Cara yang benar untuk memandikan anjing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemelihara anjing perlu tahu cara yang benar untuk memandikan anjing. Berikut ini adalah cara yang benar untuk memandikan anjing kesayangan anda.

Cara yang benar untuk memandikan anjing

Beberapa cara yang benar untuk memandikan anjing.

Basahi tubuh anjing anda dan jangan siram daerah wajah dan kepala.

Agar air tidak masuk ke telinga atau melukai mata anjing. Basahi mulai dari leher hingga seluruh bagian tubuh bawah anjing dengan air hangat.

Berikan shampo dan gosok gosok badannya.

Gosok shampo ke badan anjing hingga sedikit berbusa lalu ratakan busanya ke seluruh bagian tubuh. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaki anjing dan juga anusnya untuk membersihkan kotoran yang tersisa. Setelah cukup bersih siram dengan air hangat kembali, lalu lakukan proses memandikannya sekali lagi. Penting untuk 2 kali membersihkan badan anjing dalam satu kali mandi. Hal ini agar tidak ada lagi kotoran yang menempel di badan anjing.

Bilas dengan air hangat seluruh tubuhnya.

Bilas berkali kali hingga tidak ada lagi sisa shampo dan kotoran yang menempel di tubuh anjing. Jika masih ada sisa shampo di tubuh  anjing, maka itu bisa membuat iritasi dan kerusakan pada kulit anjing.

Keringkan anjing dengan handuk lalu dijemur.

Gunakan handuk yang mampu menyerap dengan cepat agar anjing bisa cepat dijemur. Lapiskan handuk di bagian tubuh anjing sambil menepuk nepuk lembut agar air menyerap dengan sempurna di handuk. Mungkin anjing akan menggoyang goyangkan badannya sebagai cara alami untuk menghilangkan air di badannya.

Setelah kering, anda bisa menyisir bulu anjing anda.

Menyisir bulu anjing ini bermanfaat agar bulunya tidak kusut dan menjaga kelembutannya. Anda juga bisa menyemprotkan sedikit obat penghilang kutu ketika menyisir bulu anjing anda.

Berikan penghargaan atau makanan ketika anjing tidak rewel ketika dimandikan

Berikan anjing makanan kesukaannya agar ia tahu, jika ia bersikap baik ketika dimandikan maka akan mendapatkan makanan yang disukainya.

beberapa Cara yang benar untuk memandikan anjing

Demikian informasi mengenai cara yang benar untuk memandikan anjing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai perawatan harian yang diperlukan untuk hamster.