Hobi memelihara lovebird di Indonesia

Post On: November 17, 2015
By: Dhio

Hobi memelihara lovebird memang sangat digandrungi sekarang ini. Keindahan memelihara burung lovebird bisa didapatkan ketika memelihara jenis burung lucu ini. Lovebird memiliki warna-warni bulunya yang mempesona. Lantunan kicauannya enak didengar.

Tak ayal harga seekornya bisa mencapai di atas puluhan juta rupiah. Hebatnya burung cerewet ini bisa ditangkarkan di Indonesia sehingga bisa dibuat sebagai mesin pencetak uang. Hobi memelihara lovebird karena keindahan warna bulunya dan suara yang dilantunkan dari lovebird ternyata bisa menjadi komoditi yang menantang sebagai ekonomi kreatif di era kondisi perekonomian negara kita yang tidak stabil. Dengan perawakan dan postur tubuhnya sekilas mirip parkit. Namun hobi memelihara lovebird juga bisa karena kicauannya yang khas.

Hobi memelihara lovebird di Indonesia

Hobi memelihara lovebird yang meningkat peminatnya

Di Indonesia, hobi memelihara lovebird meningkat. Terlebih setelah dibuka kelas khusus lovebird di kontes burung berkicau. Apalagi pada kondisi sekarang ini, kebanyakan penghobi menjadikan lovebird sebagai master burung yang dilombakan yang memiliki suara dasar trecetan panjang seperti cendet dan jenis lain yang memiliki suara menghentak-hentak keras. Sebenarnya keindahan memelihara burung lovebird yang kita rasakan sekarang berawal dari bulan Desember 1998. Itulah pertama kali lovebird dilombakan dengan dibukanya kelas sendiri. Sejak menjadi kontestan lomba, banyak penghobi berkreatif melengkapi suara yang dilantunkan dengan cara memaster. Padahal, awalnya hanya sebagai burung master bagi burung burung lomba jenis lainnya karena burung lovebird tergolong burung cerdas. Cara pemasteran juga mudah. Tak perlu sarana penyekat dari burung pemasternya.

Kelebihan inilah yang menjadikan para penghobi maupun pelomba memilih lovebird sebagai burung master maupun untuk dilombakan. Tapi itu dulu. Sekarang burung romantis dan cerewet ini malah menjadi objek pemasaran dan ternak selain dilombakan. Bagi penghobi biasa, burung lovebird memang menarik diamati karena penamilan warnanya yang sangat beragam. Berbeda warna menunjukkan deskripsi jenis tertentu, termasuk pembedaan jantan dan betina. Keindahan memelihara burung lovebird juga membuat banyak orang awam atau pecinta burung untuk mengoleksi burung lovebird. Yang menarik, ada yang memiliki warna merah oranye pada bagian kening dan muka. Warna biru terang terdapat pada bagian pantat dan warna hitam pada bagian bulu terbang dan penutup sayap. Bulu penutup sayap berwarna hijau dengan bagian tepi kekuningan. Bagian muka dan kening yang merupakan ciri khas jenis ini pada burung betina berwarna lebih oranye, tidak merah.

Hobi memelihara lovebird

Keindahan memelihara burung lovebird yang paling menarik adalah lovebird kacamata. Lovebird kacamata yang memiliki lingkaran putih di seputar mata. Lovebird yang termasuk dalam kelompok ini umumnya tubuh berwarna hijau, kening berwarna merah atau coklat mendekati hitam, bagian kerongkongan dan dada samar-samar berwarna oranye. Burung yang berasal dari daratan afrika ini, kini mulai banyak diternak oleh kalangan penghobi ini terdapat dua jenis yaitu lovebird kacamata Masked Lovebird (agopornis personata) dan lovebird polos fisher’s lovebird (agopornis fisher).

Keindahan memelihara burung lovebird ini juga bukan burung rewel. Dibanding dengan merawat burung berkicau lain terutama jenis burung yang biasa ikut dilombakan, tata cara merawat lovebird jauh lebih gampang. Burung cantik ini memiliki daya tahan tubuh cukup bagus dan tidak perlu terlalu dimanjakan. Cuma ada satu hal yang perlu diperhatikan dan dihindari, yakni burung berparuh bengkok ini jangan sampai terkena terpaan angin keras. Jika terkena hembusan angin secara langsung berakibat burung tersebut bisa stress dan sakit. Jangan lupa memberi vitamin 2 minggu sekali.

Hobi memelihara lovebird yang meningkat

Demikianlah informasi mengenai hobi memelihara lovebird. Untuk informasi mengenai jenis jenis binatang peliharaan bisa dilihat di Home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di ragam jenis burung lovebird.