Cara Merawat Anjing Dalmatian

Post On: December 6, 2015
By: Dhio

Jika anda ingin memelihara anjing dalmatian, anda perlu tahu cara merawat anjing dalmatian yang benar.cara merawat anjing Dalmatian

Cara merawat anjing Dalmatian yang benar

Hindari dari serangan penyakit. Di dalam satu kelahiran bisa terjadi sebesar 20% terkena penyakit tuli. Dalmatian yang tuli dapat berupa tuli total atau tuli separuh. Untuk dalmatian yang tuli, kekurangan mereka hanya pada pendengaran. Mereka tidak akan mendengar suara klakson mobil atau suara panggilan. Cara melatih dalmatian tuli dapat berupa bahasa isyarat, dan membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam memelihara anjing dalmatian ataupun melatihnya.

Penyakit yang kedua yaitu alergi kulit. Kebanyakan kulit dalmatian sangat sensitif dan mudah untuk alergi. Alergi tersebut bisa muncul karena lingkungan atau makanan. Dan kemungkinan besar alergi muncul karena makanan yang dia dapat. Dalmatian tidak cocok dengan makanan yang berlemak dan berprotein tinggi seperti hati sapi atau hati ayam, jerohan dan sebagainya. Pemberian makanan manusia juga tidak disarankan selain dapat menyebabkan alergi pada kulit juga dapat menyebabkan kegemukan pada dalmatian.

Penyakit ketiga yaitu ginjal. Ginjal dalmatian termasuk sedikit sensitif dibandingkan trah lain. Penyakit ginjal dapat berupa batu ginjal atau kencing batu. Untuk itu sebaiknya sejak usia dini dalmatian sebaiknya dibiasakan untuk mendapatkan makanan yang berkualitas dan harus selalu tersedia air minum bersih di sekitar dia.

Makan dan minum. Untuk pemberian makanan, dalmatian dapat diberi makanan alami atau dogfood. Dogfood sebaiknya dogfood jenis premium atau super premium asal kandungan protein tidak lebih dari 25%. Untuk air minum, karena dalmatian banyak bergerak maka dalmatian banyak butuh air minum. Air minum juga bagus untuk ginjal dalmatian. Maka dari itu sediakan air bersih yang sudah dimasak. Letakkan air minum di setiap sudut ruang dimana dalmatian kamu selalu berada. Cukup 3 tempat di dalam rumah.

cara merawat anjing Dalmatian seperti

Dalmatian tidak perlu dimandikan setiap hari, Cukup dua minggu sekali. Perawatan sehari-hari cukup dengan mengelap seluruh tubuhnya dengan lap atau handuk dan kemudian dijemur selama 1 jam (usahakan dijemur pada jam 8 pagi). Setelah selesai dijemur, dalmatian dapat disikat dengan menggunakan sikat khusus anjing bulu pendek atau Bristle Brush atau Rubber Brush. Kuku sebaiknya dipotong 1 minggu sekali atau jika terlihat panjang. Telinganya sebaiknya dibersihkan seminggu sekali dengan menggunakan obat pembersih telinga dengan menggunakan kapas. Karena bulu anjing dalmatian sering rontok, maka selalu sisir bulunya kemudian rajin rajin memberikan suplemen untuk kulit dan bulu seperti minyak ikan atau Vit-E setiap 3 hari sekali.

Menjaga kebersihan kandang. Dalmatian tidak suka panas tapi juga tidak suka dengan hawa dingin. Usahakan ruang bagi mereka mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Ingat kandang hanya boleh dipergunakan beberapa jam saja dalam sehari (maksimal 6 jam), agar anjing tidak merasa bosan dan jika waktu dikeluarkan anjing tidak menjadi perusak karena banyaknya energi yang tersimpan. Usahakan dalmatian harus selalu bersosialisasi dengan manusia ataupun hewan lainnya. Jadi dengan mensosialisasikan sejak puppy akan memudahkan kita di kemudian harinya. Jangan lupa agar alas kandang selalu dibersihkan dan dijemur setiap paginya.

Olahraga. Dalmatian mempunyai tenaga dan stamina yang cukup tinggi, sehingga untuk dapat mengeluarkan tenaga harus diajak berolahraga setiap hari minimal 20 menit sehari. Jadi kamu bisa berolahraga lari kecil setiap pagi dengan membawa anjing dalmatianmu. Sebab jika tidak diajak berolahraga, mereka akan menjadi hewan perusak.

cara merawat anjing Dalmatian dimulai dengan

Demikianlah informasi mengenai cara merawat anjing Dalmatian. Untuk melihat artikel artikel terbaru lainnya silahkan lihat di home. Untuk informasi berikutnya silahkan lihat diĀ memelihara kucing siam.