Informasi mengenai kakatua raja

Post On: May 9, 2016
By: Dhio

Karakteristik Kakatua Raja

Kakatua Raja bertubuh besar dengan panjang tubuh mencapai antara 51-64 cm. Bulunya berwarna hitam, jambul berwana hitam, dan pipi berwarna merah. Jambul ini bisa berdiri dibuat oleh burung ini. Ukuran paruhnya besar dan panjang (paruh burung betina lebih kecil) yang berwarna kehitaman. Lidahnya berwarna merah dengan ujungnya sedikit hitam. Sedangkan warna pada lingkar mata burung ini berwarna hitam, matanya berwarna coklat gelap dan kaki abu-abu. Makanan utama burung ini adalah biji-bijian yang besar dan keras, selain memakan buah dan tunas daun.

karakteristik kakatua raja

Habitat dan persebaran burung kakatua raja

Kakatua Raja adalah burung asli Indonesia yang mendiami seluruh pulau Papua. Burung kakatua raja juga dijumpai di kepulauan Aru, pulau Misool (Kepulauan Raja Ampat) dan beberapa pulau kecil lainnya. Burung ini juga bisa dijumpai di Australia dan Papua New Guinea.

Burung Kakatua Raja memiliki habitat hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan meranggas, hutan sekunder, hingga kawasan tepi hutan hingga ketinggian 1.300 meter dpl. Populasi secara global diseluruh dunia belum dapat dipastikan. Namun diperkirakan masih terdapat cukup banyak yang hidup di alam liar. Untuk subspesies seperti Probosciger aterrimus macgillivrayi diperkirakan memiliki populasi yang stabil dijumlah 3.000-an ekor burung kakatua raja dewasa. Karena itu organisasi internasional seperti International Union for Conservation of Nature dalam IUCN red list hanya memasukkan burung kakatua raja sebagai spesies Least Concern. Sedangkan organisasi dunia lainnya seperti Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) memasukkannya dalam daftar Appendix I sejak 22 Oktober 1987.

Di Indonesia, Burung kakatua raja merupakan salah satu burung yang dilindungi yang berasaskan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999.

habitat kakatua raja

Klasifikasi Ilmiah Burung Kakatua Raja

Kerajaan: Animalia. Filum: Chordata. Kelas: Aves. Ordo: Psittaciformes. Famili: Cacatuidae. Genus: Probosciger. Spesies: Proboscigeraterrimus

Demikian informasi mengenai kakatua raja, untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tips memilih kolibri ninja jantan.