Cara Merawat Burung Kakatua

Post On: May 16, 2015
By: Dhio

Cara merawat burung kakatua bisa dilakukan dengan banyak cara, tetapi tidak dianjurkan untuk mengurung burung kakatua dalam sangkar karena akan memperlambat proses menjinakkan burung kakatua. Sebaiknya burung kakatua diletakkan diatas tenggeran saja.

Cara merawat burung kakatua peliharaan.

1. Memandikan Burung kakatua maka bulunya akan mengkilap dan bentuknya bagus dan terawat. Sebaiknya setiap 3 hari dimandikan agar burung kakatua kamu merasa diperhatikan oleh majikannya. Untuk memandikan burung kakatua cukup buat semacam hujan buatan seperti menyuruh anggota keluarga kamu untuk menyiram kamu dan burung kakatua dari lantai 2 rumah kamu jadi burung kakatua mengira bahwa hari sedang hujan. Dengan demikian burung kakatua menyangka kamu dan burung kakatua kamu sedang kehujanan jadi burung kakatua bisa mandi dengan puas ditemani oleh pemiliknya. Saat memandikannya lebih baik pada waktu pagi hari sebelum jam 9 pagi. Selain disiram kamu juga harus menyediakan tempat minum dan wadah untuk burung kakatua kamu mandi sendiri dengan ukuran 40 x 40 cm dengan kedalaman 10 cm. Jangan lupa ketika selesai mandi untuk diberikan makan supaya badannya tetap hangat.

cara merawat burung kakatua

2. Memilih makanan yang beragam setiap harinya supaya burung kakatua kamu senang dan merasa diperhatikan oleh pemiliknya. Untuk makannya kamu bisa membeli sprouted seeds yang bisa dibeli di toko burung atau bisa diberi buah-buahan dan sayuran. Kamu bisa berikan potongan-potongan kecil dari buah atau sayur seperti pir, apel, pepaya, jeruk, pisang, wortel dan juga calcium block yang bisa dibeli di toko burung. Jangan pernah memberikan burung kakatua kamu daging, alpukat, bumbu penyedap supaya tidak menyebabkan kegemukan. Untuk tempat makannya sendiri jangan dari plastik atau kayu, sebaiknya dibuat dari stainless steel.

3. Proses mendekatkan burung kakatua dengan pemilik yang efektif yaitu pada saat pemberian makan. Ketika burung kakatua kamu lapar maka rasa ketergantungan burung kakatua kamu akan semakin tinggi, dengan rasa lapar kita bisa dengan lebih mudah menjinakkan burung hantu. Jangan lupa sebelum memberi makan langsung dengan tangan kamu untuk memakai sarung tangan kulit untuk melindungi tanganmu dari gigitan burung kakatua. Namun jika burung kakatua kamu berani mendekat dan langsung makan dari tangan kamu berarti burung kakatua kamu sudah jinak dan kamu bisa memberi makan tanpa memakai sarung tangan kulit. ketika sudah mulai jinak coba dengan melepaskan rantai yang mengikat kakinya dari tempat dia bertengger. Ketika tidak mau terbang berarti burung kakatua kamu sudah sepenuhnya jinak. Namun hal yang sering dialami adalah ketika menjinakkan, burung kakatua kamu mungkin merasa stress yang bisa dilihat dengan merusak bulunya sendiri dan mondar-mandir gak jelas di tenggerannya.

4. Tempat bertengger atau tempat bersantai kakatua adalah sebuah tempat berdiri burung kakatua. Lebih bagus kalau tempat dia bertengger dari kayu keras tetapi lembut, silahkan tanya sendiri ke toko kayu. Jangan lupa juga lihat ketebalan tenggerannya, usahakan diameternya kurang lebih 3 cm.

5. Makanan pendukung, makanan pendukung cukup diberikan sekali-sekali saja seperti keju yang dicairkan dan dicelupkan di makanan burung hantu sehari-hari. makanan lain adalah telur matang yang dipotong kecil-kecil (baik kuning telur dan putihnya) yang dicampur dengan porongan sayur atau buah yang menjadi makanan sehari-hari. Beri vitamin setiap 2 minggu sekali, silahkan beli dan tanya-tanya di toko burung.

Demikianlah cara merawat burung kakatua yang bisa kamu lakukan, untuk informasi mengenai jenis-jenis burung peliharaan lainnya silahkan lihat di Home.