Cara yang benar merawat bayi hamster

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak hamster harus tahu cara yang benar merawat bayi hamster. Berikut ini adalah beberapa cara yang benar merawat bayi hamster.

beberapa Cara yang benar merawat bayi hamster

Beberapa cara yang benar merawat bayi hamster.

  1. Selalu cek kondisi tubuh si bayi. Warna bayi hamster biasaya merah muda atau pink. Jika ada yang berwarna biru maka pasti bayi hamster itu mati. Mata bayi hamster akan selalu tertutup sama seperti manusia ketika baru lahir.
  2. Hari pertama lahir, bayi hamster akan sering menyusu pada induknya. Jangan biarkan ada hamster jantan yang dewasa di tempat yang sama dengan bayi hamster. Karena hasmter adalah binatang kanibal yang mungkin memakan bayi hamster.
  3. Keluarkan semua permainan hamster dalam kandang, agar ibu dan anak hamster bisa dengan leluasa bergerak.
  4. Jangan pernah menyentuh bayi hamster. Karena jari anda akan meninggalkan bau dan bau ini bisa menjadi ancaman bagi ibu hamster. Anda bisa menyentuh bayi hamster hingga bayi tersebut berusia 1 bulan.
  5. Jangan usil dengan mengganggu ibunya, karena jika ibu hamster stress ia bisa saja membunuh anak anaknya. Jangan bersihkan kandangnya setidaknya untuk 3 minggu. Baru bersihkan kandangnya hingga anak hamster sudah siap untuk berkenalan dengan anda.
  6. Ketika waktu kelahiran hingga anak hamster berusia 1 bulan, jangan terlalu sering melihat atau memperhatikan hamster dalam waktu lama. Cukup anda datang 2 kali sehari waktu meletakkan makanan dan minuman untuk ibu hamster. Selain itu jangan melihat atau memperhatikan terlalu lama. Karena ini bisa membuat ibu hamster mencium bau anda dan mengira anda adalah ancaman.
  7. Berikan porsi makan 2 kali lipat dari porsi makannya sehari hari. Jauhkan juga kandang hamster ke tempat yang sedikit gelap dan sejuk. Karena di alam bebas, ibu hamster biasa melahirkan di tempat yang agak gelap dan sejuk.
  8. Kandang untuk hamster yang melahirkan bisa diberikan alas kertas koran sebanyak mungkin. Karena kandungan karbon pada kertas koran bisa mengurangi dan menyerap bau dari kotorannya sehingga tidak perlu dibersihkan hingga anak hamster siap untuk dipindahkan ke kandang yang lebih besar yaitu saat anak hamster berusia 3 minggu.
  9. Lapisi seluruh bagian kandang dengan kertas agar kandang dalam keadaan hangat dan ibu hamster merasa tidak sedang diperhatikan. Jangan lupa agar sirkulasi udara cukup untuk masuk dan keluar kandang hamster. Karena ibu hamster akan lebih agresif dan sensitif ketika melahirkan.
  10. Untuk pencahayaan, gunakan saja lampu bohlam 5 watt tapi jangan dekat dengan kandangnya. Jangan gunakan lampu jenis lain karena bisa membuat bayi terlalu panas.
  11. Setelah anak hamster berusia 3 minggu, anda sudah bisa memisahkannya dengan induknya lalu membiarkan induknya untuk beristirahat selama 1 minggu untuk memulihkan staminanya. Setelah satu minggu, baru masukkan anak anaknya ke kandang ibunya sambil meletakkan mainannya. Jangan masukkan induk jantan ya. Agar induk jantan tidak memakan anaknya atau mungkin menghamili kelinci betina ketika anaknya masih sangat kecil.Tunggu hingga anak hamster berusia 3 bulan lalu bisa digabungkan dengan induk jantan.

Cara yang benar merawat bayi hamster

Cara yang benar merawat anak hamster tanpa induknya

Setiap peternak hamster harus tahu cara yang benar merawat anak hamster tanpa induknya. Yang terpenting bagi anak hamster yang baru lahir adalah susu ibunya. Namun ketika ibu hamster meninggal sesaat melahirkan, maka pemiliknya harus menjadi ibunya. Kamu bisa membeli susu khusus untuk anak hamster di petshop. Gunakan botol kecil untuk tempat minum hamster atau kamu bisa menyuapi anak hamster dengan pipet. Usahakan dalam memberikan susu dengan pipet ini kamu tidak menyentuh badan bayi hamster ya karena bayi hamster bisa stress dan tidak mau minum susu lagi. Lakukan ini setiap lima menit sekali selama setengah hari penuh.

Beberapa cara yang benar merawat anak hamster tanpa induknya.

Selalu jaga suhu kandang yang hangat. Gunakan serbuk kayu yang bersih, tidak tajam dan tidak berdebu yang diimpor dari luar negeri untuk menjamin keamanannya. Berikan lampu bohlam 5 watt, tapi jangan terlalu dekat dengan bayi hamster.

Cara lain adalah dengan menitipkan bayi hamster tersebut ke induk hamster lain yang juga sedang menyusui. Cari ibu hamster yang mirip dengan ibu hamster yang meninggal dan juga sedang menyusui anak dengan umur yang sama dengan si ibu hamster. Cara ini agar induk hamster yang baru menganggap bahwa anak yang baru masuk itu adalah anaknya juga sehingga ia akan merawatnya seperti anak nya yang lain.

Cara yang benar merawat bayi hamster tanpa induk

Demikian informasi mengenai Cara yang benar merawat bayi hamster. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai proses pertumbuhan hamster sampai dewasa.