Fakta Tentang Burung Hantu

Post On: April 16, 2015
By: Dhio
In: Owl

Fakta tentang burung hantu yang perlu diketahui oleh para hobis burung hantu ataupun kamu yang mau memelihara burung hantu adalah :
1. Burung hantu ada dan terdapat diseluruh benua kecuali di daerah yang sangat dingin seperti kutub utara dan kutub selatan.
2. Burung Hantu adalah hewan monogami yang berarti hanya setia pada satu pasangan dan hanya kawin 1 kali seumur hidup.
3. Hampir seluruh jenis burung hantu mampu memutar kepalanya hingga 270 derajat. Dan hebatnya lagi burung hantu dapat memutarkan kepalanya tanpa harus menggerakkan badannya, jadi hanya kepalanya saja yang berputar dan tidak diikuti pergerakan badan. Inilah fakta tentang burung hantu yang paling diketahui oleh orang banyak yaitu mampu menggerakkan kepalanya ke belakang dan menyebabkan orang takut jika melihat atau mendengar suara burung hantu.
4. Badan dan berat burung hantu betina lebih berat dan lebih besar dibandingkan jenis kelamin burung hantu jantan yang sejenis.
5. Hal unik lainnya adalah burung ini tak berkedip dan melirik ketika memburu hewan buruannya namun menggerakkan leher dan kepalanya sehingga kelihatan menakutkan ketika melihat burung hantu sedang mengicar mangsanya.
6. Burung hantu memiliki mata dengan kemampuan penglihatan yang binokuler yang berarti mata burung hantu tidak dapat bergerak ataupun melirik sehingga burung hantu sering memutar kepalanya tanpa bisa menggerakkan bola matanya.

Fakta tentang burung hantu yang selanjutnya adalah :

7. Burung hantu memiliki kelopak mata yang banyak yaitu berjumlah 3 yang memiliki fungsi masing-masing seperti kelopak yang pertama untuk melindungi dari gangguan seperti ada benda yang akan mengenai matanya, yang ke dua yaitu untuk selaput mata untuk tidur dan yang ketiga yaitu sebagai pembersih mata.
8. Burung hantu memiliki bentuk wajah yang berbulu dan sedikit pipih. Bentuk wajah burung hantu ini berguna untuk mengumpulan dan lebih fokus menangkap gelombang suara sehingga jika burung hantu mendengar suara dari mangsa maka mangsanya tidak bisa melarikan diri karena kemampuan menangkap suara gerakan hewan buruannya sangat luar biasa.
9. Setiap jenis burung hantu memiliki ukuran yang berbeda-beda mulai dengan burung hantu yang memiliki maksimal tinggi hanya 20 Cm hingga sampai memiliki tinggi 50 Cm lebih. ukuran tinggi yang berbeda-beda di setiap jenis burung hantu ini menyebabkan perbedaan besar dan tinggi daun telinga yang dimiliki setiap jenis burung hantu.
10. Kebanyakan dari jenis Burung hantu merupakan hewan malam artinya sangat aktif di malam hari (nokturnal), sehingga makan dilakukan pada saat malam hari dan pada siang hari dihabiskan dengan beristirahat. Hal ini juga merupakan fakta tentang burung hantu yang paling diketahui orang banyak.

fakta tentang burung hantu

fakta tentang burung hantu di http://peliharaburung.com/

11. Burung hantu yang berwarna sangat putih seperti jenis burung hantu yang ada di film harry potter yang bernama Hedwig (burung hantu peliharaan si harry) adalah jenis burung hantu yang justru aktif di siang hari, berbeda dengan jenis burung hantu lainnya yang aktif pada malam hari.
12. Burung hantu memiliki bulu yang bersifat meredam suara atau bunyi sehingga suara lebih fokus ditangkap oleh burung hantu, terutama suara pergerakan mangsa yang dapat didengar oleh burung hantu secara fokus.
13. Burung hantu di beberapa desa di Indonesia digunakan sebagai pembasmi hama tanaman terutama padi karena burung hantu menyukai tikus jadi burung hantu bisa bertindak sebagai pembasmi hama pengerat tikus secara alami. Pemanfaatan burung hantu sebagai pembasmi hama merupakan fakta tentang burung hantu yang sudah diketahui sejak dulu.
14. Jenis burung hantu yang memiliki warna yang sangat putih dan tanpa corak atau tanpa pola seperti burung hantu di dalam film harry potter adalah jenis kelamin jantan. Sedangkan jenis kelamin betina memiliki sedikit warna lain dan pola di tubuhnya.
15. Dalam kepercayaan Yunani kuno, burung hantu adalah wujud perlambangan dari kebijaksanaan.
16. Dalam kepercayaan Inggris dan India, telur burung hantu yang dibakar hingga berbentuk abu atau ashes maka bisa dijadikan ramuan untuk memperbaiki indra penglihatan.
17. Dalam kepercayaan rakyat Afganistan kuno, burung hantu membawa bara api dan besi sehingga rakyat Afganistan bisa membuat api.
18. Dalam kepercayaan masyarakat Greenland, burung hantu adalah simbol pemimpin.
19. Ada lebih dari 200 spesies burung hantu di seluruh dunia. .
20. Fakta tentang burung hantu berikutnya adalah burung ini adalah predator yang makanannya adalah tikus, kelinci dan tupai.
21. Setiap jenis dari burung hantu memiliki ciri tersendiri. Beberapa jenis Burung hantu bisa membuat suara-suara tertentu untuk menyatakan wilayah kekuasaannya.
22. Kebanyakan jenis suara dari burung hantu hanya berbentuk jeritan dan desis.

Untuk melihat beberapa jenis-jenis burung peliharaan lainnya lihat di Home.
Sekianlah fakta tentang burung hantu, silahkan lihat informasi berikutnya di mengenal jenis burung hantu.