Gangguan Kesehatan Burung Kenari

Post On: March 30, 2015
By: Dhio
In: Kenari

Gangguan Kesehatan Burung Kenari adalah hal yang para hobis ketahui, gangguan ini mungkin terjadi karena beberapa hal seperti :

Gangguan pencernaan. penyebab : menu pakan kurang baik seperti berjamur, tercemar kotoran dan telah busuk, jangan memberi serat kasar seperti kangkung dan daun singkong, karena kenari kurang mampu mencernanya dengan baik.

pencegahannya : harus dijaga kualitasnya. tanda gangguan pencernaan tersebt yaitu kotorannya encer seperti mencret.

pengobatan yaitu dengan :

* kenari dipisahkan dari burung lain kemudian dimasukkan ke dalam sangkar khusus untuk kenari yang sakit

* kenari sebaiknya tidak dimandikan atau dijemur, dihindarkan dari hembusan angin, diberi pakan biji lobak lebih banyak daripada biasanya, dan diberi campuran biji kenari.

* berikan suasana hangat dalam sangkar kenari, bilamana perlu diberi lampu listrik dengan daya yang paling kecil sekadar membuat hangat. pemberian lampu juga dapat merangsang saraf-saraf untuk bereaksi sehingga mempercepat penyembuhannya, terangnya lampu memudahkan burung menemukan tempat pakan dan membuat burung lebih tenang.

* sangkar ditutup dengan kain tipis tembus pandang (kain untuk kelambu), tetapi lampu di dalamnya tetap dihidupkan.

* kenari diberi obat, misalnya Marvel Aid atau obat sejenis yang mengandung antibiotik hingga sembuh.

Gangguan kesehatan burung kenari yang sering membuat hobiis jengkel yaitu radang tenggorokan.

radang tenggorokan : penyakit radang tenggorokan sangat mempengaruhi pita suara sehingga kenari menjadi parau atau serak. akibat lebih lanjut, pita suara akan rusak dan kenari tidak dapat berkicau lagi.

penyebab gangguan kesehatan burung kenari yaitu radang tenggorokan adalah burung dijemur terlalu lama sehingga burung kepanasan (cukup 15-30 menit saja), kurang diberi minum yang bersih ( setelah dijemur beri dulu buah-buahan yang memiliki banyak air seperti melon atau anggur, setelah itu baru masukkan air minum), kenari berkicau terus-menerus karena melihat burung baru atau burung lain sejenisnya berada di dekatnya ( kenari, terutama yang telah cukup terlatih, jangan dibiarkan berkicau terus menerus, sangkar ditutupi sehingga bila berkicau, tidak terlalu lantang dan kicauannya sangat terbatas pada irama panggilan.

tanda-tanda gangguan : tanda-tanda burung sakit tenggorokan mudah dipahami. burung kesulitan dalam berkicau dan tampak kesulitan makan. akibat lebih parah, kicauan burung tidak seperti biasanya. gerakan lehernya seperti umumnya kenari yang sedang berkicau, tetapi suaranya tidak bisa didengar.

pengobatan : diberi pakan buatan yang mengandung protein tinggi atau susu bubuk agar jaringan tubuh yang rusak cepat kembali normal, obat yang mengandung antibiotik bisa diberikan dalam minumannya. sebaiknya kenari tidak dijemur dahulu, cukup dimandikan kemudian sangkarnya dijemur. pemberian pakan biji dibatasi jumlahnya dan dicampur dengan madu. upayakan kenari yang terkena radang tenggorokan dipisahkan dari burung lain agar kenari yang tenggorokannya sakit tidak terpancing untuk berkicau.

Gangguan Kesehatan Burung Kenari berikutnya adalah kelumpuhan

kelumpuhan bisa menyerang kenari. para hobiis biasanya kesulitan menyembuhkannya dan lebih sering pasrah dengan membiarkan burung bersangkutan mati. akan tetapi, bukan berarti kelumpuhan tidak dapat disembuhkan

Penyebab yang paling utama yaitu dari pakan, pakan yang diberikan kurang baik kandungan gizinya sehingga daya tahan tubuh kenari terus menurun, gangguan lingkungan yang sifatnya mendadak dan membuatnya terkejut memungkinkan burung terjatuh seketika dan membuatnya lumpuh saat itu juga. pencegahannya yaitu kenari diberi pakan bervariasi dan vitamin secara berkala, hindarkan gangguan lingkungan yang membuat kenari bisa terkejut dan jatuh tiba-tiba.

tanda-tanda gangguan kesehatan burung kenari:

* tubuhnya kurang stabil (oleng) saat bertengger dan sesekali terjatuh dari tenggeran

* jarang bergerak, tidak lincah

* tubuhnya sering gemetar

* sulit mematuk makanannya

* pojok dasar sangkar menjadi pilihannya saat terjadi kelumpuhan

pengobatan : kenari yang lumpuh sulit diobati, kadang kala kelumpuhan dijadikan pertanda kematian. kenari yang sakit ditetesi obat yang mengandung antibiotik secara langsung ke dalam mulutnya dengan bantuan pipet, bagian kaki dan jari-jarinya diberi balsem dan digosok 3-4 kali sehari. berdasarkan pengalaman, balsem gosok mampu memacu atau mempercepat penyembuhan lumpuh karena memberikan rasa hangat di bagian tersebut.

