Cara yang benar memotong kuku kucing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu cara yang benar memotong kuku kucing. Sebelum memotong kuku kucing, ada baiknya mempersiapkan papan khusus yang dirancang untuk mengasah kuku kucing serta membersihkan kuku kucing tersebut. Jika kamu tidak suka kuku kucing yang tajam, maka kamu bisa membeli gunting kuku kucing di petshop.

Cara yang benar memotong kuku kucing

Beberapa cara yang benar memotong kuku kucing.

Pemotongan kuku kucing bisa dilakukan setiap 2 minggu sekali. Lebih baik lagi dilakukan sejak kucing berumur muda agar ketika dewasa nanti ia tidak merasa risih dan mungkin mencoba untuk mencakar kamu. Ketika kucing sudah terbiasa dipotong kukunya maka akan lebih mudah dan kucing tidak banyak bergerak ketika kukunya dipotong.

Kuku kucing perlu dipotong untuk kucing yang ingin di kawinkan. Hal ini agar tidak melukai pasangannya satu sama lain. Pemotongan kuku kucing secara teratur juga dapat menjaga kebersihan dan menjaga kesehatan kucing itu sendiri.

Kuku yang dimiliki kucing termasuk unik karena bisa disembunyikan. Berbeda dengan anjing, yang mana kukunya selalu terlihat. Kucing bisa bersembunyi dan keluar ketika ia sedang marah.

Yang perlu diperhatikan saat memotong kuku kucing yaitu melihat batas daging pada kuku kucing tersebut. Ini dikarenakan agar kucing tidak mengalami pendarahan yang berakibat kucing akan merasakan kesakitan. Bagian yang sudah berwarna pink itu menandakan batas antara kuku dan daging. Maka jangan memotong bagian yang sudah mulai berwarna pink.

 

Tekan kulit telapak tangan kucing dengan lembut

Ketika kamu tekan kulit telapak kaki kucing, maka kukunya akan keluar spontan. Ketika kukunya sudah keluar, kamu bisa memulai memotong kukunya.

Hanya gunakan gunting kuku khusus untuk kucing

Gunting kuku khusus kucing banyak dijual di petshop. Beli yang paling nyaman untuk kamu pegang.

Potong sedikit saja pada bagian ujungnya

Jangan pernah memotong kuku kucing terlalu dalam karena jika terpotong bagian kulitnya, maka kucing akan merasa sangat kesakitan. Bagian ujung kuku biasanya sangat tipis dan mudah untuk dipotong.

Lakukan secara rutin

Lakukan ini bisa dalam sebulan sekali atau kuku kucing kamu sudah terasa tajam.

beberapa Cara yang benar memotong kuku kucing

Demikian informasi mengenai cara yang benar memotong kuku kucing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara membersihkan gigi kucing langkah demi langkah.