Ikan layaran kuning yang cantik

Post On: December 3, 2015
By: Dhio

Ikan layaran kuning gemar sekali berenang diantara terumbu karang. Tubuhnya yang pipih dan berwarna kuning emas sangatlah menarik, dengan loreng putih hitam yang lebar. Bentuk tubuhnya pipih cenderung segitiga, kepalanya cekung dan mulutnya monyong. Pada sisi tubuh yang pipih terdapat garis hitam melintang, berselang-seling dengan garis putih yang lebar. Sirip panggung dan ekornya kuning. Tapi pada sirip punggung utama, dari keempatnya tumbuh memanjang membentuk filamen (garis benang tipis lebar yang panjang) mirip layar terkembang. Warna putih ini berlanjut ke sisi tubuh dan melebar, dari sirip dada hingga sirip perut. Ikan layaran kuning yang cantik ini bernama latin Heniochus Acuminatus ini oleh penggemarnya di Indonesia diberi nama ikan layaran kuning. Diberi nama demikian karena bentuk duri sirip punggungnya yang mirip layar terkembang.

ikan layaran kuning bagus

Membedakan jenis kelamin ikan layaran kuning.

Di alam bebas, ikan ini hidup di laut yang berterumbu karang. Baik di perairan pantai, maupun lepas pantai. Biasanya hidup sendiri-sendiri, berpasangan atau berkelompok dalam jumlah kecil. Ikan layaran kuning dewasa memiliki ukuran mencapai 20 Cm, dan tak jarang ditangkapi nelayan untuk dijadikan ikan konsumsi.

Sebagai calon penghuni akuarium, banyak penggemar menyukai ikan layaran kuning yang cantik ini memelihara yang ukurannya 10 Cm saja, agar bisa ditaruh dalam ukuran akuarium sedang. Ikan jantan bisa dibedakan dari betinanya, dengan mengamati bentuk mukanya. Diantara kedua mata ikan jantan terdapat semacam tanduk sebanyak 2 buah. Sedang pada ikan betina, tanduknya cuma berupa duri kecil saja yang sangat keras. Ikan muda sulit dibedakan jenis kelaminnya, karena pada jidatnya belum tumbuh tonjolan atau duri, dan pada duri punggung keempatnya belum tumbuh filamen yang memanjang.

ikan layaran kuning cantik

Akuarium untuk ikan layaran kuning yang cantik ini harus berukuran cukup luas. Dikarenakan bentuk tubuhnya yang pipih lebar, dan sirip punggungnya yang merentang panjang, ikan ini membutuhkan tempat yang cukup luas untuk bergerak dalam akuarium. Ia gemar sekali berenang diantara sela-sela karang yang tajam, atau hilir mudik di ruang yang lebih terbuka. Pemeliharaannya bisa dicampur dengan ikan-ikan lain yang masih sama-sama penghuni terumbu karang. Seperti Scorpio, letter six, keling dan lain-lain. Penampilannya nyaris sangat menonjol, karena kibaran filamen pada sirip punggungnya mirip layar.

Ikan layaran bisa hidup sehat dipelihara dalam akuarium, kalau air laut yang dipergunakan berkadar garam 25-30 permil dan bersuhu 25-26 derajat celcius dan mendapat banyak cahaya, terutama cahaya matahari. Kebutuhan cahaya matahari bisa diganti dengan cahaya lampu neon. Persyaratan lain, dasar akuarium diberi lapisan gravel (pasir atau karang-karang kecil) dan dilengkapi pompa udara untuk mengatur sirkulasi air dan memenuhi kebutuhan zat asam. Kalau akuariumnya gundul atau tidak ada bunga karang yang hidup, kotoran yang mengendap harus sering disedot keluar dengan pompa penghisap kotoran. Kecuali kalau dipasang filter.

ikan layaran kuning

Ikan ini menggemari jasad renik hidup, terutama yang menempel di batu karang atau tumbuhan laut lainnya untuk disantap menjadi makanan. Tapi para penggemar lebih suka memberinya makanan hidup berupa rebon, kutu air dan cacing sutera. Dan ternyata ikan ini menyukainya. Sekarang rata-rata harga ikan layaran kuning yang cantik ini dijual dengan harga Rp. 100.000 per ekornya.

Demikianlah penjelasan tentang ikan layaran kuning, untuk melihat jenis-jenis peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di cara merawat insang arwana.