Hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik anjing harus tahu hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing. Istemper adalah penyakit yang menginfeksi saluran pernapasan tetapi juga sistem syaraf dan kulit.

Jika anda mendapati anjing anda mengeluarkan lendir berwarna hijau dari hidungnya berarti ia juga dinfeksi bakteri. Salah satu gejala penyakit distemper ini adalah telapak kaki dan hidung yang menjadi kaku dan tebal. Selain itu anda juga bisa melihat anjing anda Lemas, tidak nafsu makan, mata keluar kotoran, bengkak, pada induk hamil bisa menyebabkan keguguran, diare, muntah, demam (3-6 hari) setelah infeksi

Perlu diketahui bahwa distemper bisa menular lewat udara sehingga ada kemungkinan besar anjing yang ada di sekitarnya akan tertular juga. Selain itu virus dari penyakit ini bisa menular lewat kontak dengan cairan tubuh seperti air liur, urin, darah, atau feses.

Anjing yang berusia kurang dari 1 tahun sangat rentan tertular penyakit ini dikarenakan sistem daya tahan tubuhnya yang masih lemah. Sehingga perlu diberikan vaksinasi untuk meningkatkan jumlah antibodi dalam tubuh.

beberapa Hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing.

Berikan makanan yang mengandung nutrisi seimbang dan anda harus memaksa makanan masuk agar dehidrasi danĀ  radang lambung tidak memperparah kondisi anjing. Kalau perlu tambahkan air kaldu, madu atau sari kurma untuk mempercepat kesembuhan.

Berikan tempat tidur hangat dan nyaman. Beri lampu dan alasi dengan alas koran karena mungkin anjing buang kotoran ditempat karena tidak kuat mengangkat tubuhnya. Anda harus rajin membersihkan tempat tidurnya dan mengganti dengan alas yang baru untuk menjaga kebersihannya.

Berikan obat yang sudah dianjurkan dokter hewan.

Tempatkan anjing di tempat yang cukup luas dan tidak ada benda. Ini dikarenakan agar benda tersebut tidak melukai anjing jika terjadi kejang mendadak. Jika anda memiliki anjing lain, maka segera isolasi anjing yang terinfeksi agar tidak menular ke anjing lain.

Beri vaksin lagi untuk meningkatkan kekuatan daya tahan tubuhnya terhadap penyakit.

Jaga juga ventilasi dan sirkulasi udara yang cukup agar ruangan tidak lembab.

Jika anda membawa anjing anda ke dokter hewan saat anda melihat gejalanya tentu akan semakin cepat sembuhnya. Namun anda menunda nunda maka akan semakin sulit dan semakin lama proses kesembuhannya.

Hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing

Demikian informasi mengenai Hal yang perlu diketahui tentang distemper pada anjing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyebab anjing dan kucing yang keracunan dan cara mencegahnya.