Cara mudah Menjinakkan Anjing Liar

Post On: October 16, 2017
By: Dhio

Bagi anda yang ingin memelihara anjing tapi tidak ingin membeli, anda perlu tahu cara mudah menjinakkan anjing liar. Bagi anda yang baru mengadopsi atau memungut anjing, mungkin anjing tersebut sering galak pada anda.

Cara mudah Menjinakkan Anjing Liar

Beberapa cara mudah menjinakkan anjing liar

Masukkan anjing dalam kandang yang jauh dari keramaian dan kalau perlu ikat dalam kandang yang hangat dan terlindung dari panas dan hujan. Biarkan anjing tersebut nyaman dengan kandangnya untuk beberapa hari.

Ketika diikat dalam kandang, jangan berikan makanan untuk setengah hari. Memang hal ini akan membuat anjing menjadi lemas, namun emosinya akan menurun dan mudah digoda ketika diberi makan sehingga proses penjinakan bisa dimulai.

Selama dalam proses penjinakkan, jaga agar anjing tidak jatuh sakit.

Coba datangi anjing keesokan harinya sambil memanggil namanya. Jika anjing menggonggong dan berusaha menyerang anda berarti emosinya masih tinggi. Tunggu sementara waktu dan ulangi proses pengurangan kadar makanan dan minuman untuk anjing.

Pemberian makan dan minum harus dalam kadar sedikit. Hal ini dilakukan agar frekuensi anjing bertemu dengan pemiliknya menjadi sering dan intens.

Berikan anjing sedikit air minum dan sedikit makanan dalam wadahnya, lalu anda bersembunyi di balik kandang sambil memperhatikan gerak gerik anjing.

Terus lakukan hal ini sehingga anjing sudah terbiasa dengan kehadiran anda, bau khas tubuh anda dan ia menyadari bahwa anda adalah tuannya yang harus dihormati dan dijaga.

Setelah beberapa hari, coba berikan anjing makanan dengan telapak tangan anda. Hal ini dilakukan agar anjing lebih mengenal dekat siapa pemiliknya. Lakukan hal ini dengan mengobrol agar anjing tahu bahwa tuannya ramah dan hangat padanya.

Sering seringlah mengajak anjing mengobrol dan dekati anjing sesering mungkin. Namun jangan membuat gerakan mendadak dan tiba tiba.

Sering seringlah mengusap kepala atau leher anjing hingga anjing tenang. Lalu pasang tali penuntun dan jangan diganti. Hal ini agar anjing terbiasa mengenali bau tali yang sesuai dengan aroma tubuhnya.

Beberapa Cara mudah Menjinakkan Anjing Liar

Demikian informasi mengenai Cara mudah Menjinakkan Anjing Liar. Semoga informasi di atas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai cara melatih anak anjing agar buang air pada tempatnya.