Cara merawat piyik lovebird

Post On: November 27, 2015
By: Dhio

Cara merawat piyik lovebird harus diketahui oleh para peternak burung. Setiap penangkar burung mempunyai kiat-kiat tersendiri agar produktivitasnya tinggi. Salah satu yang dilakukan adalah pemberian multi vitamin pada piyikan seperti yang dilakukan oleh para peternak burung. Sebelum mengetahui cara merawat piyik lovebird, akan lebih baik lagi kalau kamu mengenal karakter indukan lovebird maupun piyikannya. Menurut salah seorang peternak burung lovebird, memelihara dan menangkar lovebird sangat gampang sekali. Pakannya mudah, hanya millet. Ia selanjutnya menerangkan bahwa masa panen lovebird yang ditangkarnya berkisar 2 bulan sekali.

“Biasanya saya memanen piyikan lovebird saat berumur dua minggu, kemudian saya loloh sendiri. Satu setengah bulan kemudian indukan langsung menetas. Saat memanen piyikan saya sudah menyiapkan inkubator sebagai tempat piyikan”. Begitu jawabnya. Di dalam inkubator perlu ada lampu sebagai penghangat agar piyikan dapat terjaga kehangatannya, sedangkan termometer sebagai pengatur suhu dalam inkubator tersebut. Dasar inkubator tersebut juga diberi sobekan kertas koran bekas. Kotak ini diibaratkan indukan yang menghangatkan tubuh anaknya, oleh sebab itu suhunya harus hangat. Kalau diukur pakai termometer sekitar 30 derajat. Itulah hal dasar cara merawat piyik lovebird dalam inkubator.

“Memanen piyikan lovebird pada usia dua minggu menurutnya memang disengaja. Bukannya tanpa sebab, memanen piyikan usia tersebut bertujuan agar piyikan bisa lebih cerdas dan bisa dimaster, selain itu hasilnya jika dewasa burung bisa lebih jinak”. Saat memberikan pakan yang berusia 2 minggu menggunakan sendok bayi. Tidak seperti yang dilakukan sebagian peternak lainnya yakni pakai spet atau suntikan yang bagian jarumnya sudah diganti menggunakan karet pentil, sehingga makanan lebih cepat masuk dalam temboloknya. Piyikan diberi makan bubur bayi yang banyak tersedia di toko. Bubur bayinya diseduh dengan air hangat. Pemberian pakan tersebut hanya untuk sekali makan. Kalau makan jam berikutnya makanan harus dibuatkan yang baru. itulah cara merawat piyik lovebird yang masih berumur muda.

Cara merawat piyik lovebird lengkap

Cara merawat piyik lovebird yang benar

  1. Mengawasi kondisi piyik yang masih berada dalam glodok.
  2. Saat pengambilan anakan didalam glodok dan memastikan anakan siap dipanen.
  3. Mengeluarkan piyik dengan hati-hati dari dalam kotak dan memastikan piyikan sudah mengeluarkan bulu jarum.
  4. Cara/posisi memegang piyikan yang benar, cara ini perlu diperhatikan karena menyangkut kondisi piyikan yang masil labil.
  5. Posisi meletakkan piyikan di atas tangan agar tidak sampai muntah jika salah meletakkan posisi di atas tangan.
  6. Kondisi piyikan yang sehat diperkirakan sudah berumur sekitar 1 bulan.
  7. Kondisi piyikan yang sudah bisa berdiri menandakan sudah siap panen.
  8. Sebelum piyikan diangkat agar dipersiapkan tempat yang aman dan nyaman agar piyikan bisa terlindungi.

cara merawat piyik lovebird saat mengambil piyik.

Cara merawat piyik lovebird dari sisi kandang. Jika piyik lovebird masih berusia beberapa hari, tiba-tiba banyak yang mati, maka periksalah sarangnya. Bisa jadi itu dikarenakan panas suhu dalam kotak tempat sarang, yang diakibatkan penguapan dari kotoran burung itu sendiri. Kalau suhu udaranya hanya sekedar hangat tidaklah berbahaya, namun jika suhu panas sudah terlalu tinggi buatnya maka bisa menyebabkan kematian. Usahakan bersihkan sarang piyik setiap hari. Sarang kotor bisa dilihat dengan banyak kotoran, agak basah dan ada beberapa ulat yang keluar dari kotorannya. Setelah menetas, ganti sarangnya 3 kali untuk menjaga kebersihan dari virus, bakteri dan kotoran yang menempel (ingat, harus diganti jangan cuman dicuci). Usahakan keadaan kandang selalu kering dan bersih. Jaga suhunya agar hangat di malam hari dan sejuk di siang hari.

