Daftar ikan hias air tawar tercantik

Post On: June 3, 2016
By: Dhio

Ikan hias air tawar tercantik memang berbeda beda pada setiap orang, tergantung dengan seleranya. Dibawah ini akan diberikan daftar ikan hias air tawar tercantik menurut banyak orang.

Beberapa daftar ikan hias air tawar tercantik

Diskus

Ikan Diskus adalah ikan yang asalnya hidup di lembah Sungai Amazon. Ikan ini memiliki warna cerah, sehingga jenis ikan air tawar ini sangat populer untuk akuarium air tawar. Ikan ini memiliki pola warna merah, orange, coklat, pastel, dan warna biru cerah.

ikan hias air tawar tercantik

Ikan Diskus mudah dikenali karena seluruh warna tubuhnya yang cerah. Ada beberapa jenis dari ikan ini yang memiliki warna tunggal bahkan ada yang tubuhnya berwarna putih bersih. Saat ini, Diskus telah dibudidayakan untuk menghasilkan lebih banyak variasi bentuk dan pola corak warnanya.

Killfish

Killifish tersebar di seluruh negara di Asia, Amerika Selatan, Amerika Utara, Afrika, dan sebagian Eropa. Ikan ini memiliki tubuh yang penuh warna dan populer di kalangan pecinta ikan hias air tawar. Killifish adalah ikan air tawar yang terbilang mudah perawatannya di akuarium. Ikan ini memiliki varian warna seperti merah, orange, dan biru. Ikan killifish betina memiliki varian warna yang lebih sedikit dibandingkan dengan jantan. Killifish jantan memiliki pola warna biru dan kuning disertai dengan bintik-bintik orange dengan garis-garis dari tubuh ke ujung sirip.

 daftar ikan hias air tawar tercantik

Betta fish

Betta Fish juga dikenal sebagai ikan Siamese atau ikan petarung. Ikan Betta jantan memiliki variasi warna yang lebih banyak dibandingkan ikan Betta betina.

Variasi warna yang dimiliki ikan Betta adalah putih, hitam, merah, kuning, orange, ungu, dan biru. Ikan ini juga kadang memiliki warna monokrom, dengan dua gradasi warna atau lebih. Ikan Betta memiliki sirip yang panjang dan lebar dan kelihatan indah ketika berenang. Kelebihan ikan ini adalah ikan ini termasuk ikan yang berumur panjang dan mudah sekali perawatnnya.

German blue ram.

Ikan jenis ini berukuran kecil, pembawaan tenang, dan penuh warna. Jenis ikan ini memiliki warna tubuh utama kuning dan hijau dengan bintik-bintik kecil berwarna biru yang menutupi sirip. Ikan ini juga memiliki tujuh garis vertikal gelap pada tubuhnya, dan satu garis jelas di kepala yang membentang melewati mata. Tubuhnya memiliki bercak merah pada bagian perut, dekat mata, bagian atas dan bawah dari sirip punggung dan bagian ekornya. Sirip ikan ini berwarna merah dan biru, sedangkan sirip punggung didominasi oleh warna kuning dan hitam.

Endlers Livebearer

Endlers livebearer adalah jenis ikan air tawar yang bisa dibilang ikan langka jika kamu cari di toko toko ikan biasa, tetapi mungkin kamu bisa menemukan jenis ikan ini di toko khusus para penggemar ikan hias terutama ikan jenis endlers ini. Ikan ini memiliki warna tubuh neon dengan gradasi warna orange, hitam, kuning, hijau, dan baby blue. Ikan ini memiliki ukuran tubuh kecil, berkepribadian ramah, mudah beradaptasi dengan kondisi akuarium, dan mudah untuk diperlihara di akuarium.

daftar ikan hias air tawar tercantik di Indonesia

Boeseman’s Rainbowfish

Boeseman’s Rainbowfish adalah ikan khas yang hidup di perairan timur pulau New Guinea. Ikan ini memiliki perilaku yang tenang dan merupakan jenis ikan tawar yang populer di kalangan penggemar ikan dan warna ikan ini yang berbeda dengan ikan lainnya.

Pola warna ikan ini unik bila dibandingkan spesies lain dari jenis ikan rainbowfish. Sirip belakangnya berwarna orange cerah dengan campuran warna abu-abu, biru, dan ungu. Tubuhnya memiliki garis gelap sempit, dengan disertai  warna putih pada kedua tepi sirip luarnya.

Fantail guppy

Fantail Guppy adalah ikan yang memiliki warna menarik, dan harganya pun relatif murah. Warna dan corak dari ikan Fantail Guppy ini sangat beragam. Ikan ini memiliki bentuk ekor yang panjang menyerupai kipas. Saat ikan ini berenang dalam akuarium, ekor ikan ini akan bergerak-gerak cantik, membuat siapa saja yang melihat tertarik untuk memeliharanya. Ikan ini memiliki penampilan yang anggun dan menjadi alasan banyak orang memelihara ikan jenis ini. Ada lebih dari 20 kombinasi warna yang dimiliki spesies ikan Guppy ini. Kebanyakan warnanya adalah merah, biru, ungu, dan kuning.

daftar ikan hias air tawar tercantik di dunia

Daftar ikan hias air tawar tercantik yang terakhir yaitu Gold fish

Gold Fish atau ikan mas, adalah ikan yang paling mudah dipelihara untuk para pemelihara ikan pemula. Ikan emas memiliki banyak ukuran dan warna. Ikan ini memiliki ciri seperti perut yang gemuk dengan ekor lebar seperti kipas. Untuk yang ingin memelihara ikan jenis ini maka memerlukan suhu air akuarium sekitar 62-74 derajat Fahrenheit. Karena sifat ikan ini yang lincah dan suka membuat mainan di dalam akuarium berantakan, maka disarankan mengganti setidaknya sepertiga air akuarium setiap satu minggu sekali.

Demikian informasi mengenai daftar Ikan hias air tawar tercantik, untuk mengetahui artikel terbaru silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai ikan hias air tawar yang tahan lama.