Gangguan Kesehatan Burung Kenari Unggul

Gangguan Kesehatan Burung Kenari yang harus diketahui di http://peliharaburung.com/

Berbeda jenis-jenis burung peliharaan, berbeda pula penyakit, penyebab dan penyembuhannya silahkan lihat di Home.

Selain Gangguan Penyakit Burung Kenari yang bersifat dari dalam tubuh kenari, ada juga gangguan lain yang bersifat dari luar tubuh kenari, karena kenari tergolong agak rentan terhadap gangguan lingkungan maupun pengaruh dari pakan atau minuman yang tidak terjaga kebersihannya dan mutunya. kondisi sangkar yang tidak sehat dan perawatan yang kurang baik juga dapat memicu timbulnya gangguan kesehatan burung kenari. kenari yang sudah terjangkit penyakit sangat sulit disembuhkan atau memerlukan waktu penyembuhan yang akan lama. kenari yang bisa disembuhkan dari gangguan penyakit biasanya suaranya menjadi kurang baik sehingga memerlukan terapi pemulihan suara. akan tetapi, banyak pula kenari yang suaranya rusak akibat gangguan penyakit tidak dapat pulih kembali. apabila kenari sudah terjangkit penyakit, sebaiknya dijauhkan atau dipisahkan dari burung lain agar penyakitnya tidak menular.

Gangguan Kesehatan Burung Kenari yang sering terjadi.

berikut ini beberapa gangguan kesehatan burung kenari yang sering terjadi.

  1. stress

penyebab : terlalu bising, bau bahan kimia, lingkungan yang berasap, gangguan tikus di malam hari dan kucing/anjing di siang hari, panas yang terlalu menyengat, hawa yang sangat dingin.

pencegahan : burung diletakkan di tempat teduh dan tenang, jauh dari gangguan lingkungan dan hembusan angin kencang.

pada saat ganti bulu, mungkin bisa membuat burung stress dan juga membuat pemilik stress, karena burung kurang berkicau. hal yang perlu dipahami tentang proses ganti bulu pada burung”:

  1. masa ganti bulu : secara alami, kenari akan mengalami ganti bulu setiap tahun. kenali mulai berganti bulu secara keseluruhan setelah berumur lebih dari satu tahun. jika proses ganti bulu berjalan dengan baik, bulu-bulu kenari akan tumbuh sempurna sekitar enam minggu sejak dari rontoknya bulu yang sudah tua. biasanya bulu-bulu halus akan rontok lebih dulu, baru bulu sayap, bulu ekor, dan diakhiri dengan bulu bagian leher dan kepalanya. kenari yang sudah masa rontoknya bulu ditandai dengan kusamnya warna bulu. selain itu, bulunya agak pecah, kusut, mengecil, dan terkadang ada pengeroposan di pinggir bulu.
  2. bila bulu rontok terus-menerus: kadang kala bulu kenari rontok terus-menerus atau berkelanjutan di luar musim ganti bulu. jika hal ini terjadi terus dan dibiarkan, kenari akan mogok berkicau. gangguan lingkungan yang berlebihan, terus-menerus terjadi, dan tidak ditanggulangi dengan baik bisa menjadi salah satu penyebabnya. begitu juga dengan penerangan lampu di malam hari yang membuatnya seperti siang dan terus beraktivitas seolah-olah hari masih siang. penyebab lain yang bisa membuat bulu kenari rontok adalah adanya gangguan parasit seperti kutu bulu yang umumnya berada di permukaan kulit dan pangkal bulu. rontoknya bulu akibat gangguan parasit dapat dilihat dari rusaknya pangkal bulu, seperti pengeroposan dan tidak jarang menyebabkan burung kenari mencabuti bulunya sendiri. kenari yang menjalani ganti bulu perlu diberi tempat tenang dan pakan bergizi tinggi. kenari yang rontok bulunya akibat gangguan parasit harus dipisahkan dari kenari lain dan sangkarnya dicuci bersih, bil mungkin disemprot dengan desinfektan untuk membersihkan parasit mengganggu.
  3. tanda-tanda gangguan : kenari yang terkena stress akan menunjukkan perubahan reaksi fisik dan itngkah lakunya. apabila stress yang dialami kenari sudah sampai tingkat yang membahayakan maka tanda-tanda yang terlihat pada fisik atau tubuhnya sangat jelas yaitu :

* gerakannya berlebihan karena rasa takut,

* kenari tampak selalu gelisah

* nafsu makan berkurang

* bulu kepala mengembang

* burung terlatih jarang lagi berkicau dan terkadang tidak berkicau sama sekali

pengobatan : bila mengalami stress, kenari diberi obat dan makanan kegemarannya (cara mengetahuinya yaitu diberikan pakan beragam pada saat yang bersamaan kemudian dilihat pakan mana yang paling banyak dimakan). sangkar kenri digantung di tempat yang agak tinggi, tidak terganggu, tidak ada hembusan angin kencang secara terus-menerus. atau sangkarnya ditutup dengan kain. dengan demikian, kenari menjadi lebih tenang dan kondisi fisiknya cepat pulih.

Untuk informasi berikutnya silahkan lihat di pakan berkualitas untuk kenari.