Cara Merawat Anjing Dalmatian

Post On: December 6, 2015
By: Dhio

Cara merawat anjing dalmatian, ketika mendengan nama anjing dalmatians mungkin langsung ingat dengan film kartun 101 dalmatians. Anjing ini terkenal dengan warna bulu putih dengan bertotol-totol hitam diseluruh tubuhnya. Jauh sebelum film tersebut ada, ras anjing Dalmatian sudah sangat populer karena memiligi tingkat inteligensi yang cukup tinggi. Cepat belajar dan cerdik meskipun terkadang mereka sedikit membandel dengan perintah tuannya.

Mereka juga jenis anjing yang selalu ingin tahu tentang semua dan cukup awas dengan keadaan disekitarnya. Anjing ini juga terbukti selalu ingin dekat dengan tuannya dan mereka akan mengikuti kemanapun tuannya pergi. Bukti menunjukkan bahwa dahulu anjing ini selalu mengikuti tuannya yang berada di dalam kereta kuda. Jadi dapat diketahui bahwa dalmatian merupakan coaching dog sehingga memelihara anjing dalmatian sangat mungkin dan bisa sangat mudah. Anjing ini suka dengan anak kecil atau binatang lain, tetapi perlu pengawasan dari orang yang lebih dewasa, karena dalmatian adalah termasuk trah yeng mempunyai tenaga besar sehingga dikhawatirkan akan melukai secara tidak sengaja.

anjing Dalmatian

Cara merawat anjing DalmatianĀ 

  1. Cara merawat anjing Dalmatian yang baik harus menjaga postur agar tetap tegap. Postur tubuh anjing dalmatian tegap dan gagah. Kepalanya lebar dan tidak terlalu landai. Letak telinga sedikit tinggi dan dekat dengan kepala sehingga menunjang bentuk kepala semakin terlihat kompak. Anjing dalmatian yang sehat tingginya sekitar 50 cm, memiliki leher panjang dan kokoh dan nampak halus sampai kebagian bahu dan kemudian menyambung halus. Dada harus cukup lebar dan dalam, brisket dada setidaknya harus mencapai siku kaki depan. Dari brisket ke belakang membentuk kurva yang melengkung secara teratur. Sementara bagian kaki depan lurus dan kokoh sedangkan kaki belakang siku dan kokoh. Telapak kaki bulat, kasar dan tebal. Kuku berwarna putih, hitam atau coklat tergantung warna spotnya. Letak ekor tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Pada waktu berjalan ekor terangkat lebih tinggi sedikit dari garis topline.
  2. Cara merawat anjing Dalmatian yang kedua yaitu Spot. Bagian yang memikat dari ras dalmatian adalah bentuk spot yang ada di tubuhnya. Pada waktu lahir, anakan dalmatian akan berwarna putih seluruhnya. dan spot baru akan muncul ketika umur anakan 10-14 hari. Spot masih akan terus bermunculan sampai anakan berumur 3 bulan. Dalmatian mempunyai dua warna spot yaitu hitam dan coklat liver. Wara spot yang lain tidak disarankan untuk dibiakkan. Spot yang bagus adalah spot yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu keci, beridameter 3 cm. Penyebaran spot yang bagus adalah merata pada seluruh tubuhnya. Dan pada bagian kepala, kaki dan ekor, ukuran spot lebih kecil daripada di badan.

Cara merawat anjing Dalmatian yang berspot hitam pada hidung dan kuku dan kaki harus berwarna hitam juga. Dan sebaliknya untuk dalmatian berspot coklat liver, pada bagian hidung dan kuku harus berwarna coklat. Warna mata pada spot hitam berwarna coklat tua dan pada spot coklat liver berwarna coklat muda. Semakin gelap warna mata maka semakin bagus. Selain itu juga ditemukan warna mata biru, kuning dan hijau tetapi tidak disarankan untuk dibiakkan karena tidak dapat ikut show.

cara merawat anjing Dalmatian

Sampai sekarang asal usul ras anjing ini masih diperdebatkan. Bukti bukti menunjukkan dalmatian sudah ada sejak zaman Mesir kuno, hal ini terlihat pada artifak artifak yang ditemukan di mana artifak tersebut tergambar anjing dengan spot di badannya.

Cara merawat anjing Dalmatian harus menghindari dari hal hal.

