Cara merawat kucing yang sudah berusia tua

Post On: November 11, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kucing harus tahu cara merawat kucing yang sudah berusia tua.

Beberapa cara merawat kucing yang sudah berusia tua.

Rutin cek kesehatan ke dokter hewan. Karena pada usia tua inilah muncul beberapa penyakit kronis.

Perhatikan pola makan. Kucing tua yang obesitas tentu akan semakin memperparah penyakitnya. Berikan makanan rendah lemak dan rendah kalori. Kucing pun perlu diajak beraktivitas berat seperti jalan jalan setiap pagi dan sore serta mengajak main di rumah. Jangan biarkan kucing tua banyak duduk, tidur dan bersantai di rumah.

Lebih banyak memberikan minum. Ini untuk menghindari kucing tua mengalami dehidrasi.

Memberikan makanan yang beraroma menyengat. Karena kemampuan penciuman dan perasa kucing tua akan semakin melemah sehingga perlu memberikan makanan yang berbau menyengat seperti ikan tuna atau makanan yang dihangatkan tanpa diberi garam untuk menumbuhkan nafsu makannya yang turun.

Selalu menjaga kebersihan kuku dan bulunya. Berikan obat anti parasit pada bulu kucing secara teratur agar tungau dan kutu tidak hinggap di badannya. Selalu rutin memotong kuku kucing setiap minggu untuk mengurangi kuku menjadi pecah pecah.

Menghindari stress. Stress bisa memperburuk keadaan kesehatan kucing. Stres juga bisa menyebabkan nafsu makan menurun sehingga sistem kekebalannya menurun yang berakibat buruk terhadap daya tahan tubuhnya terhadap penyakit. Selalu ajak kucing bermain dan jalan jalan untuk mengurangi stress.

Cara merawat kucing yang sudah berusia tua

Demikian informasi mengenai Cara merawat kucing yang sudah berusia tua. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai manfaat kastrasi pada hewan peliharaan jantan.