Hal yang perlu diketahui tentang flu kucing

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu hal yang perlu diketahui tentang flu kucing.

Hal yang perlu diketahui tentang flu kucing

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang flu kucing.

Flu kucing disebabkan oleh bakteri chlamydia psitacii atau chlamydaphila felis. Bakteri ini banyak terdapat di populasi kucing padat dan tingkat kebersihan rendah.

Bakteri ini sering menyerang anak kucing yang berusia 2 minggu hingga 6 bulan. Karena pada umur tersebut antibodi anak kucing masih rendah yang menyebabkannya mudah terkena penyakit.

Flu kucing bisa menular dari satu kucing ke kucing lainnya. Penularan ini akan terjadi dengan cepat jika terdapat banyak kucing dalam rumah.

Manusia juga bisa menularkan flu ke kucing. Oleh karena itu perlu mencuci tangan sebelum dan sesudah memegang kucing.

Benda benda yang ada kontak dengan kucing yang menderita flu kucing juga bisa menjadi tempat penularan flu kucing. Sehingga anda perlu membersihkan dengan cepat benda yang ada kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi.

Bisa menyebabkan bengkak dan radang di mata. Bisa dilihat dengan mata yang berwarna merah, banyak kotoran mata dan sedikit bengkak. Bakteri ini bisa membuat mata menjadi gatal sehingga kucing menggaruk matanya sehingga bisa membuat luka dalam yang apabila dibiarkan terus bisa menyebabkan kebutaan.

Gejala kucing yang terkena penyakit ini yaitu kucing mulai batuk, bersin dan mengeluarkan ingus. Nafsu makan menurun dan membuat badan kucing menjadi demam. Gejala gejala tersebut bisa timbul 3 hari setelah infeksi.

Penyakit ini bisa disembuhkan ketika anda segera melihat gejalanya dan langsung membawanya ke dokter hewan. Setelah dirawat dokter hewan, anda perlu memberikan makanan yang bertekstur lembut, bau menyengat, dalam keadaan hangat sehingga bisa meningkatkan nafsu makan. Kompres matanya dengan air hangat agar tidak ada kotoran yang menutup matanya.

Cara mencegah yang bisa anda lakukan yaitu dengan vaksinasi yang bisa diberikan ketika kucing berusia 2 bulan dan terus diberikan setiap tahun selama hidupnya.

Menjaga kebersihan kandang dan tempat kucing sering bermain. Penting untuk tidak meletakkan beberapa kucing dalam kandang yang sama, pisahkan setiap kucing dengan kandang yang berbeda. Untuk mencegah penularan penyakit.

Anda selalu cuci tangan sebelum dan sesudah memegang kucing.

beberapa Hal yang perlu diketahui tentang flu kucing

Demikian informasi mengenai Hal yang perlu diketahui tentang flu kucing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab dan cara mencegah penyakit batuk pada anjing.