Gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan

Post On: November 10, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik binatang peliharaan khususnya anjing dan kucing harus tahu gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan supaya bisa memberikan pertolongan yang tepat.

Gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan

Beberapa gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan

Gatal. Gatal muncul sebagai perlawanan tubuh karena mendeteksi adanya allergen (pemicu alergi) sehingga memperlihatkan reaksi gatal. Jika dibiarkan maka gatal yang berkepanjangan akan menyebabkan hewan stress sehingga nafsu makan menurun serta menyebabkan malnutrisi.

Radang. Peradangan bisa terjadi pada kulit yang terlalu lama mengalami gatal. Ini berciri seperti warna merah, bengkak, panas (karena peningkatan vaskularisasi pembuluh darah), dan rasa sakit. Peradangan ini semakin parah jika hewan menggaruk dengan sangat eksesif. Tidak sedikit peradangan yang diikuti adanya nanah akibat infeksi bakteri.

Kebotakan. Setelah mengalami peradangan maka bulu yang ada didaerah peradangan akan menjadi mudah rontok dan kebotakan. Biasanya terjadi di bagian kaki, muka, telinga, paha dalam dan perut. Jika sampai terjadi kebotakan maka perlu dibawa ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Kulit berkerak. Ini karena infeksi yang disebabkan tungau scabies. Kulit berkerak ini adalah bagian kulit yang mati.

Akan ada luka berbentuk cincin. Ini disebabkan jamur yang bersifat sangat gatal.

Perlu diketahui bahwa penyakit kulit pada hewan peliharaan dapat menular pula ke manusia. Jadi selalu cuci tangan baik sebelum atau sesudah menyentuh hewan peliharaan anda. Jaga terus kesehatan dan pikiran anda agar tidak menurunkan daya tahan tubuh anda.

beberapa Gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan

Demikian informasi mengenai Gejala penyakit kulit pada binatang peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara memilih pasir poop untuk kucing peliharaan.