Cara merawat piyik lovebird dari seorang peternak.

Anggapan bahwa burung penangkaran jangan didekati sebab bisa gagal tak sepenuhnya benar. Asal sejak awal kita dekat dengan burung, maka burung akan jadi terbiasa akrab dengan manusia. Kedekatan manusia dan burung maka akan tercipta saling membutuhkan antara burung dan majikannya. Burung pun akan merasa senang bila sang majikan sering memantau atau memperhatikan keadaan burung. Menurut seorang peternak, Burung yang marah bila diganggu dalam proses pengeraman, seperti memecahkan telur atau membunuh anaknya disebabkan karena dari awal penjodohan sang pemilik jarang memperhatikan burung. Akibatnya burung tidak terbiasa didekati manusia. Lantas, saat didekati, mereka akan kaget dan bereaksi macam-macam. Saran seorang peternak burung lovebird yaitu untuk memulai beternak lovebird sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan. Yang penting kita harus memiliki sepasang lovebird yang sudah dewasa minimal berumur delapan bulan keatas. Lalu kita tinggal menyiapkan kandang yang terbuat dari kawat atau besi dengan ukuran 50 X 50. Setelah ada sepasang burung dan kandang, selanjutnya tinggal perawatan.

Tutorial cara merawat piyik lovebird

Cara merawat piyik lovebird yaitu kita tinggal memberi asupan makanan yang bergizi pada burung. Kesukaan lovebird berupa biji-bijian seperti millet putih, millet merah serta sayur-sayuran segar seperti kangkung dan jagung untuk meningkatkan birahi. Selain makanan itu kamu bisa juga mencampurkan makanan lain seperti kuaci. Lovebird juga termasuk burung yang sangat produktif. Itu bisa dilihat dari jumlah telur yang dihasilkan bisa mencapai empat ataupun enam butir. Keberhasilannya cukup tinggi. Bisa sampai 6 anak sekaligus ataupun minimal 3 anak bisa dihasilkan. Asal pakan dan gizi burung yang sedang mengerami selalu diperhatikan dan tidak dibatasi dalam memberikan asupan makanannya. Hal penting lainnya yaitu berikan perhatian pada burung yang sedang mengerami telurnya dan berikan banyak pilihan makanan supaya indukan merasa nyaman dan senang. Selain itu penting menjaga kebersihan baik di dalam kandang maupun di sekitar kandang ternaknya guna mencegah penyakit ataupun bakteri yang dapat mengganggu kesehatan burung yang sedang diternak. Disarankan sebaiknya di bawah kandang atau di tempat pembuangan kotoran burung dialasi kertas koran untuk memudahkan proses pembersihan kandang. Kalau ada koran tidak perlu repot-repot mencuci dengan air melainkan langsung dapat membuang kertas koran yang penuh dengan kotoran dan langsung menggantinya dengan koran bekas yang baru.

Cara merawat piyik lovebird dengan menggunakan jasa baby sitter. Menggunakan jasa baby sitter untuk mengasuh piyikan sering ditemukan pada peternak perkutut. Tetapi pada burung lovebird, perlakuan itu juga bisa diterapkan. Cara ini dengan memisahkan piyik dengan induknya. Yaitu menggunakan burung lovebird yang bukan induknya sebagai baby sitter untuk merawat piyikan. Piyik akan dipisahkan dengan indukan ketika dia mulai keluar dari kotak sarangnya, umurnya kurang dari 2 bulan. Tentunya umur segitu, piyik baru bisa memakan makanannya sendiri namun masih tetap memerlukan lolohan dari indukannya. Pemisahan itu dilakukan supaya piyik tidak manja, sehingga tidak tergantung dengan indukannya. Serta untuk membuat indukan kembali kawin dan bertelur lagi. Menggunakan jasa baby sitter, pengeluaran untuk pakan piyik bisa ditekan. Sebelum menggunakan baby sitter, piyik tersebut dololohkan dengan susu kemasan, agar pencernaannya tidak kaget. Pada saat piyik dipisahkan dari indukannya dan di baby sitter kan dengan lovebird bukan indukan aslinya hal ini bisa terjadi hingga 1 minggu. Sampai piyik benar-benar bisa memakan pakannya sendiri.

Cara merawat piyik lovebird

Cara merawat piyik lovebird, saat meletakkan piyik pada sangkar yang di dalamnya sudah ada lovebird baby sitter itu, yang penting adalah pakan yang harus ditambah. Jagung yang diiris hingga sedikit halus, jewawut, millet, biji matahari, kangkung dan kecambah.

Demikianlah cara merawat piyik lovebird, untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home. Untuk melihat informasi berikutnya silahkan lihat diĀ pakan untuk burung lovebird.