ikan hias kolam yang mudah dipelihara

Post On: May 16, 2016
By: Dhio

Ikan hias kolam yang cantik adalah ikan hias yang enak untuk dilihat dalam kolam dengan memandang dari atas (top view) karena tidak  semua ikan bisa terlihat bagus jika sudah masuk kekolam meskipun saat didalam aquarium ikan tersebut terlihat bagus dan menarik.

Jenis ikan hias kolam yang bagus

Jenis ikan hias kolam yang pertama yaitu ikan koi

Ikan koi adalah jenis ikan yang paling banyak dipelihara di dalam kolam karena warna dan bentuk ikan koi akan lebih kelihatan menarik jika dilihat dari bagian atasnya.

 ikan hias kolam yang mudah dipelihara

IKAN KOMET

Ikan komet adalah ikan yang terlihat sepintas seperti anak ikan koi hanya saja ukuran ikan komet tidak menyamai ikan koi yang bisa  bertumbuh hingga ukuran 90cm lebih. Ukuran maksimal ikan komet hanyalah mencapai ukuran sekitar 20cm. Warna yang dimiliki ikan komet  cukup menarik karena ada perpaduan warna merah dan putih, sebagian ada juga  yang berwarna orange, dan ada juga yang berwarna three colors. Ikan komet yang berwarna three colors atau tiga warna biasa disebut dengan ikan komet calico seperti halnya ikan koki. Ekor ikan komet cukup panjang sehingga akan terlihat indah dan menawan saat didalam kolam. Selain itu harga ikan komet hanya sekitar Rp.10.000 per ekor di pasaran.

 Jenis ikan hias kolam yang ketiga yaitu ikan wakin

Ikan wakin adalah ikan yang memiliki bentuk badan seperti ikan komet, hanya saja ekor atau buntutnya berbeda. Ikan wakin ini ekornya seperti ikan koki ranchu namun agak mekar kesamping. Ikan wakin memiliki warna merah dan putih di seluruh tubuhnya. Gerakan ikan ini  sangat gesit dan agresif. Jika dipelihara didalam kolam maka ikan ini akan terlihat seperti anakan ikan koi yang memiliki ekor seperti ikan koki. Ukuran maksimal ikan wakin sama dengan ikan komet berkisar antara 20 cm. Ikan wakin ini bisa dipelihara bersama ikan koi dan ikan komet didalam kolam, namun ditakutkan jika ikan koinya terlalu besar ukurannya maka ikan wakin tidak dapat jatah makan yang cukup.

ikan hias kolam yang murah perawatannya

IKAN KUMPAI

Ikan kumpai memang mirip seperti ikan koi, hanya saja ekor kumpai lebih panjang dan lebih molek seperti ikan komet. Bisa dikatakan bahwa  ikan kumpai adalah versi jumbonya ikan komet meskipun bukan jenis yang sama. Ikan kumpai tidak memiliki warna yang sebagus ikan koi, biasanya ikan kumpai hanya memiliki satu warna. Misalnya hanya warna kuning, putih, dan orange. Jarang ada yang menjual ikan kumpai yang berwarna merah putih seperti ikan koi. Untuk harga ikan ini biasanya lebih murah dibandingkan harga ikan koi, tergantung kualitas ikan itu tersendiri. Ikan jenis ini juga bisa tumbuh besar seperti ikan koi, hanya saja untuk ukuran maksimalnya sekitar 60-70 cm.

ikan hias kolam yang cukup mudah dipelihara

Jenis ikan hias kolam yang kelima yaitu ikan koki

Ikan koki memang sering dipelihara di kolam. Dari begitu banyak jenis ikan koki, ikan koki jenis butterfly tail dan broadtail yang paling indah buntutnya jika dipelihara didalam kolam.

 Demikian informasi mengenai ikan hias kolam yang mudah dipelihara. Untuk mengetahui artikel berikutnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai berbagai jenis ikan hias lohan.