  1. Cara merawat anjing Dalmatian harus dijaga dari penyakit. Tuli, di dalam satu kelahiran 20% terkena penyakit tuli. Tetapi bisa juga dalam kelahiran tersebut semua anakan tersebut tidak tuli. Oleh karena itu tidak disarankan untuk membiakkan dalmatian yang tuli. Dalmatian yang tuli dapat berupa tuli total atau tuli separuh. Untuk dalmatian yang tuli, kekurangan mereka hanya pada pendengaran. Mereka tidak akan mendengar suara klakson mobil atau suara panggilan. Cara melatih dalmatian tuli dapat berupa bahasa isyarat, dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam memelihara anjing dalmatian ataupun melatihnya. Penyakit yang kedua yaitu alergi kulit. Kebanyakan kulit dalmatian sangat sensitif dan mudah untuk alergi. Alergi tersebut bisa muncul karena lingkungan atau makanan. Dan kemungkinan besar alergi muncul karena makanan yang dia dapat. Dalmatian tidak cocok dengan makanan yang berlemak dan berprotein tinggi seperti hati sapi atau hati ayam, jerohan dan sebagainya. Pemberian makanan manusia juga tidak disarankan selain dapat menyebabkan alergi pada kulit juga dapat menyebabkan kegemukan pada dalmatian. Penyakit ketiga yaitu ginjal. Ginjal dalmatian termasuk sedikit sensitif dibandingkan trah lain. Penyakit ginjal dapat berupa batu ginjal atau kencing batu. Untuk itu sebaiknya sejak usia dini dalmatian sebaiknya dibiasakan untuk mendapatkan makanan yang berkualitas dan harus selalu tersedia air minum bersih di sekitar dia.
  1. Hal kedua yang penting untuk diperhatikan dalam cara merawat anjing Dalmatian adalah makan dan minum. Untuk pemberian makanan, dalmatian dapat diberi makanan alami atau dogfood. Dogfood sebaiknya dogfood jenis premium atau super premium asal kandungan protein tidak lebih dari 25%. Untuk air minum, karena dalmatian banyak bergerak maka dalmatian banyak butuh air minum. Air minum juga bagus untuk ginjal dalmatian. Maka dari itu sediakan air bersih yang sudah dimasak. Letakkan air minum di setiap sudut ruang dimana dalmatian kamu selalu berada. Cukup 3 tempat di dalam rumah.

cara merawat anjing Dalmatian seperti

  1. Cara merawat anjing Dalmatian selanjutnya yaitu keindahan. Dalmatian tidak perlu dimandikan setiap hari, Cukup dua minggu sekali. Perawatan sehari-hari cukup dengan mengelap seluruh tubuhnya dengan lap atau handuk dan kemudian dijemur selama 1 jam (usahakan dijemur pada jam 8 pagi). Setelah selesai dijemur, dalmatian dapat disikat dengan menggunakan sikat khusus anjing bulu pendek atau Bristle Brush atau Rubber Brush. Kuku sebaiknya dipotong 1 minggu sekali atau jika terlihat panjang. Telinganya sebaiknya dibersihkan seminggu sekali dengan menggunakan obat pembersih telinga dengan menggunakan kapas. Karena bulu anjing dalmatian sering rontok, maka selalu sisir bulunya kemudian rajin rajin memberikan suplemen untuk kulit dan bulu seperti minyak ikan atau Vit-E setiap 3 hari sekali.
  1. Cara merawat anjing Dalmatian dengan melihat kebersihan kandang. Dalmatian tidak suka panas tapi juga tidak suka dengan hawa dingin. Usahakan ruang bagi mereka mempunyai sirkulasi udara yangbagis. Ruangan dapat dibantu dengan kipas angin. Pemakaian kandang cukup berguna bagi dalmatian. Guna dari kandang adalah sebagai tempat untuk tidur atau bisa tempat untuk memisahkan anjing dengan tamu kamu yang takut pada anjing. Selain itu pemakaian kandang harus dimulai sejak anjing kecil atau puppy, sehingga anjing menjadi lebih terbiasa dikemudian harinya. Ingat kandang hanya boleh dipergunakan beberapa jam saja dalam sehari (maksimal 6 jam), agar anjing tidak merasa bosan dan jika waktu dikeluarkan anjing tidak menjadi perusak karena banyaknya energi yang tersimpan dasn harus dikeluarkan dari tubuhnya. Usahakan dalmatian harus selalu bersosialisasi dengan manusia ataupun hewan lainnya. Jadi dengan mensosialisasikan sejak puppy akan memudahkan kita di kemudian harinya. Jangan lupa agar alas kandang selalu dibersihkan dan dijemur setiap paginya.
  1. Hal terakhir dalam cara merawat anjing Dalmatian adalah olahraga. Dalmatian mempunyai tenaga dan stamina yang cukup tinggi, sehingga untuk dapat mengeluarkan tenaga harus diajak berolahraga setiap hari minimal 20 menit sehari. Jadi kamu bisa berolahraga lari kecil setiap pagi dengan membawa anjing dalmatianmu. Sebab jika tidak diajak berolahraga, mereka akan menjadi hewan perusak. Dalmatian adalah trah yang pintar dan cerdik tetapi tidak cukup patuh. Mereka biasanya cepat menyerap pelajaran tetapi mereka mudah bosan. Jadi melatih cukup 20 menit sehari.

cara merawat anjing Dalmatian dimulai dengan

Demikianlah informasi mengenai cara merawat anjing Dalmatian. Untuk melihat artikel artikel terbaru lainnya silahkan lihat di home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ memelihara kucing siam.