Fakta Unik Burung Merpati

Post On: May 12, 2015
By: Dhio

Fakta unik burung merpati yang perlu kamu ketahui adalah :

1. Fakta unik burung merpati yang kedua adalah Burung merpati adalah burung peliharaan yang telah melayani manusia dalam waktu yang sangat lama, Hal ini terbukti dengan adanya gambar merpati di Mesopotamia (irak) 3000 SM.

2. Kotoran burung merpati merupakan salah satu jenis pupuk terbaik dan terlama dipakai oleh umat manusia. Sejak abad ke 16, kotoran merpati dipakai sebagai pupuk oleh bangsa eropa yang mana kotoran burung merpati lebih berharga dibanding dengan pupuk kandang. Di eropa pada abad 16-18, kotoran burung kenari dipakai untuk perkebunan melon, anggur dan rami.

3. Burung Merpati sangat sering menganggukkan kepalanya, karena burung merpati memiliki pandangan monokular dibanding binokular. Itu berarti bahwa burung merpati memiliki sepasang mata yang berada disisi kepalanya. Kepalanya dianggukkan agar burung merpati mendapatkan penglihatan yang lebih jelas dan tajam. Kelemahan penglihatan burung merpati yaitu matanya lebih baik dalam melihat benda yang diam dan kesulitan untuk melihat benda yang bergerak.

4. Pada zaman dahulu burung merpati dimanfaatkan sebagai burung pos. Dalam hal surat-menyurat dimulai pada tahun 1896 di Selandia baru.

fakta unik burung merpati peliharaan

Fakta unik burung merpati di dunia

5. Kemampuan berkembang biak burung merpati mencapai 8 kali dalam setahun. Dengan terpenuhinya makanan di sekitar tempat tinggal burung merpati, maka hampir kurang dari 2 bulan bisa berkembang biak lagi.

6. Burung Merpati pada tahun 1850 digunakan sebagai penyebar dan pembawa berita, yang mana saat itu lebih efektif dibandingkan telegraf yang sering terjadi masalah teknis.

7. Burung Merpati memiliki musuh seperti manusia, namun musuh alami dari burung merpati adalah peregrine falcon atau bahasa Indonesianya alap-alap kawah. Burung peregrine ini memburu dan memakan merpati sehingga di kawasan tertentu jumlah burung merpati sangat menurun secara drastis.

8. Burung Merpati merupakan burung cerdas diantara jenis-jenis burung lainnya. Dikatakan cerdas karena tugas yang diselesaikan oleh burung merpati hanya bisa diselesaikan oleh manusia dan primata. Seperti burung merpati mampu mengenali refleksi cermin dirinya yang tidak dimiliki oleh hewan lain. Burung merpati juga bisa mengenali lebih dari 20 huruf bahasa inggris dan mampu mengenali foto dari dua manusia yang mirip.

9. Burung merpati adalah burung paling setia dan selalu menjaga pasangannya. Jika pasangannya meninggal maka ia akan tetap sendiri sampai mati.

10. Fakta unik burung merpati yang terakhir adalah Burung merpati memiliki semacam partikel besi yang ada di paruhnya berfungsi sebagai magnet bumi atau kompas sehingga tidak akan pernah tersesat. kemampuan menentukan jalan pulang juga dimiliki oleh burung robin, warbler dan ayam.

Fakta unik burung merpati di Indonesia

Burung merpati merupakan burung yang sudah lama dipelihara oleh orang Indonesia sejak zaman dahulu. Kebiasaan memelihara dan menternakkan burung merpati pun salah satu warisan dari nenek moyak bangsa Indonesia. Ditambah lagi jenis burung ini sangat jinak dan tidak perlu dikurung dalam kandang. Cukup dengan memberikan tempat yang nyaman untuk istirahat dan ketika dia lapar maka akan kembali ke rumah pemiliknya.

Demikianlah fakta unik burung merpati, untuk mengetahui jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Informasi berikutnya silahkan lihat di mengenal burung merpati.