengambil langkah pencegahan dan pengobatan yang tepat.

Jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing

Beberapa jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing.

Cacing pita

Kucing yang terdapat cacing pita di tubuhnya akan mengalami mencret serta bercak darah. Cacing pita ini bisa menyebabkan kucing kurang gizi, infeksi usus, serta masalah pada pencernaan lainnya. Cacing pita ini hidup dengan menghisap zat makanan dan darah di pencernaan usus kucing. Cara menanggulanginya adalah dengan rutin memberikan obat cacing pada kucing setiap 3 bulan sekali.

Cacing gelang

Cacing yang paling sering ada di tubuh kucing adalah cacing toxascaris leonina dan toxacara cati. Cacing gelang ini berbentuk seperti tali tambang yang mana bentuk kepala dan ekor lebih kecil dari perutnya.

Cacing jenis ini sangat berbahaya karena akan mengakibatkan berat badan turun drastis tapi mengalami buncit pada perut.

Cara menanganinya yaitu dengan membawa ke dokter hewan dan pemberian obat cacing secara teratur sesuai anjuran dokter hewan.

beberapa Jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing

Ciri ciri dan tanda kucing peliharaan terkena cacingan

 

  1. Badan kurus tapi perut membuncit

Badan, tangan dan kakinya kurus tetapi perutnya buncit. Solusinya adalah dengan memberikan obat cacing dengan dosis yang tepat.

  1. Minum berlebihan

Kucing lebih sering minum dibandingkan makan. Kucing bisa minum setiap jam, ini menandakan kucing anda sedang cacingan. Beri obat cacing dengan segera.

  1. Sering Muntah dan mengeluarkan cacing kecil.

Tidak jarang juga kucing muntah sambil mengeluarkan cacing gelang ataupun cacing tambang yang cukup besar dan panjang.

  1. Kotoran berwarna putih
  2. Kotoran ada cacing

Yang penting diketahui adalah jangan pernah memberikan obat cacing pada kucing hamil karena bisa membuatnya keguguran.

Demikian informasi mengenai jenis cacing yang sering menyerang pencernaan kucing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis obat cacing yang tepat untuk kucing peliharaan.