Cara merawat dan memelihara sapi hamil

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap peternak sapi harus tahu cara merawat dan memelihara sapi hamil. Yang paling penting untuk diperhatikan adalah makanan dan kesehatannya. Sapi yang hamil memerlukan makanan yang lebih banyak dibanding biasanya untuk memenuhi kecukupan energi, tapi jangan berlebihan. Karena sapi yang terlalu gemuk biasanya akan mengalami kesulitan saat melahirkan atau disebut Distokia. Sapi yang sedang hamil juga perlu dipisahkan dari sapi lainnya dengan cara ditempatkan pada kandang individual. Untuk mempermudah kelahiran, anda juga bisa mengajak sapi berjalan jalan setiap pagi dan sore selama 1 jam.

Cara merawat dan memelihara sapi hamil

Panduan cara merawat dan memelihara sapi hamil

Pakan Sapi Hamil Muda

Pada usia hamil muda, sapi harus mempersiapkan diri untuk pembentukkan jaringan-jaringan baru, seperti: janin, membran janin, pembesaran uterus atau rahim dan perkembangan kelenjar susu. Jadi harus tersedia protein yang cukup pada makanan yang akan diberikan. Karena kekurangan protein dapat menyebabkan turunnya ketahanan tubuh terhadap penyakit dan kematian menjadi tinggi.

Pakan Sapi Hamil Tua

Saat kehamilan berusia tujuh bulan, sapi biasanya butuh asupan makanan yang lebih besar untuk meningkatkan bobot anak sapi yang akan lahir. Pemberian pakan hijauan berupa rumput, jerami dan sejenisnya secara tak terbatas. Bobot anak sapi saat lahir juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan selanjutnya, bobot lahir sapi yang tinggi akan mengurangi angka kematian pedet dan meningkatkan produksi susu induk sehingga sapi bisa mendapatkan asupan susu yang cukup.

Pemeliharaan Kesehatan Pada Sapi Hamil

Agar tidak ada masalah baik pada induk maupun anak sapi, pemilik bisa memberikan vaksin satu bulan sebelum kelahiran atau pada usia kehamilan 8 bulan. Pada saat hamil, sapi betina juga sangat rentan mendapat penyakit. Oleh karena itu harus selaja dijaga kebersihan kandang dan orang yang memelihara atau merawatnya. Atur agar pembuangan air di dalam kandang juga harus tersalur dengan baik dan diusahakan tidak ada genangan air di dalam maupun di sekitar kandang. Mandikan juga sapi setiap pagi hari agar kotoran yang menempel di badan sapi saat tidur berbaring pada malam hari bisa hilang.

Setiap peralatan untuk membersihkan kandang harus dibersihkan dengan desinfektan dan setiap penjaga yang membersihkan kandang juga harus menjaga kebersihan.

panduan Cara merawat dan memelihara sapi hamil

Demikian informasi mengenai cara merawat dan memelihara sapi hamil. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai jenis sapi yang memiliki produksi susu terbanyak.