Daftar obat yang tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik hewan peliharaan harus tahu daftar obat yang tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan. Tidak semua obat yang aman dikonsumsi manusia bisa diberikan pada hewan peliharaan.

Daftar obat yang tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan

Beberapa daftar obat yang tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan.

Obat penurun panas seperti paracetamol. Termasuk juga obat anti radang dan anti nyeri dan obat penenang Jika anda tetap memberikannya pada hewan peliharaan anda maka bisa terjadi keracunan.

Antibiotik. Antibiotik adalah obat yang menghentikan pertumbuhan bakteri dan membunuhnya. Jika diberikan asal asalan dan tanpa dosis yang tepat pada hewan peliharaan maka bisa menyebabkan kematian pada bakteri baik didalam usus, jamur mulai tumbuh di badan hewan peliharaan, bisa membahayakan kucing atau anjing hamil dan bisa membahayakan anak kucing atau anjing yang menyusui.

Obat antiektoparasit seperti Ivermectine. Obat ini untuk menangani infeksi yang disebabkan parasit seperti tungau. Jika salah dosis dan asal asalan memberikan obat ini maka bisa menyebabkan kejang dan keracunan.

Obat cacing atau anthelmintic. Jika anda salah memberikan dosis dan cara pemberiannya pada hewan peliharaan maka bisa membahayakan nyawanya. Misalnya akan menyebabkan kecacatan pada janin hewan yang sedang hamil.

Yang paling buruk adalah membuat penyebab penyakit tersebut memiliki daya tahan yang kuat untuk tipe obat obatan diatas sehingga menjadi lebih sulit untuk menghilangkan sumber penyakitnya.

Demikian informasi mengenai Daftar obat yang tidak boleh diberikan pada hewan peliharaan. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai penyakit yang menimpa hewan peliharaan yang obesitas dan cara menanganinya.