Jenis Burung Parkit di Dunia

Post On: May 4, 2015
By: Dhio
In: Parkit

Jenis burung parkit hanya ada dua yaitu :
1.Parkit Biasa atau bahasa latinnya Psittacula Alexandri merupakan jenis burung parkit yang tersebar luas dan bisa hidup di berbagai bentuk geografis (hampir terdapat di seluruh benua).
2.Parkit Carolina atau bahasa lainnya Conuropsis Carolinensis adalah jenis burung parkit yang berasal dari benua Amerika.

Jenis burung parkit baik parkit biasa.

ataupun parkit carolina warnanya sama cuman ada beberapa bentuk fisik yang berbeda. Warna yang dimiliki parkit sekarang ini mencapai 50 warna yang disebabkan perkawinan silang yang terjadi secara alami ataupun yang dijodohkan oleh manusia. Dari sekian banyak warna burung parkit yang ada hanya dikelompokkan dalam parkit yang berwarna hitam dan berwarna merah. Burung parkit yang berwarna hitam adalah burung parkit yang didominasi warna hitam di tubuhnya, sedangkan parkit merah memiliki banyak warna di tubuhnya seperti putih, kuning atau campuran beberapa warna.

jenis burung parkit

Untuk gejala penyakit jenis burung parkit maka kamu harus perhatikan hal-hal dibawah ini.
1. Burung parkit yang lesu, tidak bersemangat, tidak berkicau seperti biasanya dan berkurangnya nafsu makan.
2. Lihat ketika bersin, jika ada yang keluar dari hidungnya berarti burung parkit kamu sakit.
3. Lihat perubahan warna mata atau terjadi bengkak di sekitar mata.
4. Terjadi kerontokan lain dari biasanya yaitu bulu yang rontok dalam jumlah banyak dalam satu waktu.
5. Hal yang paling gampang untuk diamati yaitu perubahan warna dan bau kotorannya. Jika kotorannya mendadak encer dan berbau busuk berarti burung parkit kamu sedang mengalami sakit.
6. Ada benjolan atau bengkak di badan nya seperti kaki atau di bagian tubuh lainnya.

Jenis burung parkit juga bisa dilatih untuk menirukan berbagai suara, cara yang bisa kamu gunakan untuk melatihnya adalah :
1. Akan lebih mudah jika kamu merawat burung parkit dan melatihnya pada saat masih anak-anak. Karena semakin muda usia maka lebih mudah untuk mengajarkannya.

2. Letakkan kandang di tempat yang tidak terlalu ramai atau bising atau di tempat yang terlalu sepi. Usahakan penempatan kandang di tempat tenang tapi masih ada orang yang lewat. Cara ini dimaksudkan agar burung parkit menjadi terbiasa dengan kehadiran orang dan lebih mudah untuk menjinakkannya.

3. Cara mengajari satu kata yang mudah misalnya “hai”. Ucapkan kata “hai” secara berulang-ulang dan jelas. Usahakan agar burung parkit menguasai satu kata baru lanjut ke kata yang lain. Jangan mengajari beberapa kata sekaligus.

4. Setelah burung parkit kamu bisa mengucapkan beberapa kata, maka langkah selanjutnya yaitu merangkai kata kata yang sudah dikuasainya misalnya burung parkit sudah menguasai kata “Itu”, “tuan” dan “saya”. Jadi kamu mengulang kata-kata gabungannya seperti “itu tuan saya” secara berulang-ulang.

5. Untuk mempermudah penghapalan burung parkit terhadap suatu kalimat atau kata, gabungkan gerakan tertentu ketika kamu mengucapkan sesuatu. Misalnya jika kamu menunjuk ke wajahmu, ucapkan “itu tuan saya”. Jadi setiap kamu menunjuk wajahmu maka burung parkit kamu akan berkata “itu tuan saya”.

6. Terus latih kata-kata yang sudah dikuasainya supaya burung parkit peliharaan kamu tidak lupa dengan kata-kata yang sudah kamu latih.

Demikianlah jenis burung parkit yang bisa kamu ketahui, untuk mengetahui jenis-jenis burung lainnya silahkan lihat di Home. Untuk melihat informasi berikutnya silahkan lihat di menjinakkan burung parkit.