Cara mengetahui kehamilan pada kambing

Post On: November 9, 2017
By: Dhio

Setiap pemilik kambing harus tahu cara mengetahui kehamilan pada kambing. Kambing hamil bisa dibagi menjadi 2 periode yaitu hamil muda pada usia 3 bulan dan hamil tua pada usia 5 bulan.

beberapa Cara mengetahui kehamilan pada kambing

Cara mengetahui kehamilan pada kambing yang tepat

Untuk kambing yang baru pertama kali hamil mungkin sedikit sulit untuk membedakannya karena ukuran ambingnya masih kecil.

Ciri ciri kambing hamil yaitu lebih jinak, lebih tenang dan tidak mudah gelisah.

Kulit mulai kendor di daerah perut, pusar melebar, bulu jadi sedikit rontok dan agak mengkilap.

Nafsu makan bertambah sehingga perut menjadi agak gemuk.

Setelah berusia 3 bulan baru terlihat kehamilan kambing.

Cara lain adalah dengan mengikat leher kambing pada tiang agar tidak lari. Lalu tutup hidung dan mulut kambing secara rapat selama 30 detik. Jika kambing terkencing kencing berarti ia sedang hamil muda yaitu 1 atau 2 bulan.

Kambing yang sudah pernah melahirkan sebelumnya akan lebih mudah mendeteksi kehamilannya.

Pada saat kehamilan kurang dari 2 bulan, Ambing susu membesar, jika diperah akan keluar cairan bening yang lengket di kulit dan pada usia kehamilan yang lebih tua cairan tersebut berubah menjadi warna kuning transparan.

Cara mengetahui kehamilan pada kambing

Cara merawat kesehatan kambing hamil

 

Kambing hamil harus ditempatkan di kandang terpisah dari kambing lain. Agar kambing hamil bisa dengan tenang menghadapi masa kehamilannya dan mengurangi stress dan mungkin gangguan dari kambing lain.

Kandang kambing harus bersih dan tidak licin agar kambing tidak tergelincir ketika bergerak dalam kandangnya.

Luas kandang individual ini harus lebih besar dari kandang nya sebelumnya yaitu dari ukuran 1,5 X 1,5 m menjadi 2,5 X 2,5 m.

Kandang harus mendapat sinar matahari cukup dan sirkulasi udara yang baik.

Keluarkan kambing setiap pagi untuk berjalan jalan selama 1 jam untuk menjaga kebugarannya.

Pakan yang harus diberikan yaitu pakan hijauan yang berkualitas. Berikan pakan hijau ini kira kira 20% dari bobot tubuh kambing setiap pemberian pakan. Pemberian pakannya 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari.

Konsentrat diberikan tapi hanya sekali setiap tiga hari dengan jumlah 1 kilogram dalam sekali makan.

Jangan memberikan makanan seperti daun bergetah atau konsentrat mengandung kadar air tinggi seperti ampas tahu karena akan membuat kebutuhan nutrisi yang diperlukan berkurang.

Cara mengetahui kehamilan pada kambing yang normal

Demikian informasi mengenai Cara mengetahui kehamilan pada kambing. Semoga informasi diatas bermanfaat. Untuk melihat artikel lainnya silahkan kunjungi Home. Artikel berikutnya mengenai tanda dan proses kambing melahirkan.